Kebakaran di Gunung Merbabu Meluas, Pendaki Asal Demak Sempat Hilang 

BPBD Magelang evakuasi lebih dari 15 pendaki 

Magelang, IDN Times- Satu pendaki asal Demak, sempat dikabarkan hilang saat terjadi kebakaran lahan di Gunung Merbabu. Informasi dari BPBD Kabupaten Magelang, menyatakan seorang pendaki dilaporkan terpencar dari regu pendakian dan dilaporkan hilang.

Pendaki yang dimaksud bernama Luthfia Dwi Utami. Dia merupakan mahasiswi Universitas Semarang (USM) yang sedang melakukan pendakian bersama empat rekannya.

1. Pendaki yang hilang asal Demak

Kebakaran di Gunung Merbabu Meluas, Pendaki Asal Demak Sempat Hilang pribadi

Didik Wahyu Nugroho, Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang saat dikonfirmasi IDN Times, mengatakan, proses pencarian dilakukan oleh tim relawan BPBD bersama petugas gabungan untuk melacak keberadaan perempuan asal Desa Mijen, RT 05/RW I, Kebonagung, Demak tersebut.

"Kami terhambat dalam proses pencarian karena tidak ada satupun identitas mapala pada korban," kata Didik, Jumat (13/9).

Baca Juga: Pemadaman di Gunung Merbabu Bakal Gunakan Water Bombing

2. Semua pendaki sudah turun

Kebakaran di Gunung Merbabu Meluas, Pendaki Asal Demak Sempat Hilang instagram.com/tngunungmerbabu_official

Didik menjelaskan, sebenarnya para pendaki sudah diminta turun dari jalur pendakian Merbabu. Pihaknya sudah mengawal evakuasi para pendaki. 

Tahap pertama, pendaki yang berasal dari Singapura turun dari Merbabu. Kemudian, pada Kamis sore giliran 14 pendaki yang dievakuasi turun dari Merbabu.

"Yang pendaki dari USM ini kita belum tahu dia sudah turun atau belum. Tapi kita pastikan semua pendaki sudah tidak ada di atas gunung," akunya.

Saat ini, katanya kebakaran lahan di Merababu semakin meluas. Pihaknya mendapati luasan kebakaran mencapai 500 hektar dari Magelang sampai Selo Boyolali. "Kita idealnya butuh water booming. Karena pemadaman manual pakai kayu dan cangkul tidak maksimal," katanya.

Baca Juga: Jelajah Merbabu via Selo, Nikmati Pesona Merapi dari Ketinggian

3. Luthfia telah ditemukan

Kebakaran di Gunung Merbabu Meluas, Pendaki Asal Demak Sempat Hilang instagram.com/tngunungmerbabu_official

Sedangkan, Saeful Hadi, Humas USM menginformasikan bahwa pendaki bernama Luthfia, saat ini sudah ditemukan. Ia mengaku kabar tersebut langsung disampaikan oleh rekan korban.

"Teman korban mengabarkan bahwa saat ini korban sudah ditemukan," tandasnya.

Baca Juga: BPBD Pastikan Semua Jalur Pendakian Gunung Slamet Sudah Ditutup

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya