Kiai dan Bu Nyai Meninggal Akibat COVID-19, Ponpes Pati Putuskan Ikut Vaksin

Wagub Jateng sedang gencarkan vaksin bagi santri

Pati, IDN Times - Proses vaksinasi COVID-19 di kalangan santri pondok pesantren Kabupaten Pati saat ini tengah berlangsung. Di Ponpes Maslakul Huda, Kecamatan Kajen, Pati, ada 5.000 dosis vaksin COVID-19 yang diberikan kepada para santrinya.

1. Pengasuh Ponpes Maslakul Huda berusaha ihtiar lawan COVID-19

Kiai dan Bu Nyai Meninggal Akibat COVID-19, Ponpes Pati Putuskan Ikut VaksinIlustrasi santri di pondok pesantren. ANTARA FOTO/Fauzan

KH Abdul Ghaffar Rozin, Pengasuh Ponpes Maslakul Huda Pati mengatakan terdapat 5000 dosis yang kini disebar di lima tempat.

"Ini jadi wujud kebersamaan kami untuk berusaha ikhtiar untuk mengusahakan kesehatan pesantren dengan kondisi sebaik-baiknya," ujar Abdul, Selasa (21/9/2021).

Baca Juga: Santri di Jateng Diminta Tanggap Bencana Jelang Musim Hujan

2. Sudah ada ratusan kiai dan bu nyai yang meninggal akibat tertular COVID-19

Kiai dan Bu Nyai Meninggal Akibat COVID-19, Ponpes Pati Putuskan Ikut VaksinTim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 memakamkan jenazah pasien positif COVID-19 (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Pihaknya menambahkan pemberian vaksinasi COVID-19 sebagai langkah ihtiar untuk mengurangi risiko penularan virus Corona sekaligus meningkatkan imunitas tubuh.

Terlebih lagi, menurutnya berdasarkan catatan awal pandemik telah menyebabkan kehilangan sekitar 842 kiai dan ibu nyai yang meniggal dunia.

"Kita semua wajib berusaha menjaga para kiai kita, para ustadz dan para santri dari wabah ini, sekaligus berikhtiar melakukan protokol kesehatan agar pandemik segera berakhir," ujarnya.

3. Para pengasuh ponpes bujuk santrinya agar mau divaksin

Kiai dan Bu Nyai Meninggal Akibat COVID-19, Ponpes Pati Putuskan Ikut VaksinWagub Jateng tinjau vaksinasi COVID-19 di pondok pesantren. (Dok Humas Wagub Jateng)

Sementara itu, Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen mengungkapkan 5.000 dosis vaksin COVID-19 yang diperuntukan bagi para santri didistribusikan oleh Pemprov Jateng, TNI Polri dan Baznas.

"Dengan adanya PKPP (Perkumpulan Komunikasi Pengasuh Pondok) se-Kajen sangat membantu kami, pengasuh pondok pesantren mau mendorong untuk santrinya mau divaksin, ini yang perlu kita giatkan," katanya.

4. Ribuan kiai dan ustaz divaksin bertahap

Kiai dan Bu Nyai Meninggal Akibat COVID-19, Ponpes Pati Putuskan Ikut VaksinWagub Jateng saat berbicara dengan santri ponpes di Pati. (Dok Humas Wagub Jateng)

Untuk capaian vaksinasi secara keseluruhan bagi santri hingga sekarang, katanya telah mencapai sekitar 35.000 orang. Ada kurang lebih 11.000 ustaz serta sekitar 3.000 kiai yang divaksin. 

"Baru kali ini kami melakukan vaksinasi di Pondok Pesantren yang jumahnya tinggi, sampai 5000 dosis, jadi support dari pemerintah daerah ada, TNI ada, Polri ada, dan juga Baznas, kita support semuanya," jelasnya.

Baca Juga: 600 Santri di Jateng Terpapar COVID-19, Wagub: Galakkan Jogo Santri

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya