Comscore Tracker

Kota Semarang Dilanda Angin Kencang, Waspada Ada Puting Beliung!

Warga Semarang diminta antisipasi pohon tumbang

Semarang, IDN Times - Memasuki masa transisi musim kemarau menuju musim penghujan, telah menyebabkan peningkatan kecepatan angin di Kota Semarang, Jawa Tengah. Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang menyatakan selama tiga hari belakangan, kecepatan angin terpantau mencapai 15 knot atau berkisar antara 10-30 kilometer per jam.

"Kecepatan angin cukup kencang selama tiga hari terakhir. Rata-rata sekitar 10-30 kilometer per jam atau setara dengan 15 knot," kata Anis Tia, seorang analis cuaca di Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani saat dihubungi IDN Times, Selasa (13/10/2020).

1. Angin kencang muncul selama empat jam, mulai jam 10 sampai 1 siang

Kota Semarang Dilanda Angin Kencang, Waspada Ada Puting Beliung!Warga bersama petugas kepolisian dan TNI AD sedang mengevakuasi rumah yang rusak akibat diterjang angin kencang di Ngawi, Senin (17/2) sore. Dok. IDN Times/bt

Peningkatan kecepatan angin terjadi dari arah Timur hingga Selatan. Meski secara keseluruhan cuaca Kota Semarang berawan, suhu udara mencapai 27-35 derajat celsius dengan kelembapan udara 45-75 persen. Peluang hujan ringan bakal terjadi di Semarang Selatan.

Anis mengatakan angin kencang mulai melanda wilayah Semarang sejak Minggu (11/10/2020) kemarin. Angin tersebut muncul mulai menjelang siang hingga tepat saat siang hari. Durasi kemunculan angin kencang pada pukul 10.00-13.00 WIB siang.

"Tapi kejadiannya setiap hari selalu bervariatif," ujarnya.

Baca Juga: Efek Rossby Ekuatorial, Hujan Lebat Angin Kencang Melanda Jateng 3 Hari

2. BMKG Ahmad Yani memperkirakan ada risiko terjadinya angin puting beliung

Kota Semarang Dilanda Angin Kencang, Waspada Ada Puting Beliung!Rumah di Pandeglang rusak diterjang angin puting beliung. ANTARA/ Rangga Eka Putra

BMKG Ahmad Yani juga mengingatkan kepada masyarakat Semarang untuk mewaspadai resiko adanya angin puting beliung selama masa transisi menuju musim penghujan. Anis menyebut angin kencang yang muncul dengan durasi singkat tersebut bisa membahayakan keselamatan pengguna jalan.

Selain itu, kecepatan angin yang cukup kencang berdampak pada bangunan-bangunan dan pepohonan tua yang rawan tumbang.

"Efek dari angin kencang ini kalau ada bangunan yang lapuk dan pohon tua saat ini patut diwaspadai. Sebab kondisinya rawan roboh," ungkapnya.

"Untuk potensi puting beliung tetap ada tapi tidak diketahui dimana lokasinya. Karena periodenya sangat singkat mengingat Kota Semarang dan sebagian besar wilayah Jawa Tengah memang memasuki periode transisi kemarau menjadi penghujan," jelasnya.

3. Musim hujan mengguyur sebagian Jateng bulan November 2020

Kota Semarang Dilanda Angin Kencang, Waspada Ada Puting Beliung!Toyota Orlando

Pihaknya memperkirakan masa transisi menuju musim penghujan terjadi selama tiga bulan, mulai November 2020 mendatang. Pada bulan tersebut, sebagian wilayah Jawa Tengah juga sudah memasuki musim penghujan.

Saat ini, untuk wilayah Jawa Tengah umumnya cuaca cerah dan berawan pada pagi hingga siang. Untuk sore dan awal malam umumnya berawan.

"Kemungkinan (malam) ada hujan ringan hingga sedang di area pegunungan tengah dan sekitarnya," tukasnya.

Baca Juga: Penting! Cek Kesehatan Ban Sebelum Berkendara pada Musim Hujan

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya