Lapas Rutan Jateng Overload, Kemenkumham Bangun 4 Penjara Lagi

Rutan baru di Semarang dianggarkan Rp25 miliar

Semarang, IDN Times - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Tengah menyatakan saat ini sedang mengebut pembangunan empat lapas guna menyiasati kondisi seluruh lapas dan rutan di 35 kabupaten/kota yang saat ini telah overload.

1. Tingkat hunian lapas dan rutan sudah overload 45 persen

Lapas Rutan Jateng Overload, Kemenkumham Bangun 4 Penjara LagiPara narapidana Lapas Kedungpane menenteng tasnya masing-masing saat digiring menuju bus untuk dipindahkan ke sejumlah lapas. Dok Humas Lapas Kedungpane

Menurut Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspharuddin, pembangunan empat lapas itu meliputi tiga titik berlokasi di Pulau Nusakambangan, Cilacap dan satu rutan yang nantinya dioperasikan di wilayah Semarang.

"Karena saat ini kapasitas semua lapas dan rutan sudah overload hingga 45 persen, jadinya kita menyikapi dengan membangun tiga lapas lagi di Nusakambangan. Dan satu rutan di Kota Semarang," ujar Yuspharuddin ketika dikonfirmasi, Rabu (25/8/2021).

Baca Juga: Penularan di Lapas, Sipir Kedungpane Antar Makanan Napi Pakai APD

2. Sebuah rutan dibangun di Semarang untuk tampung ratusan napi

Lapas Rutan Jateng Overload, Kemenkumham Bangun 4 Penjara LagiLokasi pemasangan tiang pancang Rutan Semarang di Jalan Dr Cipto Semarang Timur. (Dok istimewa)

Tingkat hunian lapas di Jateng cenderung lebih rendah ketimbang hunian secara nasional yang masih overload 103 persen. 

Lebih lanjut, ia menyampaikan tingkat hunian lapas yang melebihi kapasitas membuat pihaknya kesulitan mengatur ruangan narapidana agar sesuai dengan aturan social distancing.

Padahal, katanya mestinya setiap narapidana harus mematuhi protokol kesehatan untuk meminimalisir risiko penularan COVID-19. Namun nyatanya dengan kondisi yang over kapasitas membuat aturan protokol kesehatan menjadi sulit diterapkan di dalam lapas.

"Misalnya di Lapas Kedungpane itu sudah sedemikian penuhnya. Narapidana yang ada di sana juga berdesak-desakan. Makanya jalan satu-satunya kita bangun sebuah Rutan Semarang yang menempati lahan milik Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rubasan) Semarang. Nantinya Rutan Semarang bisa menampung 150 narapidana," jelasnya.

3. Proyek rutan Semarang pakai anggaran Lapas Kedungpane

Lapas Rutan Jateng Overload, Kemenkumham Bangun 4 Penjara LagiIlustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Yuspharuddin menyatakan pembangunan Rutan Semarang menggunakan pagu anggaran dari Lapas Kedungpane sebesar Rp25 miliar.

Lebih lanjut, pihaknya mengaku proyek Rutan Semarang sedang dikebut agar bisa digunakan secara bertahap pada akhir Desember nanti. "Kita targetkan Desember sudah bisa dipakai. Karena kalau tidak terealisasi, kita tidak boleh pakai anggaran tahun depan," kata Yuspharuddin.

Baca Juga: Separuh Napi Jateng Dapat Remisi HUT RI Ke-76, 138 Langsung Bebas

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya