Lihat Teman Ngaji di Penjara, Napi Narkoba Nigeria Pilih Masuk Islam

Napi narkoba jadi mualaf di Lapas Kedungpane

Semarang, IDN Times - Seorang narapidana berkewarganegaraan Nigeria memutuskan masuk agama Islam setelah terpukau melihat seorang temannya tekun mengaji di dalam sel Lapas Kelas IA Kedungpane, Semarang.

Oshita, nama narapidana tersebut akhirnya memutuskan mengucapkan dua Kalamata syahadat dihadapan Ikmal Jaya, seorang narapidana kasus korupsi yang didampuk jadi mubaligh di Masjid At Taubah, Lapas Kedungpane, pada Sabtu (23/10/2021). 

1. Oshita ucapkan kalimat syahadat di masjid Lapas Kedungpane

Lihat Teman Ngaji di Penjara, Napi Narkoba Nigeria Pilih Masuk IslamOshita (tengah) usai mengucapkan kalimat syahadat di Lapas Kedungpane Semarang. (Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang)

Berdasarkan penuturan Humas Lapas Kedungpane, Fajar Sodiq, Oshita tercatat sebagai narapidana kasus narkoba yang masih menjalani hukuman pidana 19 tahun di lapasnya. 

"Napi atas nama Oshita dinyatakan resmi menjadi mualaf setelah mengucapkan syahadat di Masjid At Taubah. Sebelumnya dia memeluk agama Kristen. Di lapas Oshita menjalani hukuman 19 tahun," kata Fajar kepada IDN Times, Jumat (29/10/2021). 

Kalimat syahadat yang diucapkan Oshita juga disaksikan oleh seorang rohaniawan bernama Suntoyo bersama para pegawai lapas dan sejumlah narapidana. 

"Saya bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan saya bersaksi Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah," kata Oshita dengan suara mantap. 

Baca Juga: Bola Tenis Isi Sabu Dilempar ke Lapas Kedungpane, Penadahnya Napi

2. Awalnya Oshita penasaran lihat temannya ngaji di sel tahanan

Lihat Teman Ngaji di Penjara, Napi Narkoba Nigeria Pilih Masuk Islamhttp://violetredbubbles.blogspot.com/2011/06/pengalaman-pulang-dari-mengaji-al-quran.html?m=1

Oshita mengaku dirinya tertarik mendalami ajaran Islam setelah berulang kali melihat teman satu selnya rutin mengaji. Ia yang dibuat penasaran kemudian sedikit demi sedikit mencoba mengulik makna yang terkandung dalam ajaran Islam. 

Di dalam hatinya yang gundah gulana selama berada di penjara kemudian belajar tentang ilmu agama Islam dan setelah benar-benar yakin dan memantapkan hati, keinginannya untuk masuk Islam. 

"Jadi tanpa paksaan. Saya sering dengar teman ngaji. Hati saya tergerak memeluk agama islam, dari situlah saya mulai belajar tentang Islam," jelasnya.

3. Kalapas minta Oshita sungguh-sungguh belajar ajaran Islam

Lihat Teman Ngaji di Penjara, Napi Narkoba Nigeria Pilih Masuk IslamOshita tampak lega usai mengucapkan kalimat syahadat di Lapas Kedungpane Semarang. (Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang)

Kepala Lapas Kedungpane Semarang, Supriyanto merasa terharu dengan apa yang dilakukan oleh Oshita. Dirinya berharap, mualafnya narapidana tersebut harus benar dari hati dan tidak dijadikan azas manfaat dan bukan hanya modus.

"Adanya peristiwa warga binaan yang berikrar untuk memeluk agama Islam, tentunya hal ini adalah kabar yang baik," bebernya. 

4. Diharapkan Oshita selalu istiqomah

Lihat Teman Ngaji di Penjara, Napi Narkoba Nigeria Pilih Masuk IslamPara narapidana Lapas Kedungpane menenteng tasnya masing-masing saat digiring menuju bus untuk dipindahkan ke sejumlah lapas. Dok Humas Lapas Kedungpane

Pihaknya berharap, setelah memeluk agama Islam diharapkan dapat mendalami Ilmu agama Islam, baik tentang tata cara salat, maupun tata cara membaca Alquran serta mendalami Ilmu agama Islam di bidang lainnya.

"Semoga Oshita bisa menjadi muslim yang taat, selalu belajar tentang Islam dan tetap istiqomah," pungkasnya.

Baca Juga: Lurah Pemalang Ikut Lomba Azan di Lapas Kedungpane, Jurinya Eks Wali Kota Tegal

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya