Lion Air Bakal Layani Penerbangan Umrah Semarang dan Solo Pakai Pesawat Jumbo

Warga bisa makin gampang berangkat umrah, nih

Semarang, IDN Times - Maskapai penerbangan Lion Air tengah berancang-ancang melayani rute penerbangan untuk jamaah umrah dari dua bandar udara di Jawa Tengah.

Kedua bandara yang digunakan Lion Air untuk melayani penerbangan umrah yaitu Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang serta Bandara Internasional Adi Soemarmo Boyolali. 

Baca Juga: 1.658 Jemaah Haji Semarang Akhirnya Pulang, 5 Orang Wafat Karena Sesak Napas

1. Penerbangan umrah pakai pesawat Airbus 330-900NEO dan Boeing 737-9

Lion Air Bakal Layani Penerbangan Umrah Semarang dan Solo Pakai Pesawat JumboPesawat Lion Air (Website/lionair.co.id)

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menyebutkan penerbangan umrah akan dilayani Lion Air menggunakan dua jenis pesawat terbang. 

"Penerbangan akan dilayani menggunakan pesawat-pesawat terbaru Lion Air yang dikirimkan dari pabrikan pesawat. Termasuk armada berbadan sedang Boeing 737-9, serta armada berbadan besar Airbus 330-300 dan Airbus 330-900NEO," ungkap Danang dalam keterangan yang didapat IDN Times, Jumat siang (14/7/2023). 

2. Penerbangan umrah di Semarang dan Solo bisa jangkau warga sekitarnya

Lion Air Bakal Layani Penerbangan Umrah Semarang dan Solo Pakai Pesawat JumboJemaah Umrah yang kembali melaksanakan Umrah Perdana di Makkah dalam Pandemik COVID-19 (Dok. KJRI Jeddah/Fauzy Chusny)

Meski begitu, Danang belum menginformasikan lebih rinci kepastian jadwal penerbangan umrah untuk rute dari Semarang dan Solo. 

Danang hanya menyebut Lion Air rencananya melayani penerbangan umrah dari rute Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang untuk menjangkau calon jemaah yang asalnya dari area Jawa Tengah bagian utara dan barat. 

Sedangkan rute penerbangan umrah dari Bandara Internasional Adi Soemarmo untuk mengakomodir calon jemaah yang berada di area Jawa Tengah bagian tengah, timur dan selatan. 

"Rencananya penerbangan menuju Jeddah dan Madinah akan tersedia dari dua bandar udara di Jawa Tengah. Yaitu Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang (SRG) untuk cakupan area Jawa Tengah bagian utara dan barat. Dan Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solo di Boyolali (SOC) untuk Jawa Tengah bagian tengah, timur dan selatan," tutur Danang. 

3. Lion Air klaim beri kemudahan bagi calon jemaah umrah

Lion Air Bakal Layani Penerbangan Umrah Semarang dan Solo Pakai Pesawat Jumbo(Ilustrasi maskapai Lion Air) www.lionair.co.id

Danang mengklaim keputusan Lion Air untuk membuka rute penerbangan umrah dari Semarang dan Solo supaya bisa memberi keuntungan bagi warga Jawa Tengah. Terutama, katanya untuk para calon jemaah umrah dan para wisatawan. 

Keuntungan yang didapat warga Jateng, menurutnya mulai dari mempermudah menggunakan fasilitas penerbangan umrah dan perjalanan wisata dengan tujuan ke Arab Saudi. Hal ini mengingat permintaan pasar di Jawa Tengah yang tinggi. 

4. Lion Air: Bisa ngirit biaya

Lion Air Bakal Layani Penerbangan Umrah Semarang dan Solo Pakai Pesawat JumboRamp Check yang dilakukan salah satu maskapai, Lion Air. (Dok.IDN Times/istimewa)

Lalu para calon jemaah umrah juga tak perlu lagi memakai perjalanan tambahan ke Jakarta atau kota lainnya ketika hendak ke Arab Saudi. 

"Nilai lebihnya akan menghemat waktu dan biaya perjalanan mereka, lebih praktis dan efektif. Konektivitas jalur udara yang baik melalui Bandara Adi Soemarmo Solo dan Bandara Ahmad Yani sehingga masyarakat memiliki akses yang lebih mudah dan nyaman ke Saudi," akunya. 

5. Ucapkan terima kasih kepada Kerajaan Arab Saudi

Lion Air Bakal Layani Penerbangan Umrah Semarang dan Solo Pakai Pesawat JumboMasjidil Haram di Makkah, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Sementara, adanya peluncuran penerbangan umrah dari Semarang dan Solo merupakan tindak lanjut kerjasama Lion Air dengan Kerajaan Arab Saudi yang bernama Saudi Tourism Authority melalui program "Rethink Summer.

Lion Air senantiasa memperluas aksesibilitas dan meningkatkan kenyamanan bagi warga Jateng yang ingin beribadah umrah atau menjelajahi destinasi wisata di Arab Saudi. 

"Kami dengan tulus mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia dan Arab Saudi, Saudi Tourism Authority, pengelola bandar udara di Saudi, pengelola bandar udara Cabang Semarang dan Solo, pengatur lalu lintas udara AirNav Indonesia dan di Saudia, mitra ground handling, mitra tour and travel. Serta pihak-pihak lain yang memberikan dukungan operasional guna mempermudah persiapan perjalanan umrah dan perjalanan wisata bagi masyarakat," pungkasnya. 

Baca Juga: Sering Kajian, Banyak Pasutri Millennial di Jateng Kepincut Ikut Ibadah Umrah

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya