Macan Kurung Jepara Diusulkan Masuk Warisan Budaya Tak Benda Tahun 2023

Macan kurung kini nyaris punah

Jepara, IDN Times - Seni ukir macan kurung sedang diusulkan masuk daftar warisan budaya tak benda (WBtb) nasional pada tahun 2023. Macan kurung yang menjadi ikon Kabupaten Jepara tersebut merupakan teknik mengukir kayu yang sangat melegenda lantaran cara pengerjaannya yang menonjolkan sisi tiga dimensi. 

1. Hanya seorang maestro yang bisa mengerjakan macan kurung

Macan Kurung Jepara Diusulkan Masuk Warisan Budaya Tak Benda Tahun 2023pwmjateng.com

Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara, Ida Lestari menjelaskan jika tak semua pengukir kayu di Jepara bisa membuat macan kurung. 

Disebut macan kurung karena ukiran kayunya berbentuk harimau yang berada di dalam kurungan kandang. Serta bagian atasnya terdapat hiasan aneka macam burung.

"Mengukir macan di dalam ornamen kurungan itu tidak semua orang bisa, harus benar-benar maestro," kata Ida, Jumat (7/10/2022). 

2. Ukiran macan kurung dibuat dari kayu gelondongan utuh

Macan Kurung Jepara Diusulkan Masuk Warisan Budaya Tak Benda Tahun 2023pexels.com/Abby Chung

Ida berkata teknik pembuatan macan kurung memakai satu gelondong kayu yang utuh. Sentra pembuatan macan kurung selama ini berada di Desa Mulyoharjo, Kecamatan Mulyoharjo Jepara. 

Membuat ukiran macan kurung pun perlu keahlian khusus karena memiliki tingkat kerumitan yang tinggi. Musababnya, setiap tahap pembuatannya, ukiran macan kurung tidak boleh disambung. Melainkan harus diukir serta dicungkil menggunakan mata pisau sampai kayunya benar-benar berbentuk macan yang berada di dalam kurungan.

"Pengerjaannya tidak disambung dan tidak boleh ditempel menggunakan lem. Kreativitas ini masih dimiliki oleh beberapa pengrajin belakang gunung di Desa Mulyoharjo. Jadi bukan bendanya, tapi teknik (pembuatanya)," ujarnya. 

3. Empat budaya Jepara diajukan jadi warisan budaya tak benda

Macan Kurung Jepara Diusulkan Masuk Warisan Budaya Tak Benda Tahun 2023tenuntroso.com

Ia menjelaskan macan kurung sejak lama menjadi legenda dan ikon di Jepara. Selain itu juga sudah ada monumen ataupun tugu di daerah. Sehingga bisa menjadi poin tersendiri jika karya budaya tersebut dapat menyandang predikat WBtb. 

"Kita ajukan lagi yang belum. Ada empat untuk dapat ditetapkan tahun depan. Antara lain macam kurung, makanan horog-horog, atraksi obor Tegal Sambi, pesta lomban 1 Syawal dan tenun troso. 

4. Diharapkan bisa jadi sumber pengetahuan

Macan Kurung Jepara Diusulkan Masuk Warisan Budaya Tak Benda Tahun 2023Teknik ukiran kayu motif bunga mawar khas Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ida menuturkan jika tahun depan empat karya budaya ini disetujui oleh tim ahli di pusat sebagai WBTB, maka akan menambah warisan budaya yang telah ditetapkan sebelumnya. 

"Itu bukan bendaya, tapi tak bendaya. Seperti troso sebagai pengetahuan tradisional. Jadi harapanya, misalnya itu sudah ditetapkan sebagai warisan budaya, masyarakat Jepara tahu bahwa pengetahuan tradisional kita diakui oleh pemerintah sebagai warisan asli Kabupaten Jepara dalam turun temurunya," kata Ida. 

Baca Juga: Daftar 16 Budaya di Jateng yang Ditetapkan Warisan Tak Benda Nasional

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya