Mengintip Perjuangan Siswa Berprestasi Berlomba Masuk ke SMAN 1

SMAN 1 juga mengakomodir jalur prestasi bidang seni

Semarang, IDN Times - Tahapan pemberkasan fisik untuk proses Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) mulai berlangsung, pada Selasa (25/6). Sejumlah siswa tampak berbondong-bondong menyambangi SMA Negeri 1, di Jalan Menteri Supeno Semarang untuk memasukkan berkas pendaftaran melalui jalur prestasi.

1. Mahir main gitar, Rema pede lolos seleksi SMAN 1

Mengintip Perjuangan Siswa Berprestasi Berlomba Masuk ke SMAN 1IDN Times/Fariz Fardianto

Rema Andika Mahesa Aji salah satunya. Rema, sapaan akrabnya mengaku harus rela mengantre sejak pukul 07.00 WIB untuk memasukan berkas pendaftarannya ke SMA Negeri 1. 

Dengan ditemani ibunya, Rema terlihat sabar menunggu antrean di depan ruang kelas. Sebuah gitar kesayangannya ia bawa dari rumah untuk dimainkan saat ujian kompetensi di hadapan para guru.  

"Saya kan punya prestasi di musik, sering menang lomba juga di Semarang, tanggal 30 Juni nanti juga ikut lomba di Udinus, nah semoga saja dengan prestasi yang saya raih selama ini bisa lolos seleksi lewat jalur prestasi di SMA Negeri 1," ujar Rema kepada IDN Times.

Baca Juga: PT Telkom: Hacker, Jangan Ganggu Sistem PPDB 2019! 

2. Pernah meraih juara band di tingkat kabupaten dan propinsi

Mengintip Perjuangan Siswa Berprestasi Berlomba Masuk ke SMAN 1IDN Times/Fariz Fardianto

Rema mengaku bersama grup bandnya, G-Victory, sering menyabet juara dalam beberapa lomba tingkat regional sampai propinsi. Ia mengingat bahwa juara umum pernah ia raih saat ikut lomba tingkat SMP di Kudus dan Jepara.

Di tingkat propinsi pun ia juga mampu menggapai prestasi cemerlang. "Saya dapat juara tiga kalau yang lomba tingkat propinsi. Makanya itu saya pede pokoknya bisa lolos seleksi di SMA Negeri 1. Biar bakat musik saya semakin terasah dan prestasi akademik ikut terangkat naik," tutur siswa lulusan SMP 13 Sampangan tersebut.

Rema menggantungkan harapan tinggi agar dapat diterima di sekolah favoritnya. Meski begitu, ia punya alternatif lain bila targetnya meleset. "Kalau enggak keterima di sini, rencananya daftar ke SMA 5 kalau enggak di SMA 3, Mas," aku warga Kampung Kalilangse Gajahmungkur tersebut.

3. Jalur prestasi di SMA 1 juga mengakomodir untuk paduan suara

Mengintip Perjuangan Siswa Berprestasi Berlomba Masuk ke SMAN 1IDN Times/Fariz Fardianto

Sedangkan hal senada diungkapkan Nining Kusumaningsih. Anaknya yang bernama Mutiara Sabila diakuinya punya prestasi yang menonjol di bidang paduan suara. Bahkan bakat anaknya sudah terlihat sejak masih duduk di taman kanak-kanak (TK).

"Karena kebetulan di SMA 1 kan ada kesempatan untuk lolos bagi siswa dengan jalur prestasi paduan suara, lalu saya ndaftari anak saya ke sini. Kalau yang SMA 3 kan luar zonasi dan tidak ada untuk jalur paduan suara," ujar saat berbincang dengan IDN Times. 

Dirinya saat ini telah membawa bukti piagam prestasi milik anaknya agar bisa lolos seleksi. Prestasi anaknya selama ini menonjol saat ikut lomba paduan suara pada festival Soegijapranata Choir 2018 kemarin. "Harus bisa masuk SMA 1, Mas. Soalnya ini yang diidam-idamkan sama anak saya," urainya.

Baca Juga: AMPPY: Sistem Zonasi PPDB Sudah Tepat karena Adil 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya