Muhammadiyah Bantu Pulihkan Mental Korban Perang Gaza

Lazismu juga kirim bantuan obat-obatan

Semarang, IDN Times - Para korban perang di pemukiman Gaza, Palestina mendapat bantuan pemulihan fisik dari pemerintah Indonesia. Bantuan tersebut diberikan oleh Lazismu dalam bentuk berbagai skema penggalangan dukungan bagi warga Gaza.

Baca Juga: Di Depan Ganjar, Ketum Muhammadiyah: Jangan janji di Luar Kemampuan

1. Lazismu kirim obat-obatan langsung ke Gaza

Muhammadiyah Bantu Pulihkan Mental Korban Perang GazaPara pengurus Lazismu dari 35 kabupaten/kota Jawa Tengah saat mengikuti rangkaian acara rakerwil Lazismu Jateng sekaligus pemberian penghargaan bagi Lazismu yang punya pengelolaan bisnis terbaik. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Berdasarkan penuturan Sekretaris Lazismu Pusat, Gunawan Hidayat, ada tiga jenis skema bantuan yang disalurkan bagi korban perang Gaza. 

"Untuk skema jangka pendeknya, Lazismu mengirimkan langsung obat-obatan bagi warga Gaza. Saat kami kirim obat-obatan kami punya jalur langsung ke Gaza. Jadi yang sifatnya yang direct memang tertahan di Mesir. Tapi kami ada jalur cara sendiri yang sudah sampai obat-obatan di Gaza. Dan membeli makanan untuk diberikan buat warga Gaza," kata Gunawan kepada IDN Times, Minggu (3/12/2023).

2. Libatkan tim emergency medical

Muhammadiyah Bantu Pulihkan Mental Korban Perang GazaKondisi Kota Gaza pasca perang Israel-Hamas pada Jumat 03 November 2023 (You Tube.com/Al Jazeera English)

Kemudian bantuan selanjutnya yang diberikan berupa sarana pemulihan fisik dan mental. Lazismu, katanya telah menerjunkan tim emergency medical guna mendukung proses pemulihan mental warga yang menjadi korban perang. 

Nantinya tahapan pemulihan mental dan fisik dilakukan dengan membangun fasilitas pendidikan dan tempat recovery

"Kami akan kirim emergency medical tim yang akan membangun persiapan-persiapan untuk rekonstruksi pemulihan pasca traumatik serta penyiapan pendidikan di lapangan," jelasnya. 

3. Warga Gaza juga akan dilatih jadi guru

Muhammadiyah Bantu Pulihkan Mental Korban Perang GazaPixabay

Sedangkan pada tahapan jangka panjangnya, menurutnya Muhammadiyah melalui Lazismu akan berusaha membangun sarana pendidikan untuk melatih warga Gaza menjadi tenaga pendidik. Untuk mewujudkan hal ini, Gunawan mengaku pihaknya akan membekali pelatihan di luar Gaza. 

"Kami akan bangun sumber daya warga Palestina di bidang pendidikan. Kita training pemudanya diluar Gaza. Bisa ditempatkan di Mesir atau Indonesia," terangnya. 

4. Lazismu juga salurkan dana segar Rp4,1 miliar

Muhammadiyah Bantu Pulihkan Mental Korban Perang Gazatstatic.net

Diluar itu, Gunawan juga berkata warga Muhammadiyah seluruh Indonesia telah mengumpulkan dana sebesar Rp4,1 miliar untuk disumbangkan ke Gaza. Bantuan dana segar masih terus mengalir dari berbagai pihak dan menambah kepercayaan bagi Lazismu.

"Sampai saat ini kurang lebih ada Rp4,1 miliar dan saat ini kiriman dari berbagai pihak masih berlangsung. Kita bersyukur dan mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia yang menyalurkan sebagian dari Muhammadiyah," tuturnya. 

Sedangkan Dr Tafsir, Ketua PW Muhammadiyah Jawa Tengah menuturkan bila proses pengiriman dana bantuan bagi warga Gaza memang satu pintu melalui Badan Pusat Lazismu sebagai lembaga amal usaha Muhammadiyah. 

"Kita sudah penggalangan dana lewat Lazismu pusat. Karena musti dikirim ke luar negeri maka satu pintu ke Lazismu. Dan kita sifatnya memprovokasi semua harus terlibat dalam kepentingan kemanusiaan di Palestina. Karena kebutuhan dana ya kita kirim dana," akunya. 

Baca Juga: Perang Berlanjut, Truk Bantuan Gaza Terdampar di Perbatasan Mesir

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya