Nah Lho! Pakar Politik Sebut Gibran Bakal Memecah Suara PDIP Jawa Tengah

Gibran dan Ganjar akan bersaing ketat

Semarang, IDN Times - Keputusan bacapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto yang mendeklarasikan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapresnya diperkirakan akan membuat persaingan perebutan suara di Jawa Tengah berlangsung sangat ketat.

Pasalnya, bacapres PDIP, Ganjar Pranowo juga memiliki rekam jejak panjang sebagai gubernur Jateng dua periode sehingga hafal dengan peta massa PDIP di wilayah tersebut. 

 

Baca Juga: Gibran Sudah Urus SKCK, Kabaintelkam Polri yang Tanda Tangan

1. Gibran dan Ganjar akan berebut suara dengan ketat

Nah Lho! Pakar Politik Sebut Gibran Bakal Memecah Suara PDIP Jawa TengahWali Kota Solo, Gibran Rakabuming (Dok. Pribadi/Gibran)

Pengamat politik dari FISIP Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Nur Hidayat Sardini mengakui jika Ganjar dan Gibran sama-sama memiliki ideologi nasionalisme yang mengakar kuat di Jawa Tengah. 

Oleh sebab itulah, Jawa Tengah tak bisa dipisahkan dari sub ideologi nasionalisme. Apalagi eksistensi PDIP sebagai partai nasionalis masih cukup kuat di Jateng. 

“Artinya, Ganjar dan Gibran benar akan berebut secara ketat untuk memperoleh dukungan dari segmen pemilih di Jateng," tuturnya, Selasa (24/10/2023).

2. Suara massa PDIP berpotensi terpecah

Nah Lho! Pakar Politik Sebut Gibran Bakal Memecah Suara PDIP Jawa TengahPutra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Lebih jauh lagi, Nur berkata basis massa PDIP akan terpecah lantaran Ganjar dan Gibran selama ini dikenal sebagai kader potensial di Jawa Tengah. 

Bahkan, menurutnya Gibran bisa memecah lumbung suara di beberapa daerah karena memiliki tingkat popularitas yang tinggi. 

“Ada himpitan yang begitu besar antara pendukung Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran, terutama pada Ganjar dan Gibran. Pemilih di Jateng ini punya hubungan historis ideologis dengan dua tokoh itu," papar Nur. 

3. Pemilih Jateng sudah tersegmentasi

Nah Lho! Pakar Politik Sebut Gibran Bakal Memecah Suara PDIP Jawa TengahANTARA FOTO

Tak cuma itu saja, katanya suara pemilih juga akan terpecah di Jawa Timur. Sebab ada dua cawapres dari kalangan Nahdliyin yang populer dari provinsi tersebut yaitu Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. 

Ia bilang suara pemilih akan menjadi lebih mahal. Terkait itu, ia menyebut pemilih di Jateng sudah tersegmentasi. 

"Suara itu makin mahal, karena akan jadi rebutan dan kita tahu kalau Jateng itu tidak ada area yang gelap. Artinya, tidak ada pemilih di Jateng yang kira-kira tidak bisa diidentifikasi, karena kalau tidak PDIP maka di luar itu,” ungkapnya. 

Baca Juga: Gerindra Jateng Tegaskan All Out Menangkan Prabowo-Gibran

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya