Nana Sudjana Sebut Netralitas ASN Disorot, Pj Bupati Cilacap Yunita Dicopot

Posisi Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar diganti

Semarang, IDN Times - Menjelang masa kampanye Pilpres 2024, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menyatakan telah mengganti Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar. Selain Yunita, Nana juga menyampaikan bahwa Rober Christanto secara resmi dilantik sebagai Bupati Karanganyar definitif. 

Rober sebelumnya menjadi Plt Bupati Karanganyar untuk menggantikan posisi Juliyatmono yang nyaleg DPR RI. Sedangkan Yunita selama ini menjadi Pj Bupati Cilacap setahun untuk mengisi kekosongan jabatan bupati yang purna tugas. 

"Barusan saja kami melantik dengan lancar. Memang beberapa penekanan yang kami sampaikan. Dan kami ucapkan terima kasih dan apresiasi atas dedikasi selama pelaksanaan tugas yang telah mereka lakukan baik bersama masyarakat. Yaitu lima tahun sebagai Wakil Bupati Karanganyar dan satu tahun Pj Bupati Cilacap," kata Nana usai melantik Pj Bupati Cilacap yang baru dan Bupati Karanganyar definitif di Gradhika Bhakti Praja Semarang, Senin (20/11/2023). 

Dirinya turut mengapresiasi tugas-tugas yang sudah diemban Rober dan Yunita di daerahnya masing-masing. Tak cuma itu, Nana mengatakan tantangan ke depan yang dihadapi Pemprov Jateng semakin berat. 

Ini karena di pengunjung tahun 2023 telah memasuki tahun politik. Nana berkata pihaknya turut menyukseskan gelaran Pemilu 2024 dengan mengawal sebaik-baiknya. 

"Dan saya ucapkan selamat bertugas bagi pejabat yang baru. Tantangan ke depan tentunya sangat besar karena kita menghadapi Pemilu. Kita menyukseskan pelaksanaan pemilu. Yang kita mengawal," terangnya. 

Nana bilang, selama tahapan Pemilu yang paling disorot adalah sikap netralitas ASN. Ia menegaskan seorang ASN tidak boleh bermain politik praktis. 

Ia mengaku tak akan segan menjatuhkan sanksi tegas bagi ASN yang melanggar aturan yang telah ditentukan.

"Dan tentunya tadi penekanan masalah netralitas yang saat ini disorot. Seorang ASN tidak boleh terkait politik praktis. Akan ada sanksi bagi mereka yang melakukan atau melanggar aturan-aturan yang ada," ujar Nana. 

Baca Juga: Tahun Politik, Nana Sudjana Evaluasi Pj Bupati dan Wali Kota di Jateng

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya