8 Penambang Emas di Banyumas Tertimbun Lubang Galian Sedalam 70 Meter

Lubang galian tambang emas ambrol

Banyumas, IDN Times - Lubang galian tambang emas yang letaknya di Desa Pancur endang, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas runtuh pada Selasa (25//7/2023) dini hari kisaran jam 23.00 WIB.

Tim SAR Cilacap menginformasikan bahwa ada delapan penambang emas yang tertimpa reruntuhan tanah yang kedalamannya mencapai 70 meter. 

Baca Juga: 4 Polisi Banyumas Terbukti Pukuli Tahanan Curanmor, Langsung Dipenjara

1. Lubang galian tambang emas ambrol akibat diterjang air bah

8 Penambang Emas di Banyumas Tertimbun Lubang Galian Sedalam 70 MeterBasarnas Cilacap gabungan saat berjibaku mencari keberadaan delapan penambang emas yang terjebak di dalam reruntuhan tanah. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Cilacap)

Kepala Basarnas Cilacap, Adah Sudarsa mengatakan kedelapan penambang tertimpa reruntuhan tanah karena air bah tiba-tiba muncul di sekitar lokasi kejadian. Ia bilang lokasi runtuhnya lubang tambang emas berada di kawasan Pertambangan Rakyat Desa Pancurendang. 

“Kami berangkatkan rescuer SAR Cilacap dan USS Banyumas. Masing-masing satu tim untuk melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan untuk menyelamatkan para penambang yang terjebak di bawah tanah," kata Adah, Rabu (26/7/2023). 

2. SAR gabungan sedang bantu evakuasi penambang

8 Penambang Emas di Banyumas Tertimbun Lubang Galian Sedalam 70 MeterKapolsek bersama personel Basarnas gabungan saat melihat denah lokasi tambang emas yang runtuh di Desa Pancurendang Ajibarang Banyumas. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Cilacap)

Adah menyampaikan, peralatan evakuasi yang digunakan personel SAR gabungan berupa satu unit Rescue Car Type II, 1 unit Rescue Car Compartment, dua set peralatan CSSR, satu set alat HART, 4 set alat selam, satu set alat detektor gas, alat pendukung lainnya, dan 4 set alat komunikasi.

3. Lubang galian yang runtuh sedalam 60-70 meter

8 Penambang Emas di Banyumas Tertimbun Lubang Galian Sedalam 70 MeterTitik lokasi runtuhnya lubang galian tambang emas di Kecamatan Ajibarang Banyumas yang terpotret dari drone. (IDN Times/Dok Basarnas Cilacap)

Sedangkan, Syaiful Anwar, Humas Basarnas Cilacap mengaku kedalaman tambang emas yang runtuh mencapai 60 sampai 70 meter. "60-70 meter," kata Ipul, sapaan akrabnya kepada IDN Times. 

4. Daftar penambang emas yang tertimpa reruntuhan tanah

8 Penambang Emas di Banyumas Tertimbun Lubang Galian Sedalam 70 MeterPersonel Basarnas Cilacap mengheningkan cipta sejenak sebelum berangkat mengevakuasi penambang emas yang tertimpa reruntuhan tanah. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Cilacap)

Untuk para penambang saat ini masih dicari keberadaannya di dalam lubang galian. Dan berikut ini data delapan penambang yang masih dalam pencarian:

  1. Cecep Suriyana (29) asal Desa Cisarua Rt 02 Rw 08 Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor, 
  2. Rama Abd Rohman (38) asal Desa Cisarua Rt 02 Rw 05 Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor,
  3. Ajat (29) asal Desa Kiarasari Rt 01 Rw 06 Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor,
  4. Mad Kholis (32) asal Desa Kiarapandak Rt 02 Rw 07 Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor,
  5. Marmumin (32) asal Desa Kiarasari Rt 02 Rw 06 Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor,
  6. Muhidin (44) asal Desa Kiarasari Rt 01 Rw 04 Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor,
  7. Jumadi (33) asal Desa Cisarua Rt 01 Rw 08 Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor,
  8. Mulyadi (40) asal Desa Kiarasari Rt 02 Rw 06 Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Temukan Ribuan Amunisi di Perairan Cilacap, TNI AL Waspadai Bom Laut

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya