Pemalang Masih PPKM Level 3, Wagub Jateng Perintahkan Vaksin Door to Door

Gus Yasin minta vaksinasi diperbanyak lagi

Pemalang, IDN Times - Kabupaten Pemalang yang masih zona PPKM level 3 mendapat sorotan dari Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen. Gus Yasin, sapaan akrabnya menyatakan status Pemalang yang masih PPKM level 3 lantaran banyaknya lansia yang belum tersentuh program vaksinasi COVID-19.

Menurutnya kecamatan di Pemalang yang masih sedikit menjalani vaksinasi yaitu Comal.

"Saya sudah bicara dengan Pak Camat Comal, di wilayah sini yang belum banyak divaksin ya lansia. Maka saya berharap, kalau memang lansia tidak bisa datang, maka kita jemput bola, door to door, kita datangi lansia biar ikut divaksin COVID-19," kata Gus Yasin dalam keterangan yang didapat IDN Times, Kamis (4/11/2021).

1. Banyak lansia Pemalang yang tidak bisa datangi sentra vaksin COVID-19

Pemalang Masih PPKM Level 3, Wagub Jateng Perintahkan Vaksin Door to DoorMasyarakat umum mengantri di Sentra Vaksinasi COVID-19 bertajuk “Vaksin di Bandara” di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (12/07/2021). (dok. Traveloka)

Ketika mengecek kondisi vaksinasi COVID-19 di Desa Purwosari, Kecamatan Comal Pemalang, ia mengungkapkan PPKM level 3 di Pemalang bukan disebabkan peningkatan kasus penularan COVID-19. 

Sebab, saat mengecek langsung situasi di tengah masyarakat, dirinya mendapati banyal lansia tidak bisa mendatangi sentra vaksin yang didirikan oleh Pemkab.

Baca Juga: Lurah Pemalang Ikut Lomba Azan di Lapas Kedungpane, Jurinya Eks Wali Kota Tegal

2. Gus Yasin perintahkan 70 persen lansia Pemalang harus divaksin dulu

Pemalang Masih PPKM Level 3, Wagub Jateng Perintahkan Vaksin Door to DoorWagub Jateng Taj Yasin berbicara di depan santri Pekalongan. (Dok Humas Wagub Jateng)

Untuk itulah, dengan adanya tahapan vaksinasi door to door, lanjutnya, nantinya perlu pendataan lansia penerima vaksin. Setelah itu pendataan jumlah lansia per kecamatan yang tidak bisa datang ke sentra vaksin.

Kemudian petugas yang menjemput bola akan mendatangi rumah lansia yang bersangkutan. 

"Lansia sekitar 70 persen harus divaksin terlebih dahulu, kemudian baru menyasar kalangan warga lainnya. Pemalang tingkat vaksinasi sudah tinggi, tapi masalahnya lansia yang rendah. Lansia kalau mendatangkan vaksin ke kecamatan masih banyak yang mendaftar," terangnya. 

3. Vaksinasi COVID-19 di Pemalang disarankan diperbanyak lagi

Pemalang Masih PPKM Level 3, Wagub Jateng Perintahkan Vaksin Door to DoorIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Gus Yasin juga mengingatkan kepada pemerintah kabupaten dan kota di Jateng untuk mengecek batas waktu penyuntikan vaksin guna menghindari vaksin kedaluwarsa. 

Ia meminta dinas kesehatan kabupaten/kota untuk mengecek dan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Jateng terkait pelaporan hasil pengecekan vaksin yang belum disuntikan. 

"Masyarakat sudah bosan hidup di rumah saja. Mereka kepengin anak-anak kembali aktif sekolah, bepergian nyaman. Salah satunya kalau kita semua sudah divaksin. Maka saya nitip agar vaksinasi terus diperbanyak," bebernya. 

Dalam sambutannya, Gus Yasin meminta semua warga tetap berusaha menerapkan protokol kesehatan dan perilaku hidup sehat. Terlebih pandemik sampai saat ini belum selesai karena kasus penularan virus Corona masih ada.

Baca Juga: Perpres Pesantren Diteken Jokowi, Wagub Jateng Minta Semua Ponpes Diakomodir

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya