Penerbangan Umrah Semarang-Jeddah Mulai Agustus 2023, Pengawasan Ketat

Petugas imigrasi standby layani calon jemaah

Semarang, IDN Times - Peningkatan pengawasan dilakukan petugas Imigrasi Semarang menyusul adanya pembukaan rute penerbangan umrah untuk rute Semarang-Jeddah PP, Arab Saudi. Rute penerbangan umrah Semarang-Jeddah PP akan dibuka perdana tanggal 1 Agustus dan 8 Agustus. 

Baca Juga: Lion Air Bakal Layani Penerbangan Umrah Semarang dan Solo Pakai Pesawat Jumbo

1. Penerbangan umrah perdana awal Agustus 2023

Penerbangan Umrah Semarang-Jeddah Mulai Agustus 2023, Pengawasan Ketat(Bandara Ahmad Yani Semarang) IDN Times/Fariz Fardianto

Kepala Imigrasi Semarang, Guntur Sahat Hamonangan, mengungkapkan menjelang pembukaan rute penerbangan umrah, pihaknya telah menyiapkan segala jenis sarana dan prasarana bagi para calon jemaah umrah.

"Rencananya tanggal 1 dan 8 Agustus sudah dapat jadwal penerbangannya. Dari pihak kami sudah sediakan sarana prasarana untuk fasilitas kargo di bandara. Apalagi kan untuk pengiriman kargo ke luar negeri sudah sering dilakukan seminggu sekali. Jadi, intinya kami siap. Petugas juga sudah siap untuk dukung penerbangan umrah di Semarang," ungkap Guntur, Kamis (27/7/2023). 

2. Antisipasi potensi TPPO

Penerbangan Umrah Semarang-Jeddah Mulai Agustus 2023, Pengawasan KetatLoket pembuatan paspor di kantor Imigrasi Semarang, Jalan Siliwangi, Krapyak. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Lebih lanjut, dirinya telah berkoordinasi dengan Polda Jateng untuk mengawasi arus keberangkatan calon jemaah umrah ke Tanah Suci Makkah guna mengantisipasi potensi tindak pidana perdagangan orang (TPPO). 

Setiap calon jemaah yang berangkat dari Bandara Ahmad Yani Semarang harus dipastikan berjumlah lengkap dan tidak ada yang tertinggal ketika pulang dari Arab Saudi. 

"Kalau waktu ibadah umrah kurang lebihnya 11 hari. Kita sudah meminta semua penumpang umrah pergi ke Arab Saudi dan pulangnya harus lengkap. Karena kita waspadai kejahatan TPPO. Kalau misalnya berangkatnya 100 orang, pulangnya haya 90 orang ya harus diperhatikan betul. Saya minta harus lengkap pulangnya. Kami tidak mau imigrasi dianggap memberangkatkan pelaku TPPO. Travel umrah harus ada warning kepada calon jemaah umrah. Kalau coba-coba melanggar aturan urusannya ke Polda. Makanya kita usahakan lakukan mitigasi resiko sejak dini," terangnya. 

3. Tim bea cukai amankan jalur kargo

Penerbangan Umrah Semarang-Jeddah Mulai Agustus 2023, Pengawasan KetatPetugas mengawasi distribusi vaksin Pflizer yang tiba di Semarang. (Dok Humas Bea Cukai Tanjung Emas Semarang)

Hal senada juga diungkapkan Galih Elham Setiawan, Kepala Bea Cukai Tanjung Emas Semarang. Para personel bea cukai, katanya saat ini telah bersiaga menyiapkan segala aspek penunjang untuk meningkatkan pengamanan pada jalur kargo di Bandara Ahmad Yani Semarang. 

"Untuk keamanan jalur kargo sudah kami siapkan. Sehingga nanti bisa memperlancar perjalanan calon jemaah umrah," terangnya. 

4. Petugas gabungan tinjau kesiapan di Bandara Ahmad Yani

Penerbangan Umrah Semarang-Jeddah Mulai Agustus 2023, Pengawasan KetatSuasana ruang tunggu calon penumpang pesawat di lantai dua terminal penumpang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. (Dok Humas Bandara Ahmad Yani Semarang)

Terpisah, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto menyampaikan, selain memastikan kesiapan fasilitas, pada persiapan awal berkoordinasi dengan fasilitas custom, imigrasi, karantina guna memastikan kesiapan para personel melaksanakan tugas.

"Kami juga melakukan berbagai rangkaian peninjauan lapangan bersama stakeholder terkait," ujar Hardi.

5. Siapkan parkir dan meeting point khusus

Penerbangan Umrah Semarang-Jeddah Mulai Agustus 2023, Pengawasan KetatPenampakan sejumlah pesawat yang parkir di runway. Dok. Humas Bandara Ahmad Yani

Persiapan tidak hanya dilakukan dari sisi terminal, namun juga memastikan kesiapan seluruh personel baik personel operasi, teknik dan pelayanan. 

Agar memperlancar flow jemaah umrah akan disediakan meeting point dan area parkir khusus bagi pengantar dan penjemput jemaah umrah di area sekitar wilayah masjid bandara guna mengantisipasi kepadatan pengunjung sehingga pengguna jasa akan tetap merasa nyaman di bandara. 

"Untuk mengantisipasi kepadatan pengunjung baik pengantar dan penjemput jemaah umrah, kami menyiapkan area parkir dan meeting point khusus di area bandara. Kami juga memastikan seluruh komponen penunjang penerbangan tersedia dan dalam kondisi prima," kata Hardi.

Baca Juga: Paket Umrah Lion Air Rute Semarang-Madinah, Berapa Harganya?

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya