Perkuat Mental, Irjen Kemenkumham Minta Pegawai Rudenim Semarang Kreatif dan Inovatif

Ada tiga pesan dari Irjen Kemenkumham

Semarang, IDN Times - Inspektur Jenderal Kemenkumham Razilu menyarankan kepada para pegawai Rudenim Semarang untuk lebih kreatif dalam memberikan pelayanan bagi publik.

Ia pun mengingatkan, sebagai sosok ASN, para pegawai Rudenim supaya jangan sampai terbawa hawa nafsu saat bertugas. 

"Ada tiga hal yang harus diperhatikan seorang ASN sebagai pelayan publik. Pertama jangan bekerja mengikuti hawa nafsu yang sudah pasti akan mengarahkan ke pelanggaran peraturan," ujar Razilu, Sabtu (29/7/2023). 

Baca Juga: Overstay! Rudenim Semarang Deportasi Warga Senegal, Bakal Dicekal

1. Bertemu langsung dengan petugas Rudenim

Perkuat Mental, Irjen Kemenkumham Minta Pegawai Rudenim Semarang Kreatif dan InovatifKepala Rudenim Semarang Retno Mumpuni mengajak Inspektur Jenderal Kemenkumham RI, Razilu melihat kondisi tempat penampungan para WNA ilegal di kantor Rudenim Jalan Hanoman Krapyak. (IDN Times/Dok Humas Rudenim Semarang)

Pihaknya belum lama ini telah meninjau kantor Rudenim untuk membekali pegawai mengenai etos kerja dan berbagai pengarahan kebijakan yang berlaku. Kemudian, ada juga penandatanganan 10 pesan Irjen dalam menjalankan serta penguatan tugas dan fungsi petugas Rudenim Semarang. 

Dalam kunjungan ini Irjen Razilu juga berkesempatan berdialog dengan petugas Rudenim Semarang. 

Adapun di kantor Rudenim, Razilu juga didampingi Plt Kakanwil Kemenkumham Jateng Hantor Situmorang beserta Kepala Rudenim Semarang Retno Mumpuni. 

2. Pak Irjen minta petugas Rudenim Semarang bekerja dengan rasio

Perkuat Mental, Irjen Kemenkumham Minta Pegawai Rudenim Semarang Kreatif dan InovatifInspektur Jenderal Kemenkumham RI, Razilu yang didampingi Kepala Rudenim Semarang Retno Mumpuni saat berkeliling melihat kondisi ruangan kantor Rumah Detensi Imigrasi Semarang yang letaknya di Jalan Hanoman, Semarang. "IDN Times/Dok Humas Rudenim Semarang)

Ia menyampaikan, hal lain yang harus diperhatikan dalam bekerja sebagai yaitu perlu menunjukan kualitas bekeja sesuai standar rasio. 

"Kedua bekerja dengan rasio, akal untuk menciptakan kreatifitas dan inovasi," paparnya. 

3. Akal harus dikombinasikan dengan hati nurani

Perkuat Mental, Irjen Kemenkumham Minta Pegawai Rudenim Semarang Kreatif dan InovatifInspektur Jenderal Kemenkumham RI, Razilu menunjukkan plakat bersama Kepala Rudenim Semarang Retno Mumpuni. (IDN Times/Dok Humas Rudenim Semarang)

Razilu melanjutkan bahwa akal saja tidak cukup untuk membuat seorang ASN bisa bekerja dengan baik. Perlu dikombinasikan dengan perangkat terakhir yaitu hati nurani.

“Akal saja tidak cukup, maka selanjutnya kombinasikan akal dengan hati nurani. Kombinasi akal dan hati nurani pasti akan  menghasilkan hal yang luar biasa,” lanjut Razilu.

Selain itu, Razilu meminta pada Rudenim Semarang untuk mempersiapkan diri untuk kontestasi WBBM tahun ini. "Sebelumnya saya mengucapkan proficiat atas raihan predikat WBK di Rudenim Semarang ini, Persiapkan dengan baik kontestasi WBBM tahun ini," pungkasnya. 

Baca Juga: Rudenim Jakarta Overload, 12 WNA Ilegal Dipindah ke Semarang

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya