Personel Bandara Ahmad Yani Dilatih Tangani Gangguan Burung di Pesawat

Bandara Ahmad Yani minta personelnya tingkatkan kesiapsiagaan

Semarang, IDN Times - Pengelola Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang tengah berusaha menguji kemampuan para personelnya dalam mengatasi gangguan mesin pesawat terbang jenis Boeing di pinggir landasan pacu atau runway. 

Pihak bandara tersebut juga mengecek ketelitian personel gabungan mengenai apa saja standar operasional prosedur (SOP) yang sudah dipatuhi selama ini.

Baca Juga: Bandara Ahmad Yani Buktikan ke Erick Thohir Masih Sanggup Layani Rute Internasional

1. Latihan gabungan untuk mengetes kemampuan para personel

Personel Bandara Ahmad Yani Dilatih Tangani Gangguan Burung di PesawatSebuah truk disimulasikan menyemprotkan air untuk memadamkan api yang membakar badan pesawat di Bandara Ahmad Yani Semarang. (IDN Times/Dok Humas Bandara Ahmad Yani Semarang)

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Fajar Purwawidada mengaku untuk menguji kemampuan personelnya, dirinya menggelar latihan gabungan yang dinamakan modular exercise. 

"Prioritas utama yang perlu mendapat perhatian khusus adalah aspek keamanan dan keselamatan penerbangan karena ini menyangkut keselamatan jiwa para pengguna jasa," tutur Fajar, Rabu (20/9/2023). 

2. Dibekali keterampilan tangani gangguan burung di mesin Boeing

Personel Bandara Ahmad Yani Dilatih Tangani Gangguan Burung di PesawatPesawat Boeing B787-10 Singapore Airlines (Dok. Singapore Airlines)

Ia menyebut latihan yang dilakukan yaitu menangani potensi kecelakaan pesawat akibat ada gangguan burung di dalam mesinnya. 

Lebih lanjut, ia menyampaikan latihan seperti ini jadi kegiatan yang sangat penting dalam operasional bandar udara.

Saat diadakan pelatihan di bandaranya, para personel gabungan dibekali keahlian menangani pesawat Boeing 737-800 Zeus Air dengan rute Semarang menuju Jakarta yang membawa 22 orang penumpang dan 8 awak pesawat sebelum lepas landas. 

Kemudian pesawat Zeus Air itu mengalami gangguan serangan burung sehingga menyebabkan kerusakan engine nomor dua.

3. Libatkan AirNav, KKP, Lanumad dan SAR

Personel Bandara Ahmad Yani Dilatih Tangani Gangguan Burung di PesawatPersonel gabungan dari AirNav, KKP, Basarnas, Lanumad dan Bandara Ahmad Yani saat apel kesiapsiagaan saat latihan penanganan kejadian darurat di pesawat Boeing. (IDN Times/Dok Humas Bandara Ahmad Yani Semarang)

Pada latihan modular exercise, katanya fungsi komunikasi, koordinasi dan komando antar unit personel gabungan di bandaranya diuji dan dievaluasi. 

"Makanya, selain personel bandara yang terlibat juga dari AirNav Indonesia, Lanumad Ahmad Yani, Kantor Kesehatan Pelabuhan Semarang, Rumah Sakit Columbia Asia Semarang dan Basarnas," terangnya. 

4. Lokasi latihan dibuat menyerupai kisah nyata

Personel Bandara Ahmad Yani Dilatih Tangani Gangguan Burung di PesawatSeorang calon penumpang pesawat saat menunjukkan jadwal penerbangan dari Bandara Ahmad Yani Semarang. IDN Times/Fariz Fardianto

Agar latihan gabungan bisa dimaksimalkan, Fajar mengaku sengaja menyiapkan kondisi tempat pelatihan di area runway yang menyerupai kejadian nyata ketika ada gangguan burung. 

"Keadaan di lapangan dibuat menyerupai kondisi real dengan maksud untuk menguji kesigapan personel khususnya sesuai aturan SOP. Terlaksananya kegiatan dengan lancar tidak lepas dari kerja sama seluruh stakeholder bandara yang terlibat. Kami ucapkan banyak terima kasih atas kerja samanya. Semoga apabila keadaan darurat benar terjadi seluruh pihak yang bertugas dapat melaksanakan tugasnya masing-masing dengan prima," ujar mantan Danlanumad Semarang tersebut. 

Baca Juga: Tingkatkan Pengamanan, Lanumad Periksa Acak Kendaraan yang Masuk Bandara Ahmad Yani

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya