Tingkatkan Pengamanan, Lanumad Periksa Acak Kendaraan yang Masuk Bandara Ahmad Yani

Pengawasan ditingkatkan jelang Natal

Semarang, IDN Times - Pihak Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang mempertebal pengamanan dengan melibatkan para personel Lanumad. Pengamanan yang dilakukan dengan memeriksa secara acak kendaraan yang masuk ke lokasi bandara tersebut saat mendekati perayaan Natal 2022.

1. Personel Lanumad periksa acak kendaraan yang masuk bandara

Tingkatkan Pengamanan, Lanumad Periksa Acak Kendaraan yang Masuk Bandara Ahmad YaniSeorang calon penumpang wanita mendorong troli berisi barang bawaanya menuju ruang pemberangkatan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. (Dok Humas Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang)

Menurut Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Heri Trisno Wibowo, selama pada hari-hari menjelang Natal, terdapat petugas airport security bersama personel Lanumad yang berusaha meningkatkan kewaspadaan dengan memeriksa semua kendaraan yang masuk ke Bandara Ahmad Yani.

"Pemeriksaan kendaraan di titik masuk menuju bandara untuk pencegahan terhadap kejadian yang tidak diinginkan. Setiap hari akan dikerjakan secara acak dalam upaya memastikan tersedianya pelayanan yang aman dan nyaman bagi pengguna jasa," kata Heri, Minggu (18/12/2022).

Baca Juga: Penumpang di Bandara Ahmad Yani Mulai Naik, Sehari Capai 2.000 Orang

2. Petugas bandara latihan bareng Lanumad

Tingkatkan Pengamanan, Lanumad Periksa Acak Kendaraan yang Masuk Bandara Ahmad YaniAntrean calon penumpang pesawat di peron Bandara Ahmad Yani Semarang. (Dok Humas Bandara Ahmad Yani Semarang)

Untuk tahapan kegiatan airport rescue & fire fighting challenge untuk memastikan performance petugas Airport Rescue & Fire Fighting (ARFF) telah dilaksanakan latihan bersama petugas Lanumad Bandara Ahmad Yani.

3. Landasan pacu sampai apron dicek ulang

Tingkatkan Pengamanan, Lanumad Periksa Acak Kendaraan yang Masuk Bandara Ahmad YaniIlustrasi runway/Dokumentasi Pemprov Jabar

Lebih jauh lagi, pihaknya juga berusaha menyiapkan fasilitas jalur udara dan fasilitas di darat menjelang Natal dan pergantian tahun 2022. Salah satunya menggelar inspeksi dengan Kemenhub selama dua hari untuk mengecek landasan pacu, taxiway, apron, manajemen keselamatan apron, Airfield Lighting System, dan terminal penumpang.

"Kita melaksanakan berbagai persiapan menyambut libur Natal dan tahun baru. Rangkaian kegiatan kami laksanakan untuk memberikan pelayanan prima kepada para pengguna jasa saat bepergian melalui bandara," ungkapnya.

4. Posko Nataru Bandara Ahmad Yani diadakan sampai 4 Januari 2023

Tingkatkan Pengamanan, Lanumad Periksa Acak Kendaraan yang Masuk Bandara Ahmad YaniVaksin pflizer tiba di Bandara Ahmad Yani Semarang. (Dok Humas Bea Cukai Tanjung Emas Semarang)

Adapun, untuk audit pihak kedua sudah diadakan tanggal 5--13 Desember 2022. Tujuannya untuk memastikan standar pengelolaan diterapkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sedangkan untuk posko terpadu Natal dan tahun baru, katanya dimulai 19 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023 dengan melibatkan para stakeholder untuk memantau trafik pergerakan pesawat terbang, para penumpang maupun aktivitas pengiriman kargo.

Baca Juga: Bandara Ahmad Yani Izinkan Anak-anak Naik Pesawat Asal Ortunya Sudah Tes COVID-19

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya