Comscore Tracker

Penumpang di Bandara Ahmad Yani Mulai Naik, Sehari Capai 2.000 Orang

Dua maskapai ajukan extra flight

Semarang, IDN Times - Menjelang momentum arus mudik Lebaran 2022, pergerakan penumpang pesawat terbang di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang mulai merambat naik.

General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Hardi Ariyanto mengungkapkan kenaikan jumlah penumpang pesawat terjadi pada Sabtu dan Minggu. 

"Peningkatan penumpang hari Sabtu dan Minggu rata-rata 1.700 orang sampai 2.000 orang per hari. Sudah ada kenaikan ketimbang kondisi harian sebelumnya," terang Hardi, Selasa (26/4/2022).

1. Lion Air dan Batik Air ajukan extra flight

Penumpang di Bandara Ahmad Yani Mulai Naik, Sehari Capai 2.000 OrangDok.Istimewa/Lion Air

Hardi menyatakan kini sudah ada dua maskapai penerbangan yang mengajukan enam extra flight dengan rute di antaranya Semarang-Balikpapan dan Semarang Jakarta. 

Kedua maskapai yang dimaksud adalah Lion Air dan Batik Air. "Untuk mengakomodir lonjakan penumpang selama libur lebaran, sejak 20 April hingga 20 Mei 2022, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani menyediakan extra flight enam rute penerbangan," jelasnya.

Baca Juga: 3 Syarat Ikut Vaksin Booster di Bandara Ahmad Yani, Mudik Jadi Lancar!

2. Bandara Ahmad Yani juga sediakan lima konter check-in

Penumpang di Bandara Ahmad Yani Mulai Naik, Sehari Capai 2.000 OrangLokasi lobi tiket do Bandara Ahmad Yani Semarang. Dok Humas Ombudsman Jateng

Tak cuma itu saja, Hardi mengemukakan bahwa layanan di dalam bandaranya juga ditingkatkan untuk memberikan rasa nyaman bagi pemudik yang naik pesawat. Salah satunya pihaknya telah menyediakan lima unit self-check in kios. 

"Untuk meningkatkan layanan bagi para penumpang, kami telah menyediakan lima unit self-check in kios yang dapat digunakan oleh para penumpang. Hingga saat ini terhitung sudah ada penambahan extra flight untuk mengakomodir lonjakan penumpang selama libur lebaran ini," bebernya.

3. Puncak arus mudik di bandara terjadi 29 April

Penumpang di Bandara Ahmad Yani Mulai Naik, Sehari Capai 2.000 OrangAktivitas boarding tiket di Bandara Ahmad Yani Semarang. (Dok Humas Bandara Ahmad Yani Semarang)

Diperkirakan puncak mudik Lebaran di Bandara Ahmad Yani terjadi 29 April nanti atau tepat H-2 Lebaran. Sementara puncak arus balik bakal terjadi tanggal 8 Mei 2022 atau H+5 Lebaran. 

Hardi menyampaikan telah mengoperasikan posko terpadu untuk melayani arus mudik dan arus balik yang berlaku mulai 25 April-10 Mei atau selama 16 hari. 

4. Operasional Bandara Ahmad Yani sampai jam tujuh malam

Penumpang di Bandara Ahmad Yani Mulai Naik, Sehari Capai 2.000 OrangDeretan calon penumpang pesawat saat menunjukan dokumennya sebelum berangkat dari Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. (IDN Times/Humas Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang)

Penyelenggaraan posko ini melibatkan beberapa instansi yakni TNI/Polri, Pemda, Perwakilan Satgas COVID-19, kantor otoritas bandar udara, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Airnav Indonesia, pihak maskapai. 

"Kita lakukan penyesuaian jam operasional bandara menjadi jam 07.00 sampai 19.00 WIB untuk mengakomodir lonjakan penumpang," tandasnya.

Baca Juga: Bandara Ahmad Yani Izinkan Anak-anak Naik Pesawat Asal Ortunya Sudah Tes COVID-19

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya