Pilkada 2020, PDIP Perkirakan Gibran Bakal Lawan Kotak Kosong

Delapan daerah di Jateng berpeluang lawan kotak kosong

Semarang, IDN Times - Keberadaan kotak kosong berpotensi akan menjadi lawan bagi para calon walikota/bupati yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Jawa Tengah. Sekretaris DPD PDIP Jateng, Bambang Kusriyanto menyatakan tak kurang delapan daerah yang melaksanakan Pilkada 2020 akan muncul kotak kosong.

1. Kota Semarang hingga Kebumen berpeluang lawan kotak kosong

Pilkada 2020, PDIP Perkirakan Gibran Bakal Lawan Kotak KosongWali Kota Semarang Hendrar Prihadi bersama Forkompinda memantau pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat (PKM). Dok. Pemkot Semarang

Ia menganggap sampai saat ini belum ada satupun calon diluar partainya yang mengumumkan rekomendasinya. 

"Yang kita pastikan lawan kotak kosong itu ada di Kota Semarang, terus Solo, Kebumen, Grobogan, Pemalang, Sragen, Wonosobo, Sukoharjo. Soalnya belum ada kandidat lain yang muncul," katanya, Sabtu (18/7/2020).

Baca Juga: Peringkat Tiga, Penambahan Penduduk Miskin di Jateng 301.500 Orang

2. Gibran-Teguh juga bakal lawan kotak kosong

Pilkada 2020, PDIP Perkirakan Gibran Bakal Lawan Kotak KosongANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Pihaknya sesumbar bahwa pasangan Gibran-Teguh yang diusung PDIP di Solo akan melawan kotak kosong. Menurutnya Gibran berpeluang besar jadi calon tunggal dalam kontestasi Pilwakot Solo.

"Dari luar partai PDIP sampai saat ini belum ada yang mengajukan nama calonnya. Tapi lihat saja nanti saat pendaftaran ke KPU," bebernya.

3. Banyak calon dari PDIP yang bikin koalisi gemuk

Pilkada 2020, PDIP Perkirakan Gibran Bakal Lawan Kotak KosongMarkas DPD PDIP Jateng. Fariz Fardianto/IDN Times

Mayoritas kandidat PDIP saat ini membentuk koalisi gemuk dengan parpol lainnya. Ia mencontohkan koalisi gemuk dilakukan oleh pasangan incumbent Kota Semarang, Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Ia menekankan situasi Pilkada 2020 di Jateng masih sangat dinamis. Pihaknya masih menunggu rekomendasi lainnya yang dikeluarkan oleh parpol lain.

"Kita tunggu rekomendasi keluar semua. Jika sudah keluar, nantinya partai-partai akan bisa menentukan sikap gabung atau tidak," tambahnya.

4. Empat paslon PDIP belum dapat rekom DPP

Pilkada 2020, PDIP Perkirakan Gibran Bakal Lawan Kotak KosongIDN Times/Daruwaskita

Partainya saat ini juga mengincar kemenangan mutlak di 15 daerah dari total 21 wilayah yang berlaga di Pilkada 2020. Kendati demikian, ia masih merahasiakan daerah mana saja yang wajib menang.

"Tentunya semua calon dari PDIP sudah yakin menang Pilkada di masing-masing daerahnya," tegasnya.

Disinggung mengenai jumlah calon yang sudah dapat rekomendasi, ia mengatakan kini masih menyisakan empat pasangan lain. Yaitu Kabupaten Rembang, Kabupaten Tegal, Kota Pekalongan, dan Kota Magelang.

"Artinya calon yang belum dapat rekom DPP alasannya konsolidasi partai lain belum selesai. Kalau sudah, pastinya dari partai lain sudah gabung," tandasnya.

Baca Juga: Diusung PDIP di Pilkada Solo 2020, Gibran Targetkan Menang 60 Persen

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya