PKS Jateng Daftarkan 120 Bacaleg, 33 Persen Milenial Sisanya Kolonial

PKS Jateng pasang target sumbang suara 15 persen nasional

Semarang, IDN Times - Elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendaftarkan 120 calon calon legislatif (bacaleg) untuk mengikuti kontestasi Pemilu serentak di Jawa Tengah pada 2024 mendatang. 

Perwakilan bacaleg bersama pengurus PKS Jawa Tengah naik ojek saat mendatangi kantor KPU Jateng di Jalan Veteran Semarang untuk mendaftarkan berkas pencalonan DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

1. Bacaleg PKS Jateng naik ojek saat daftar ke KPU

PKS Jateng Daftarkan 120 Bacaleg, 33 Persen Milenial Sisanya KolonialPetugas verifikator KPU Jateng saat mengecek berkas persyaratan bacaleg yang diserahkan pengurus PKS Jateng. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Ketua DPW PKS Jawa Tengah, Muhammad Afif mengaku pengurus dan bacaleg partainya memilih naik ojek untuk keahlian para tukang ojek karena selama ini kerap menyuarakan aspirasi mereka. 

"Kami pilih ojol, karena kami selalu memperjuangkan rakyat kecil seperti ojol dan buruh. Inilah yang kita pilih supaya mereka lebih dekat dengan kita lagi," ujar Afif di sela memasukan berkas pendaftaran bacaleg di kantor KPU Jateng, Senin (5/8/2023).

Baca Juga: Pemilu 2024 Bakal Ketat, KPU Jateng Minta Petugas Jangan Berbelit-belit

2. Ada bacaleg Milenial, ada juga bacaleg kolonial

PKS Jateng Daftarkan 120 Bacaleg, 33 Persen Milenial Sisanya KolonialPresiden PKS Ahmad Syaikhu [tengah]. (Dok PKS)

Menurut Afif, para bacaleg dari partainya mayoritas berasal dari kalangan Milenial dan sisa generasi tua atau yang ia sebut sebagai kalangan kolonial. 

"Jadi dari 120 bacaleg, ada yang dari Millennial. Ada juga dari generasi kolonial. Kita tidak menargetkan berapa banyak yang bisa menjaring bacaleg dari Millennial, tapi rata-rata setiap Dapil ada dua atau tiga orang yang mencalonkan diri," ujar Afif. 

3. Penuhi keterwakilan 30 persen perempuan

PKS Jateng Daftarkan 120 Bacaleg, 33 Persen Milenial Sisanya KolonialLogo baru PKS (Dok. PKS)

Afif juga mengatakan sejumlah persyaratan pendaftaran bacaleg sudah dipenuhi partainya. 

Termasuk, katanya melengkapi keterwakilan 30 persen untuk bacaleg perempuan, mencalonkan kembali lima calon incumbent sqerta menjaring nama-nama baru untuk diajukan sebagai bacaleg PKS. 

“Syarat pendaftaran bacaleg sudah memenuhi 100 persen. Kami sudah ada 30 persen bacaleg perempuan, lima incumbent dan nama baru untuk bacaleg di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota,” tambahnya. 

4. PKS berharap bisa menang bersama rakyat

PKS Jateng Daftarkan 120 Bacaleg, 33 Persen Milenial Sisanya Kolonialilustrasi - Suasana Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PKS di Jakarta Pusat, Selasa (21/6/2022). Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Sekjen PKS Habib Aboe Bakar membacakan ikrar PKS. (IDN Times/Melani Putri)

Lebih lanjut lagi, ia menuturkan tanggal 8 Mei menjadi waktu yang tepat untuk mendaftarkan diri sebagai bacaleg PKS Jateng. Selain angka delapan menjadi nomor urut partainya, petinggi partainya juga menginstruksikan pendaftaran secara serentak seluruh Indonesia. 

“Jadi kenapa kita daftarnya hari ini, ya karena mengikuti instruksi DPP apalagi tanggal delapan sesuai nomor urut PKS. Dengan harapan nantinya direstui masyarakat dan bisa menang bersama masyarakat Indonesia,” ujarnya. 

Baca Juga: PKS Tegaskan Duet Anies-Sandiaga di 2024 Sangat Mungkin Terwujud

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya