Polda Jateng: Ahmad Luthfi Dapat Penugasan Khusus di Kemendag

Ada hubungannya PAN akan usung jadi Cagub Jateng?

Intinya Sih...

  • Irjen Pol Ahmad Luthfi dimutasi ke Kemendag setelah memimpin Polda Jateng selama 4 tahun
  • Mutasi ini merupakan bagian dari dinamika organisasi Polri untuk penyegaran dan peningkatan kinerja
  • PAN tetap akan mengusung Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur Jateng, Golkar juga akan mendukung setelah pensiun dari kepolisian

Semarang, IDN Times - Irjen Pol Ahmad Luthfi yang dimutasi bersama 157 perwira menengah (pamen) dan perwira tinggi (pati) Polri mendapatkan penugasan ke Kementerian Perdagangan (Kemendag). Tugas Luthfi di Kemendag ini bersifat khusus. 

Baca Juga: Ahmad Luthfi Dimutasi, Brigjen Ribut Ditunjuk Jadi Kapolda Jateng

1. Ahmad Luthfi dapat tugas khusus di Kemendag

Polda Jateng: Ahmad Luthfi Dapat Penugasan Khusus di KemendagKapolda Jateng, Ahmad Luthfi. (IDN Times/Larasati Rey)

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto mengaku dengan adanya penugasan ke Kemendag maka Ahmad Luthfi posisinya sebagai Pati Itwasum Polri. 

"Irjen Pol Ahmad Luthfi yang akan memasuki purna tugas, ditempatkan sebagai Pati Itwasum Polri dengan penugasan di Kementerian Perdagangan. Selama kurang lebih 4 tahun, beliau telah memimpin Polda Jateng dengan dedikasi dan integritas yang tinggi," terangnya, Minggu (28/7/2024). 

2. Kapolda Jateng dijabat Brigjen Ribut

Polda Jateng: Ahmad Luthfi Dapat Penugasan Khusus di KemendagKegiatan pengawasan proses Coklit oleh Bawaslu Provinsi Lampung. (Dok. Bawaslu Lampung).

Proses mutasi Ahmad Luthfi tertuang secara resmi dalam Surat Telegram Kapolri nomor ST/1554/VII/KEP/2024 tanggal 26 Juli 2024, yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Pol Dedi Prasetyo. 

Artanto juga menambahkan bahwa pergantian ini merupakan bagian dari dinamika organisasi Polri untuk penyegaran dan peningkatan kinerja.

"Mutasi ini adalah hal yang biasa dalam tubuh Polri, untuk memberikan penyegaran dan meningkatkan efektivitas kinerja. Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo diharapkan dapat melanjutkan serta meningkatkan prestasi dan program-program yang telah dirintis Irjen Ahmad Luthfi," tambahnya. 

Dengan pergantian ini, diharapkan Polda Jawa Tengah akan terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

"Selamat bertugas kepada Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo, dan terima kasih kepada Irjen Pol Ahmad Luthfi atas dedikasinya selama menjabat sebagai kapolda," paparnya.

3. Zulhas tegaskan PAN usung Ahmad Luthfi

Polda Jateng: Ahmad Luthfi Dapat Penugasan Khusus di KemendagMendag Zulkifli Hasan di SMAN 3 Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Sedangkan, Ketum PAN Zulkifli Hasan menegaskan untuk arah dukungan kontestasi Pilgub Jateng, partainya tetap akan mengusung Ahmad Luthfi.

"Sejak awal kan kita ke Pak Luthfi," kata Zulhas usai acara sosialisasi program makan bergizi gratis di SMAN 6 Semarang belum lama ini. 

4. Ahmad Luthfi akan digolkarkan

Polda Jateng: Ahmad Luthfi Dapat Penugasan Khusus di KemendagAirlangga Hartarto ketika menerima Kaesang Pangarep di DPP Golkar. (www.instagram.com/@psi_id)

Terpisah, Kepala Bidang Pemenangan Pemilu Golkar Jawa Tengah-DIY, Iqbal Wibisono mengatakan Ahmad Luthfi akan digolkarkan setelah pensiun dari kepolisian. 

"Tidak ada satupun partai yang tidak ingin memiliki keterkaitan ideologis. Namun, karena Pak Luthfi sekarang masih PNS Polri maka harus sesuai proses untuk menjadikan kader. Untuk itu Pak Luthfi nanti saat masuk masa pensiun akan ditetapkan sebagai kader," ujar Iqbal kepada IDN Times, Senin (22/7/2024).

Lebih lanjut, Iqbal bilang Ahmad Luthfi kini jadi satu-satunya calon gubernur yang diusung Golkar pada Pilgub Jateng. Saat ini partainya sudah mantap berkoalisi dengan PSI, Gerindra, PAN dan Demokrat untuk mengusung Ahmad Luthfi. Apalagi Gerindra juga sudah mengalihkan rekomendasi calon gubernur Jateng ke Ahmad Luthfi pasca dilantiknya Sudaryono sebagai Wamentan. 

"Meskipun yang sekarang baru terang-terangan itu PAN, PSI, Golkar. Dan Pak Dasco juga menyampaikan dukungan dari Gerindra. Dalam pleno kemarin bahwa Golkar di Jateng diputuskan mencalonkan Pak Luthfi dan beliau akan mendapat tugas khusus dalam rangka mendapatkan rekomendasi dari partai lainnya," akunya. 

Baca Juga: Ahmad Luthfi Dimutasi saat Ketemu Relawan Jokowi dan Kaesang di Solo

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya