Comscore Tracker

Polemik Audisi PB Djarum, Ganjar Minta KPAI dan Djarum Berembug

Ganjar sesalkan penghentian pembinaan atlet

Semarang, IDN Times-Kasus eksploitasi anak dalam audisi bulutangkis yang dilontarkan KPAI, mematik reaksi sejumlah pihak. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan kekhawatirannya bila masalah tersebut terus berpolemik bakal berimbas pada proses bibit unggul bulutangkis yang selama ini jadi andalan Indonesia. 

"Kalau kemarin ada problem di KPAI, kalau yang dipersoalkan adalah gambar, mari soal desain dan layoutnya kita bicarakan ulang. Tapi bukan berarti menghentikan," ungkapnya, Senin (9/9).

 

1. KPAI dan PB Djarum diminta berembug

Polemik Audisi PB Djarum, Ganjar Minta KPAI dan Djarum BerembugIDN Times/Margith Juita Damanik

Ganjar menyarankan, KPAI dan PB Djarum untuk berembug menuntaskan persoalan tersebut. Terlebih lagi, katanya selama ini banyak atlet andal asal Jawa Tengah yang ditempa oleh PB Djarum.

"Saya siap berdialog dengan KPAI maupun dengan Djarum. Karena ini ada kaitannya dengan audisi yang dilakukan di beberapa kota di Jawa Tengah, kami punya kepentingan agar atlet-atlet berbakat kita bisa juara," cetusnya. 

Baca Juga: Bertentangan dengan Aturan, KPAI Larang Daerah Pakai Dana CSR Rokok 

2. Pembinaan atlet juga butuh bantuan swasta

Polemik Audisi PB Djarum, Ganjar Minta KPAI dan Djarum BerembugPB Djarum

Lebih lanjut, menurutnya, proses pembinaan atlet tidak akan cukup jika hanya mengandalkan pemerintah. Ganjar bilang bahwa pembinaan atlet yang cukup panjang juga butuh uluran tangan pihak swasta.

Karenanya,Ganjar  menyesalkan langkah KPAI yang mendesak PB Djarum untuk menyetop audisi atlet bulutangkis.

"Olahraga kita itu butuh dukungan swasta. Kalau negara saja ngurus olahraga pasti kurang maka kita mengajak swasta. Sudah ada swasta bagus dan melakukan terus menerus dan menjadi legenda jangan dihentikan. Saya menggandeng swasta itu kesulitan, yang sudah ada bagus malah mau dihentikan," katanya. 

Baca Juga: YLKI Dukung Langkah KPAI dan Lentera Anak Terkait Audisi PB Djarum

3. Ganjar: Saya dorong audisi Djarum tetap berjalan

Polemik Audisi PB Djarum, Ganjar Minta KPAI dan Djarum BerembugIDN Times/Fariz Fardianto

Ganjar menyampaikan apa yang dilakukan PB Djarum selama ini pantas diapresiasi. Karena mereka mampu melahirkan atlet-atlet bulutangkis yang menjadi juara dunia. Salah satunya dengan menyelenggarakan audisi bibit-bibit muda di seluruh Indonesia setiap tahun.

"Karena itu dalam rangka mencari talenta anak-anak kita khususnya di Jawa Tengah agar jadi juara di badminton. Kalau Djarum selama ini sudah membantu pembinaan bulutangkis, saya mendorong agar itu tetap berjalan," tandasnya.

Baca Juga: Menjaring Talenta Atlet Muda Bulu Tangkis, PB Djarum Tempuh Jalan Lain

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya