Comscore Tracker

10 Potret Warga Jepara Lestarikan Hutan 4 Cagar Alam, Jadi Rangers

Mereka menjadi MMP bersama petugas BKSDA Jateng

Tinggal di wilayah bentang alam pegunungan Muria, masyarakat Kabupaten Jepara belakangan ini kembali menggiatkan patroli untuk menjaga hutan belantara yang ada di sekitar rumah mereka. Tak tanggung-tanggung, hutan yang mereka jaga berada di empat cagar alam sekaligus. Empat cagar alam itu adalah Cagar Alam Kembang, Cagar Alam Keling I ABC, Cagar Alam Keling II, dan III serta Cagar Alam Celering. 

Ada belasan bahkan puluhan warga Jepara yang berpatroli bersama petugas Kesatuan Pengelolan Hutan Konservasi (KPHK) Pati Barat BKSDA Jawa Tengah dengan menyusuri setiap area cagar alam.

Di setiap cagar alam, warga yang dilibatkan dimasukkan dalam wadah Masyarakat Mitra Polisi (MMP) Kehutanan. Budi Ambong, Kepala KPHK Pati Barat Wilayah BKSDA Jateng menyebut MMP menjadi unsur terpenting dalam membantu polisi hutan saat berpatroli keliling hutan. Mereka pun turun menjaga kelestarian alam di sejumlah cagar alam.

"Ada 56 MMP yang tersebar di 9 desa sekitar kawasan Cagar Alam Keling I ABC, Keling II dan III, Kembang dan Celering," ungkapnya kepada IDN Times, Minggu (25/7/2021).

Setiap warga tetap diberi pengawasan dan perlindungan hutan di bawah koordinasi pihaknya. Penasaran seperti apa kegiatan pelestarian cagar alam di Jepara? Simak 10 potretnya berikut ini.

1. Warga Jepara diberitahu tim KPHK Pati Barat soal tapal batas Cagar Alam Keling I ABC

10 Potret Warga Jepara Lestarikan Hutan 4 Cagar Alam, Jadi RangersPetugas KPHK Pati Barat dan warga menunjukan tapal batas CA Keling

2. Dengan memakai pemancar sinyal, seorang warga Jepara melacak batas Cagar Alam Celering

10 Potret Warga Jepara Lestarikan Hutan 4 Cagar Alam, Jadi RangersWarga Jepara mengecek batas CA Celering memakai pemancar sinyal. (Dok KPHK Pati Barat)

3. Cagar Alam Kembang rawan terbakar. Makanya warga rajin bersih-bersih sampah dan daun kering

10 Potret Warga Jepara Lestarikan Hutan 4 Cagar Alam, Jadi RangersWarga Jepara dan petugas KPHK Pati Barat resik resik sampah di CA Kembang. (Dok KPHK Pati Barat)

4. Yang ini adalah ketika warga Jepara sedang berpatroli di Cagar Alam Keling II dan III

10 Potret Warga Jepara Lestarikan Hutan 4 Cagar Alam, Jadi RangersWarga Jepara dan petugas KPHK Pati Barat selfie sebelum patrolu di CA Keling II dan III. (Dok KPHK Pati Barat)

Baca Juga: Kopi Owa, Solusi Mapan Konservasi Hutan Hujan Tropis di Pekalongan

5. Papan informasi Cagar Alam Celering ikut dibersihkan untuk petunjuk kawasan hutan

10 Potret Warga Jepara Lestarikan Hutan 4 Cagar Alam, Jadi RangersPapan informasi CA Celering dibersihkan oleh petugas. (Dok KPHK Pati Barat)

6. Warga Jepara bareng petugas BKSDA Jateng sedang melacak kerawanan di Cagar Alam Celering dengan jalan kaki

10 Potret Warga Jepara Lestarikan Hutan 4 Cagar Alam, Jadi RangersSejumlah warga Jepara mengantisipasi kerawanan di CA Celering. (Dok KPHK Pati Barat)

7. Patroli di Cagar Alam Celering dilakukan bersama petugas KPHK Pati Barat

10 Potret Warga Jepara Lestarikan Hutan 4 Cagar Alam, Jadi RangersKegiatan warga sebelum patroli CA Celering Jepara. (Dok KPHK Pati Barat)

8. Warga Jepara juga diajak memulihkan ekosistem di Cagar Alam Keling II dan III

10 Potret Warga Jepara Lestarikan Hutan 4 Cagar Alam, Jadi RangersWarga Jepara ikut memulihkan ekosistem tanaman di CA Keling II dan III. (Dok KPHK Pati Barat)

9. Hampir setiap minggu warga Jepara rutin naik turun gunung bantu petugas KPHK Pati Barat

10 Potret Warga Jepara Lestarikan Hutan 4 Cagar Alam, Jadi RangersWarga Jepara rutin bantu petugas KPHK Pati Barat. (Dok KPHK Pati Barat)

10. Sesekali, mereka beristirahat sembari menikmati pemandangan saat melestarikan cagar alam

10 Potret Warga Jepara Lestarikan Hutan 4 Cagar Alam, Jadi RangersDua warga Jepara rehat di sela patroli hutan. (Dok KPHK Pati Barat)

Itu dia potret pelestarian kawasan cagar alam oleh warga Jepara. Dengan begitu, alam akan tetap terjaga dan tidak akan mudah rusak. Yuk, jaga dan lestarikan alam.

Baca Juga: Dipelihara di Jateng, 23 Burung Langka Bakal Dilepasliarkan ke Papua

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya