PPDB 2021 Online di Jawa Tengah Rawan Pungli, Ini Cara Melaporkannya

Ombudsman minta pemda serius bikin aturan belajar tatap muka

Semarang, IDN Times - Semua sekolah di Jawa Tengah yang akan menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) pada Juli 2021 diminta menyusun aturan yang sesuai standar operasional prosedur (SOP) untuk penanganan COVID-19

1. SOP PTM harus sesuai dengan penanggulangan virus corona

PPDB 2021 Online di Jawa Tengah Rawan Pungli, Ini Cara Melaporkannyailustrasi kelas tatap muka di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/David Muharmansyah)

Kepala Perwakilan Ombudsman Jateng, Siti Farida menyebut bakal memperketat pengawasan terhadap kegiatan penyusunan SOP yang mengacu PTM berbasis penanggulangan COVID-19. 

"Setiap satuan pendidikan dalam hal ini instansi sekolahan harus menyusun SOP PTM yang mengacu pada penanggulangan COVID-19. Semua sekolah juga mesti benar-benar menerapkan protokol kesehatan bagi para siswanya," ujar Farida kepada IDN Times, Rabu (26/5/2021). 

Baca Juga: Skandal Antigen Daur Ulang, Ombudsman: Kimia Farma Harus Evaluasi

2. Sekolah wajib awasi siswanya agar tidak ketularan COVID-19

PPDB 2021 Online di Jawa Tengah Rawan Pungli, Ini Cara MelaporkannyaIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih jauh, ia meminta agar sekolah tidak lengah dalam mengawasi siswanya supaya tidak tertular virus corona. Sebab, saat ini Pemerintah Provinsi Jateng masih berjuang menurunkan angka kematian warganya akibat terpapar COVID-19. 

"Karena kesehatan dan keselamatan masyarakat merupakan kedaulatan yang utama," imbuhnya. 

Ia berharap agar pihak sekolah melibatkan peran orangtua siswa dalam penyusunan SOP COVID-19 agar PTM dapat berjalan lancar.

"Kami berharap pemda benar-benar siap dalam pelaksanaan PTM dengan memperhatikan ketentuan yang berlaku," tambahnya.

3. Ombudsman endus potensi pungli saat PPDB 2021 online

PPDB 2021 Online di Jawa Tengah Rawan Pungli, Ini Cara MelaporkannyaIlustrasi PPDB.ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Pihaknya juga akan memantau proses seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sampai ke tingkat daerah. Sejauh ini, ia menemukan beragam masalah implementasi pada aturan zonasi dan besaran kuota siswa yang tidak bisa dipahami oleh sekolah.

Ia juga mengendus adanya potensi pungutan liar, perilaku masyarakat yang belum paham saat mendaftar PPDB secara online, dan jadwal pelaksanaan PPDB yang tidak jelas.

"Kita sebagai pengawas pelayanan publik perlu memastikan pelayanan pendidikan dapat dilaksanakan dan diterima dengan baik oleh masyakarat," jelasnya.

Pihaknya menegaskan bahwa pemerintah daerah wajib menaati Surat Keputusan Bersama 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), Surat Edaran Bersama 4 Menteri yang mengatur pelaksanaan vaksinasi bagi kelompok sasaran pendidik dan tenaga kependidikan Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), dan juga Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 sebagai acuan untuk menggelar pembelajaran tatap muka.

4. Orangtua siswa bisa laporkan kecurangan ke posko Ombudsman Jateng

PPDB 2021 Online di Jawa Tengah Rawan Pungli, Ini Cara MelaporkannyaUji coba pembelajaran tatap muka di SMP 5 Semarang. (dok. SMP 5 Semarang)

Bila orangtua murid menemukan kecurangan maupun kejanggalan dalam penyusunan SOP PTM dan PPDB, Siti menyarankan untuk dapat segera melapor ke Posko Pengaduan Ombudsman Jawa Tengah pada nomor (024) 8442627, email pengaduan.jateng@ombudsman.go.id, atau Whatsapp Center 08119983737.

Baca Juga: Evaluasi Uji Coba PTM Jateng, Ganjar Perintahkan Penambahan Kelas 

https://www.youtube.com/embed/fBeyCUhS5-0

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya