Puing-puing Pesawat T-50i Golden Eagles Dievakuasi Manual Personel TNI

Lokasi kejadian sulit dijangkau

Blora, IDN Times - Sejumlah puing-puing pesawat tempur T-50i Golden Eagles, Selasa (19/7/2022) Pagi dievakuasi secara manual oleh tim gabungan bersama personel TNI AU. Seperti diketahui, pesawat tempur tersebut terjatuh di Hutan Nginggil, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora Senin (18/7/2022) Malam.

Dalam kejadian tersebut, seorang pilot bernama Letty Pnb Allan Safitra Indra ikut menjadi korban. 

1. Personel TNI masih pindahkan puing-puing pesawat

Puing-puing Pesawat T-50i Golden Eagles Dievakuasi Manual Personel TNIPetugas TNI menarik selang air ketika upaya pemadaman bara api yang membakar lahan gambut. (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

Kapolsek Kradenan, AKP Lilik Eko Sukaryono mengungkapkan, lokasi kejadian yang terjal membuat peralatan tidak bisa dibawa masuk ke dalam hutan. 

Menurutnya Hutan Nginggil berjarak sekitar 15 menit dari pemukiman warga setempat. 

"Pagi evakuasi dilanjutkan. Pagi ini personel TNI AU masih berusaha memindahkan puing-puing pesawat dari dalam hutan ke lokasi desa terdekat," kata Lilik kepada IDN Times melalui sambungan telepon, Selasa (19/7/2022). 

Baca Juga: Spesifikasi Pesawat Tempur T-50i Golden Eagle yang Jatuh di Blora

2. Serpihan pesawat dipindahkan secara manual

Puing-puing Pesawat T-50i Golden Eagles Dievakuasi Manual Personel TNIPesawat TNI AU jatuh di Kabupaten Kampar yang berbatasan dengan Kota Pekanbaru, Senin pagi (15/6). (ANTARA/HO-netizen)

Lilik berkata, evakuasi serpihan badan pesawat hanya bisa dilakukan manual karena karena lokasi hutan yang sulit dijangkau.

"Alat berat tidak bisa masuk ke sana. Mobil maupun sejenisnya juga sulit melewati jalan ke hutan. Jadi satu-satunya harus dibawa satu per satu atau manual,"  kata Lilik lagi. 

3. Polisi minta warga jauhi lokasi kejadian

Puing-puing Pesawat T-50i Golden Eagles Dievakuasi Manual Personel TNIIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk kondisi pilot pesawat, Lilik tidak bisa menyampaikan secara pasti lantaran pihaknya hanya diberi wewenang mengamankan jalur evakuasi.

"Kita gak tahu pasti bagaimana kondisi pilotnya. Kita berjaga di area police line agar warga tidak berkerumun di lokasi kejadian," ungkapnya. 

Hal senada diungkapkan, Mayor Yudha, Kapen Lanud Iswahyudi. Saat dikontak IDN Times via WhatsApp, ia menyatakan evakuasi juga masih berlangsung di Blora.

"Tim hari ini melanjutkan evakuasi mas," jelasnya. 

4. BPBD sebut jenazah pilot sudah dievakuasi

Puing-puing Pesawat T-50i Golden Eagles Dievakuasi Manual Personel TNIPersonil Polres Mimika bersama personil Kodim 1710/ Mimika saat mengangkat jenazah dari dalam mobil jenazah untuk dimasukkan ke dalam ruang jenazah IDN Times/ Ricky Lodar

Bergas Catur Penanggungan, Kepala BPBD Jateng, menyebutkan bahwa jenazah pilot Letty Pnb Allan Safitra Indra kini telah dievakuasi petugas gabungan. 

Pihaknya yang turut memonitor ke lokasi kejadian memperkirakan evakuasi jenazah pilot menuju Lanumad.

"Kita ikut memonitor jalannya evakuasi pesawat yang jatuh di Blora. Ya benar, pilotnya sudah dibawa ke Lanumad. Tapi jenazahnya dibawa ke mana, saya kurang tahu detailnya," paparnya. 

Baca Juga: Potret Evakuasi Pesawat T-50i Golden Eagle yang Jatuh di Blora

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya