Ramaikan Pemilu 2024, 350 Caleg Jateng Dapat Pengawalan dari Muhammadiyah

Muhammadiyah akan berikan ilmu politik ke para caleg

Semarang, IDN Times - Tak kurang 350 calon legislatif (caleg) akan dikumpulkan oleh Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah guna mempersolid tekad menuju kontestasi Pemilu 2024 mendatang. 

Ratusan caleg tersebut akan diminta hadir secara khusus dalam gelaran Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Lembaga Hikmah Kebijakan Publik (LHKP) PWM Jawa Tengah selama dua hari berturut-turut di Hotel Neo Semarang, pada Jumat (10/11/2023) dan Sabtu (11/11/2023). 

Baca Juga: Pengurus Ranting Muhammadiyah Jateng Diizinkan Bangun RS, Asalkan...

1. Para Millennial kepincut jadi calegnya Muhammadiyah

Ramaikan Pemilu 2024, 350 Caleg Jateng Dapat Pengawalan dari MuhammadiyahSekretaris LHKP PWM Jateng Wahidin Hasan saat sesi press conference di PWM Jateng. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Wahidin Hasan, Sekretaris LHKP PWM Jawa Tengah, menyebut antusiasme masyarakat untuk mendaftar sebagai caleg dari unsur Muhammadiyah tahun ini sangat tinggi mengingat banyak para Millennial yang kepincut menjadi anggota legislatif. 

"Ketimbang kontestasi pemilu sebelumnya, yang tahun ini jumlah caleg dari perwakilan Muhammadiyah sangat banyak. Terutama dari kalangan anak muda yang tampaknya kepengin mencoba peruntungan, adu gagasan menjadi seorang wakil rakyat," kata Wahidin di lantai dua Gedung PWM Jateng, Jalan Singosari Raya, Pleburan, Kamis (9/11/2023). 

2. 350 caleg akan berkumpul di rakerwil LHKP Jateng

Ramaikan Pemilu 2024, 350 Caleg Jateng Dapat Pengawalan dari MuhammadiyahSekretaris LHKP PWM Jateng Wahidin Hasan memberi penjelasan mengenai seberapa besar kekuatan para caleg dari unsur Muhammadiyah. (IDN Times/Fariz Fardianto (

Informasi yang diperoleh IDN Times, total ada 350 caleg yang akan dikumpulkan dalam acara Rakerwil LHKP Jateng. Mereka berasal dari 13 dapil se-Jateng yang berafiliasi dengan berbagai lintas partai politik. 

Sehingga, menurut Wahidin para caleg yang berkumpul nantinya berasal dari dapil kabupaten/kota, dapil provinsi dan DPR RI. 

Dari 350 caleg yang dimaksud terselip nama Edy Wuryanto yang menjadi caleg DPR RI dapil Jateng III Grobogan, Rembang, Blora dan Pati. Edy Wuryanto kini menjadi anggota Komisi IX yang membidangi kesehatan. 

"Sebaran calegnya secara keseluruhan mulai tingkatan provinsi, DPR RI dan kabupaten/kota. Dan semua partai yang berlatar belakang Muhammadiyah," ujarnya. 

3. Anggota DPR RI juga diundang

Ramaikan Pemilu 2024, 350 Caleg Jateng Dapat Pengawalan dari MuhammadiyahAnggota Komisi IX DPR RI, Edy Wuryanto. (IDN Times/Larasati Rey)

Tema kegiatan rakerwil LHKP PWM Jateng yaitu Transformasi dan Diapora Kader Bangsa Menuju Sukses Pemula 2024 dan Masa Depan Jawa Tengah yang Berkeadaban. 

Untuk perwakilan organisasi Muhammadiyah yang akan hadir di rakerwil LHKP antara lain IPM, PSA, PWNA, PWPM, IMM, Majelis Dikdasmen, Majelis Lingkungan Hidup, Lembaga Dakwah dan Majelis Hukum dan HAM. 

Sedangkan untuk para tokoh yang diundang Rakerwil LHKP antara lain Prof Zainuddin Maliki dari FPAN DPR RI, anggota Komisi IX DPR RI, Edy Wuryanto, Ketua PWM Jateng Dr Tafsir dan Dr Ridho Al Hamdi.

4. Ada sesi brainstorming buat para caleg

Ramaikan Pemilu 2024, 350 Caleg Jateng Dapat Pengawalan dari MuhammadiyahLogo Muhammadiyah. (muhammadiyah.or.id)

Masing-masing caleg, katanya akan diajak bersilaturahmi sekaligus bertukar pikiran saat sesi kedua rakerwil LHKP di hari Sabtu. 

"Acara kali ini juga bisa menjadi ajang slaturahmi. Caleg akan diundang sehabis Isya untuk dilakukan brainstorming pada sesi kedua. Bertemu dengan para caleg yang sudah jadi," tuturnya. 

Di samping itu, gelaran rakerwil LHKP juga dijadikan kegiatan mengonsolidasikan organisasi dalam merespon isu politik kebangsaan yang muncul menjelang Pemilu 2024. 

Baca Juga: Kekuatan Sistem Kemandirian Membuat Muhammadiyah Tidak Menjadi Benalu

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya