Relawan Anies Berhasil Tembus Basis PDIP Jateng, Kini Sudah Ada di TPS

Apakah Anies bisa meraih kemenangan di Jateng?

Semarang, IDN Times - Di tengah menghangatnya situasi politik menjelang kontestasi Pilpres, sejumlah relawan yang tergabung dalam Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies) telah menembus basis massa PDIP di Jawa Tengah.

Anggota Relawan Anies mengklaim kabupaten/kota yang dikenal sebagai kandang banteng, saat ini bisa dimasuki dengan mudah.

Baca Juga: Ratusan Pensiunan TNI-Polri Gabung Jadi Relawan Anies Baswedan

1. Relawan Anies sudah merangsek masuk Semarang

Relawan Anies Berhasil Tembus Basis PDIP Jateng, Kini Sudah Ada di TPSIlustrasi Kota Semarang (IDN Times/Anggun Puspita)

Ketua Relawan Anies Jawa Tengah, Joko Purnomo mengatakan, beberapa daerah saat ini bisa ditembus pihaknya untuk memperkuat konsolidasi pemenangan untuk bacapres Anies Baswedan. 

Salah satu daerah yang dimaksud ialah Kota Semarang. 

"Dari update terakhir hasil rakerwil tanggal 27 Juli kemarin, nyatanya ada perkembangan yang sangat signifikan. Daerah yang tadinya sulit dimasuki informasi, sekarang justru bisa menerima dengan baik. Contohnya yaitu Kota Semarang, yang awalnya sulit ditembus tetapi untuk area pinggiran kota seperti Mijen, ketika kita datang kesana, membawa misi pencapresan Mas Anies, banyak orang kampung bisa memahami, mereka malah datang semua," ujar Joko saat dikonfirmasi IDN Times, Rabu (16/8/2023). 

2. Klaim kalangan mahasiswa antusias

Relawan Anies Berhasil Tembus Basis PDIP Jateng, Kini Sudah Ada di TPSSebuah bus bergambar wajah Anies Baswedan nangkring di depan Markas Relawan Anies Jateng Jalan Teuku Umar, Jatingaleh, Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Perkembangan lainnya juga muncul pada kalangan akademisi. Joko menuturkan kalangan mahasiswa yang kerap dianggap sebagai segmen yang apatis, tapi ternyata ketika relawan Anies menggelar diskusi kecil-kecilan, antusiasme mereka juga cukup tinggi. 

Ia menegaskan hampir saban bulan anggota Relawan Anies dari masing-masing kabupaten/kota telah merangsek ke desa-desa dan kelurahan. Bahkan, banyak Relawan Anies yang sudah memperkuat konsolidasi di tingkat TPS. 

"Kami belakangan ini memang telah memasuki segala sendi kehidupan masyarakat Jawa Tengah. Karena kita tahu bahwa Jawa Tengah adalah rumah besar politik nasional. Maka semua lini kita datangi. Tidak peduli dari kelompok manapun. Kita tiap bulan sudah ada di desa dan kelurahan. Masing-masing juga perkuat basis di tingkat TPS. Hasil survei internal kita, banyak orang tidak dapat informasi dari Anies. Lalu ketika kita masuk ke wilayah mereka, kemudian mereka yakin akan memberi pilihannya ke Pak Anies," ujar Joko. 

3. Acara Anies Baswedan di Magelang dihadiri 4.000 orang

Relawan Anies Berhasil Tembus Basis PDIP Jateng, Kini Sudah Ada di TPSGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berolah raga saat menjalani isolasi di rumah dinasnya di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2020) (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Tak cuma itu saja, keberadaan Anies Baswedan yang beberapa hari terakhir keliling Jawa Tengah juga mendapat sambutan yang luar biasa. 

Ketika dilakukan cek ombak di tiga kabupaten/kota, pihaknya memperoleh fakta kalau banyak warga menyambut Anies dengan nuansa harapan yang baru. 

Ia mencontohkan kedatangan Anies dalam acara di Magelang juga dihadiri ribuan warga dan banyak millennial.

"Meski waktunya mendadak tapi teman-teman Millennial yang datang 4.000 lebih," akunya. 

4. Relawan Anies masih cek ombak

Relawan Anies Berhasil Tembus Basis PDIP Jateng, Kini Sudah Ada di TPSRelawan Aman mengajak ratusan petani di Jawa Tengah mendeklarasikan Anies jadi Capres 2024 (IDN Times/Istimewa)

Selain itu, saat Anies Baswedan datang di acara konser yang digelar PKS Salatiga, tiketnya terjual habis. Menurutnya dengan melakukan penetrasi tiap daerah maka bisa melihat bagaimana besarnya dukungan masyarakat untuk proses pencapresan Anies Baswedan di Pilpres 2024.

"Emang kita sasar dan cek bagaimana antusiasme Millennial. Terus kita tutup di Brebes, ada kurang lebih 5.000 orang warga sekitar. Ada 1.200 orang yang datang. Mayoritas dari kampus," tuturnya. 

Baca Juga: Anies Bakal Imbangi Ganjar Pranowo di Jateng, Ini Taktik Para Relawan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya