Anies Bakal Imbangi Ganjar Pranowo di Jateng, Ini Taktik Para Relawan

Anies Baswedan akan curi kemenangan di kandang banteng

Semarang, IDN Times - Sejumlah relawan yang tergabung dalam Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies) optimistis bakal calon presiden (bacapres) yang diusung Koalisi Perubahan, Anies Rasyid Baswedan bisa mengimbangi perolehan suara bacapres yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo di Jawa Tengah. Pasalnya, kini terdapat 440 ribu relawan yang bergerak ke tingkat RT dan desa-desa untuk memperkuat basis massa guna memaksimalkan strategi kampanye untuk Anies Baswedan. 

Baca Juga: Namanya Tak Pernah Disebut Capres oleh Jokowi, Anies: Penentunya Rakyat

1. Relawan Anies merangsek ke RT RW

Anies Bakal Imbangi Ganjar Pranowo di Jateng, Ini Taktik Para RelawanDewan Pembina Relawan Anies, Awalil Rizky memberi pernyataan bersama tim relawan di Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Dewan Pembina Relawan Anies, Awalil Rizky menyebutkan di bulan ini ditargetkan satu rumah warga desa akan diubah menjadi tempat pemenangan bagi Anies Baswedan. 

"Di waktu bulan Mei 2023 ini sampai Juni dan Juli 2023 kita masuk ke kelurahan dan desa-desa. Dan beberapa sudah sampai ke RT RW, hampir seluruh desa sudah ada pengurus kita. Dan sedikitnya ada satu rumah warga yang dijadikan rumah konsolidasi Relawan Anies," kata Awalil ketika mengadakan syukuran di markas Relawan Anies Jateng, Jalan Teuku Umar Semarang belum lama ini. 

2. Anies berpeluang curi kemenangan di Jateng

Anies Bakal Imbangi Ganjar Pranowo di Jateng, Ini Taktik Para RelawanDewan Pembina Relawan Anies, Awalil Rizky bersama pengurus Relawan Anies Jateng seremoni memberikan tumpeng. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Di setiap rumah Relawan Anies, katanya telah digerakan elemen masyarakat untuk rutin berkonsolidasi saban Selasa malam. Ia memastikan kerja mesin politik terus digenjot untuk melakukan penetrasi di Jawa Tengah yang kerap diidentikkan dengan kandang banteng. 

Dengan adanya pergerakan relawan yang merangsek ke basis massa Jawa Tengah, maka diyakini Anies Baswedan mampu membuat kejutan saat Pilpres tahun depan. 

"Kami inginkan Jateng bisa imbangi calon lain. Mungkin kami akan curi kemenangan. Yang selama ini kesannya calon seperti Pak Anies berdasarkan survei-survei ada yang naruh 9 persen, 10 persen. Nah, kami akan kerja keras, bukan saja mengimbangi tapi kami juga akan bikin kejutan," terangnya.

3. Gak terpengaruh hasil survei

Anies Bakal Imbangi Ganjar Pranowo di Jateng, Ini Taktik Para RelawanRelawan Anies saat syukuran di rumah pemenangan Anies di Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Pihaknya juga tak khawatir sedikitpun dengan banyaknya lembaga survei yang memasang Anies Baswedan sebagai calon dengan perolehan survei paling buncit di nomor tiga. Ia memperkirakan hasil survei yang muncul masih terdapat margon error yang besar. 

"Kita percaya saja survei bisa dipertanggungjawabkan ada sampelnya ada metodenya. Semua survei Mas Anies ditaruh nomor tiga tapi masih ada margin error. Kalau kita perhatikan, semua survei ingin mengatakan imbang. Kita juga ada survei yang tidak dipublikasikan. Kalau urutan balapan grand prix, kami ada persis di belakangnya. Jadi, tidak ada masalah dengan hasil survei yang ada. Maka effort relawan tambah kuat," tegasnya.

4. Yakin bisa mendulang suara untuk Anies Baswedan 44 persen

Anies Bakal Imbangi Ganjar Pranowo di Jateng, Ini Taktik Para RelawanRelawan Amanat Indonesia (Anies) deklarasi dukung Anies Baswedan capres 2024 (IDN Times/Istimewa)

Seperti diketahui, Anies Baswedan sendiri dalam berbagai hasil survei menempati peringkat ketiga dibawah Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. 

Kendati demikian, Awalil menyatakan dengan mengacu pada perolehan suara Sudirman Said saat maju Pilgub 2018, maka Anies Baswedan berpotensi merebut suara 44 di Jawa Tengah. 

"Berdasarkan hitungan kita mengacu kasusnya Pak Sudirman Said kemarin kan dapatnya 44 persen ya. Maka dengan efforts ini kita bisa fiffty-fiffty lah. Bisa dipegang itu. Yang jelas jumlah partainya (koalisi) akan bertambah. Saya kira rakyat Indonesia harus sabar. Belum tentu ada koalisi besar lawan Anies, belum tentu tiga calon. Bisa saja dua calon saja. Yang koalisi besar masuknya ke Anies," pungkasnya. 

Baca Juga: Gibran Sebut Relawan Jokowi Tak Akan Beri Dukungan Anies Baswedan 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya