Relawan Anies Sebut Jawa Tengah Jadi Medan Terberat Pilpres 2024

Relawan Anies gaspol menangkan bursa Pilpres 2024

Semarang, IDN Times - Sejumlah relawan yang tergabung dalam Aliansi Relawan Nasional Indonesia Sejahtera (Anies) menyatakan bakal memaksimalkan pengerahan massa untuk mendukung Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 mendatang. Wilayah Jawa Tengah akan menjadi fokus pemenangan karena memiliki populasi penduduk yang sangat besar. 

1. Para relawan Anies dapat bantuan 4 bus

Relawan Anies Sebut Jawa Tengah Jadi Medan Terberat Pilpres 2024Pengurus pusat relawan Anies Baswedan mendeklarasikan dukungannya kepada Anies yang maju di Pilpres 2024. (IDN Times/bt)

Koordinator Relawan Anies Jawa Tengah, Joko Purnomo mengungkapkan, saat ini pihaknya telah mendapatkan tambahan kekuatan berupa bantuan empat bus untuk difungsikan sebagai penopang mobilisasi massa pendukung Anies Baswedan. 

"Kita juga melihat Jawa Tengah punya jumlah penduduk yang besar bahkan terbesar ketiga di Indonesia. Wilayahnya juga luas dengan 36 kabupaten/kota, tentunya juga menjadi medan terberat saat Pilpres 2024. Makanya dengan pemberian bantuan empat bus, gerakan yang kita bisa bekerja secara optimal," kata Joko saat dikonfirmasi IDN Times di sela-sela peresmian bantuan bus di markas Relawan Anies Jateng, Jalan Teuku Umar Jatingaleh, Semarang, Kamis (20/10/2022). 

Baca Juga: Relawan dan Pemuda Pancasila Jateng Siapkan Strategi Pemenangan bagi Anies Baswedan

2. Pencapresan Anies Baswedan jadi momentum tahun 2022

Relawan Anies Sebut Jawa Tengah Jadi Medan Terberat Pilpres 2024IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Joko mengaku, tak mau ambil pusing dengan anggapan banyak pihak yang menyebut deklarasi pencapresan Anies Baswedan terlalu cepat. 

Justru, menurutnya tahun ini menjadi momentum yang tepat untuk mulai bergerak ke desa-desa, masing-masing kabupaten/kota guna memperkenalkan figur Anies Baswedan kepada masyarakat luas.

3. Waktunya warga pilih capres tidak melihat dari sisi emosional

Relawan Anies Sebut Jawa Tengah Jadi Medan Terberat Pilpres 2024IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Menurutnya pihak-pihak yang menganggap pencapresan Anies terlalu dini justru tidak paham dengan tahapan kontestasi Pemilu.

Dengan jadwal pemilihan presiden yang tinggal setahun, katanya seharusnya inilah waktunya untuk memulai proses deklarasi sekaligus menetapkan figur capres yang disodorkan saat Pilpres 2024 nanti.

"Tidak banyak orang tahu padahal tnggal 14 Juni itu tahapan Pemilu sudah dimulai. Sehingga masyarakat harus diberi kesempatan seluas-luasnya agar dapat mengenal setiap kandidat. Kita dorong terus masyarakat, kita kenalkan terus siapa pun calonnya. Yang kesempatan ini kita mengusung Mas Anies Baswedan. Sehingga kita perkenalkan Mas Anies dengan harapannya ketika hari H, pemilih Jawa Tengah memilih berdasarkan prestasi dan kualitas bukan dari sisi emosionalnya," ungkapnya.

4. Relawan Anies bergerak lebih awal ketimbang elite partai

Relawan Anies Sebut Jawa Tengah Jadi Medan Terberat Pilpres 2024Puluhan sukarelawan Anies Bawswadan for Presiden 2024 di Banten mendeklarasikan Jaringan Warga Relawan Anies (Jawara) Banten di Rumah Dunia Kota Serang, Minggu (26/12/2021). ANTARA/Mulyana

Sedangkan, Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Relawan Anies, Awalil Rizky mengatakan, dengan deklarasi pencapresan Anies Baswedan saat ini tidak melanggar secara perundang-undangan. 

Apalagi Anies Baswedan merupakan figur yang dikenal masyarakat dan sosok dan prestasinya akan disebarluaskan lagi. 

"Kita sudah ada di 26 provinsi dan sekitar 350 kabupaten/kota. Hari ini kita bertepatan dengan ulang tahun relawan yang pertama. Ya harapan kita pemilu tahun ini lebih baik, maka calon pemilih diedukasi mencari tahu figur seperti Mas Anies supaya masyarakat semakin cerdas. Karena itu kami bergerak lebih awal sebelum kegiatan partai. Sekarang kan sudah ada satu partai yang mencalonkan beliau, mudah-mudahan ada partai lain yang bergabung," paparnya. 

5. Deklarasi relawan Anies ditarget bisa sentuh 35 wilayah Jateng

Relawan Anies Sebut Jawa Tengah Jadi Medan Terberat Pilpres 2024Anies Baswedan (Dok Pemprov DKI)

Untuk bus relawan Anies nantinya bisa dimanfaatkan untuk membantu warga Jateng yang membutuhkan akomodasi untuk acara hajatan, pengajian, ziarah ke makam, sowan ke tempat kiai dan kegiatan lainnya.

"Kita targetkan 35 kabupaten/kota relawan yang akan dideklarasikan," terangnya. 

Baca Juga: PKS Usulkan Ahmad Heryawan Jadi Cawapres 2024 Dampingi Anies Bawedan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya