Relawan dan Pemuda Pancasila Jateng Siapkan Strategi Pemenangan bagi Anies Baswedan

Janji gak gunakan politik identitas

Semarang, IDN Times - Sejumlah relawan bersama ormas yang ada di Jawa Tengah dipastikan telah memantapkan dukungannya bagi Anies Baswedan. Dukungan tersebut merupakan tindak lanjut setelah Anies Baswedan resmi diumumkan sebagai bakal calon presiden 2024 oleh Partai NasDem. 

1. Pemuda Pancasila siap back-up dukungan bagi Anies Baswedan

Relawan dan Pemuda Pancasila Jateng Siapkan Strategi Pemenangan bagi Anies BaswedanKetu Pemuda Pancasila Jateng Bambang Eko Purnomo saat berada di markasnya. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Ketua Pemuda Pancasila Jawa Tengah, Bambang Eko Purnomo menegaskan akan mengikuti Arahan Ketum PP Japto Soerjosoemarno yang mewajibkan seluruh pengurus dan kader di masing-masing daerah untuk mendukung pencalonan Anies Baswedan di bursa Pilpres 2024.

"Jadi ini kan ketua dimintai restu kepada anggotanya yang sudah ber-KTA. Maka kita wajib hukumnya untuk memback-up dan membantu. Apalagi kan baru Mas Anies sebagai anggota yang maju dalam kontestasi Pilpres. Kita akan sepenuhnya membantu," kata Bambang, Rabu ( 5/10/2022). 

Baca Juga: Pilpres Masih Setahun, Anies Baswedan Sudah Didukung Warga Semarang

2. Pengurus Pemuda Pancasila patuhi arahan Ketum PP

Relawan dan Pemuda Pancasila Jateng Siapkan Strategi Pemenangan bagi Anies Baswedanilustrasi pemuda pancasila (IDN Times/Dicky)

Untuk mematangkan strategi pemenangan bagi Anies Baswedan, pandangannya dalam waktu dekat akan membahas dalam acara Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Pemuda Pancasila Jawa Tengah. 

"Dalam waktu dekat kita ada Rakerwil. Mungkin salah satunya membahas hal itu. Karena kita organisasi satu komando. Jadi kita wajib nyengkuyung. Pemuda Pancasila kan punya jutaan anggota seluruh Indonesia. Kalau pimpinan perintahkan maka apapun itu kita akan mematuhinya," tegasnya. 

3. Tunggu kepastian pendaftaran capres dari KPU RI

Relawan dan Pemuda Pancasila Jateng Siapkan Strategi Pemenangan bagi Anies BaswedanIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Lebih lanjut, ia mengaku masih akan melihat siapa saja figur lain yang akan diresmikan sebagai capres 2024. Sebab sampai saat ini pendaftaran calon belum dibuka oleh KPU RI. 

Ia juga akan mencermati berapa banyak pasangan capres yang resmi mendaftar ke KPU. "Apakah satu pasang calon, dua pasang calon atau pasang calon, kita juga menunggu pengumuman resmi dari KPU. Yang pasti anggota kita solid di semua daerah," ujar Bambang. 

4. Relawan Anies Sowan ke DPW NasDem Jateng

Relawan dan Pemuda Pancasila Jateng Siapkan Strategi Pemenangan bagi Anies BaswedanKetua Relawan Anies Jateng, Joko Purnomo. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Terpisah, saat dikonfirmasi, Relawan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies) Jawa Tengah juga menyusun strategi pemenangan bagi Anies Baswedan. 

Joko Purnomo, Ketua DPD Relawan Anies Jateng mengaku sudah sowan ke pengurus DPW NasDem Jateng untuk meningkatkan komunikasi mengenai apa saja yang dibutuhkan untuk memenangkan Anies Baswedan dalam bursa Pilpres 2024.

"Kita sudah sowan ke pengurus NasDem. Kita sampaikan atas apa yang kita lakukan selama ini menghasilkan hasil. Kita sampaikan teman-teman relawan daerah untuk membangun kerjasama dengan parpol pengusung dan menyampaikan informasi seluas-luasnya mengenai visi misi Mas Anies Baswedan," jelasnya. 

5. Rumah relawan dijadikan pusat data mengenai Anies Baswedan

Relawan dan Pemuda Pancasila Jateng Siapkan Strategi Pemenangan bagi Anies BaswedanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Ia menegaskan sesuai arahan Surya Paloh sebagai Ketum NasDem, para relawan ditargetkan memenangkan Anies Baswedan agar dapat memimpin bangsa Indonesia dengan bermartabat. 

Bagi relawan di setiap kabupaten/kota sampai kecamatan juga diarahkan untuk bekerja keras mulai saat ini dengan memakai rumahnya sebagai pusat data dan informasi untuk menyosialisasikan profil Anies Baswedan kepada masyarakat. 

"Agar masyarakat dapat mengakses cukup luas. Karena tahapan pemilu 2024 proses kampanye 75 hari. Parpol peserta pemilu yang ditetapkan 14 Desember 2022 maka hanya ada waktu 11 bulan Desember 2022, tidak ada aktivitas apapun sebagai peserta pemilu. Sehingga semua relawan harus bekerja keras menyampaikan informasi mengenai calon kepada masyarakat luas," ucapnya. 

 

6. Janji tidak lakukan black campaign dan politik identitas

Relawan dan Pemuda Pancasila Jateng Siapkan Strategi Pemenangan bagi Anies BaswedanIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Di Jawa Tengah, katanya relawan Anies tidak akan memainkan politik identitas untuk memenangkan perolehan suara. Joko sudah diwanti-wanti agar mengikuti Arahan Anies Baswedan agar dapat mengobarkan semangat semangat dan semangat persatuan. 

"Cara penyampaian kita secara bermartabat, jangan menjelekkan dan jangan menghujat calon lain. Dengan cara itulah kita juga tidak melakukan black campaign. Kita fokus menyebarluaskan informasi mengenai Mas Anies. Kita ada medsos yang dikembangkan. Tadi malam sudah diaktifkan. Kita jawab informasi hoaks dengan sikap yang santun," bebernya. 

Baca Juga: NasDem Beri Otoritas ke Anies Baswedan Pilih Cawapres 2024

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya