Sah! Jumlah Caleg DPRD Provinsi Jateng yang Lolos DCT Tembus 1.473 Orang

KPU siapkan logistik Pemilu

Semarang, IDN Times - Sebanyak 1.473 calon legislatif (caleg) Provinsi Jawa Tengah dipastikan masuk dalam daftar calon tetap (DCT) untuk Pemilu 2024 mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah menyebutkan telah menetapkan jumlah DCT pada 3 November kemarin. 

Baca Juga: PKB Jateng Pakai Politik Identitas untuk Sumbang Suara Separuh Buat Anies Baswedan

1. Ada 1.473 caleg berebut 120 kursi

Sah! Jumlah Caleg DPRD Provinsi Jateng yang Lolos DCT Tembus 1.473 OrangIlustrasi surat rekapitulasi suara pemilih di Pemilu. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Menurut Ketua KPU Jateng, Handi Tri Ujiono, ada 1.473 caleg yang nantinya memperbutkan 120 kursi untuk perwakilan DPRD Jateng. 

"Kami sudah siapkan tahapan kampanye tanggal 28 November. Setelah ini sampai 27 November dilarang berkampanye. Yang boleh hanya melakukan sosialisasi kepesertaan Pemilu 2024," kata Handi, Senin (6/11/2023). 

2. Keterwakilan caleg perempuan 38,29 persen

Sah! Jumlah Caleg DPRD Provinsi Jateng yang Lolos DCT Tembus 1.473 OrangKetua KPU Jateng Paulus Widiyantoro menerima berkas pendaftaran bacaleg dari PAN Jateng. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Lebih lanjut, Handi menguraikan pengumuman DCT Pemilu 2024 juga dilakukan serentak di tingkat kabupaten/kota.

Dirinya mengatakan dari total ribuan caleg tersebut, terdapat 909 caleg laki-laki serta 564 caleg perempuan. Di Jawa Tengah, katanya tingkat keterwakilan caleg perempuan sekitar 38,29 persen. 

3. KPU mulai siapkan logistik Pemilu

Sah! Jumlah Caleg DPRD Provinsi Jateng yang Lolos DCT Tembus 1.473 OrangIlustrasi kotak suara (IDN Times/Rehan)

KPU Jateng, katanya telah mencatat ribuan caleg yang lolos DCT tersebar di 18 parpol dan nantinya bertarung memperebutkan suara 13 dapil. 

Setelah pengumuman DCT, Handi akan menyiapkan segala sarana dan prasarana terkait pengiriman logistik Pemilu di tiap daerah. Logistik yang akan dikirim yaitu kotak suara, surat suara, formulir dan alat pencoblosan. 

"Kita akan mempersiapkan logistik Pemilu, logistik utama berupa surat suara maupun formulir untuk mengadministrasikan proses pemungutan dan perhitungan suara serta rekapitupasi di tingkat TPS, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan tingkat nasional," ujar Handi. 

4. Sosialisasikan regulasi kampanye

Sah! Jumlah Caleg DPRD Provinsi Jateng yang Lolos DCT Tembus 1.473 OrangIDN Times/Galih Persiana

Selain itu, ia juga menyiapkan kebutuhan pada saat tahapan kampanye Pemilu 2024 yang dijadwalkan 28 November 2023. Termasuk sosialisasi tentang regulasi kampanye. 

"Sehingga kita menyiapkan segala hal terkait dengan regulasi kampanye, pemasangan alat peraga maupun kegiatan kampanye yang diatur dalam ketentuan KPU," tandasnya. 

Baca Juga: Ganjar Klaim Jateng Masih Kandang Banteng, Gibran Gak Pengaruhi PDIP!

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya