Sambut Waisak, Ini Deretan Baksos yang Diadakan Walubi, Ada Layanan Karang Gigi

Ganjar titipkan masalah stunting

Semarang, IDN Times - Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) mengadakan serangkaian bakti sosial kesehatan (baksoskes) untuk menyambut puncak perayaan Tri Suci Waisak 2567 yang jatuh pada 4 Juni 2023. 

Acara baksoskes diadakan Walubi di Taman Lumbini, Kompleks Candi Borobudur, Selasa (30/5/2023) hingga Rabu (31/5/2023).

1. Walubi ingin 8.000 warga bisa dilayani

Sambut Waisak, Ini Deretan Baksos yang Diadakan Walubi, Ada Layanan Karang GigiGubernur Jateng Ganjar Pranowo saat berbicara dalam acara baksoskes yang diadakan Walubi di kawasan Candi Borobudur. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Karuna Murdaya, yang mewakili Ketua Umum DPP Walubi menuturkan, acara Baksoskes tahun ini melibatkan 200 dokter, 400 tenaga kesehatan, dan 250 relawan.

Pihaknya mematok target mampu melayani 8.000 warga sekitar Candi Borobudur dan Jawa Tengah pada umumnya.

Adapun serangkaian acaranya dihadiri Ketua Umum Walubi Siti Hartati Murdaya, Dirjen Bimas Buddha Kemenag Supriyadi, Perwakilan Kapolda Jateng, Kasdam IV Diponegoro, Bupati Magelang Zaenal Arifin serta Ketua DPW PKB Jateng, Gus Yusuf Chudlori. 

Baca Juga: Warga Ikut Berdana saat 32 Biksu Thudong Istirahat di Vihara Buddha Jayanti

2. Ganjar lihat antusiasme tinggi pada layanan karang gigi dan gigi bolong

Sambut Waisak, Ini Deretan Baksos yang Diadakan Walubi, Ada Layanan Karang GigiGubernur Jateng Ganjar Pranowo memberi sambutan saat acara baksoskes Walubi di Borobudur. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Saat menyambangi stan pengobatan, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan dirinya menemukan fakta menarik bahwa poli gigi menjadi yang paling diminati warga. 

Musababnya, selama pandemik masyarakat urung memeriksakan gigi karena takut.

"Hari ini antusiasmenya bagus mulai tadi bersihin karang, gigi bolong. Nah, mudah-mudahan mereka juga akan teredukasi bagaimana cara merawat kesehatan masing-masing. Terima kasih lah, cara bergotongroyong ini menjadi satu nilai yang terus kita kembangkan dan partisipasi mereka luar biasa," kata Ganjar dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times. 

3. Baksoskes Walubi diharapkan bisa jangkau semua masyarakat

Sambut Waisak, Ini Deretan Baksos yang Diadakan Walubi, Ada Layanan Karang GigiGubernur Jateng Ganjar Pranowo menghadiri acara baksoskes Walubi di Taman Candi Borobudur. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Ganjar berharap, baksoskes Walubi bisa menjangkau masyarakat yang belum mendapat akses layanan kesehatan dengan mudah. 

4. Titipkan PR soal menekan angka kematian ibu dan stunting

Sambut Waisak, Ini Deretan Baksos yang Diadakan Walubi, Ada Layanan Karang GigiIlustrasi upaya pencegahan stunting. (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Ganjar juga tak lupa menitipkan beberapa pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan secara bersama-sama, termasuk dengan Walubi.

Di antaranya, masalah stunting, ibu hamil, menekan angka kematian ibu, angka kematian bayi dan kesadaran masyarakat untuk menerapkan gaya hidup bersih. 

“Ini menjadi perhatian kita semua. Nah kalau kemudian ada kesadaran masyarakat untuk hidup sehat, nah ini mereka diperiksa, tentu luar biasa,” ujarnya.

Untuk agenda berikutnya tanggal 2-3 Juni 2023 akan dilakukan pengambilan Api Abadi Mrapen di Purwodadi dan air suci di Umbul Jumprit, Temanggung. Hingga puncak perayaan di Candi Borobudur pada 4 Juni 2023 mendatang.

Baca Juga: Biksu Thudong Rasakan Suhu Udara 43 Derajat saat Lewati Thailand dan Malaysia

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya