Satgas Yonif 405 Dikerahkan ke Papua, Kodam Diponegoro: Amankan Obyek Vital

Kasdam Diponegoro periksa perlengkapan prajuritYonif 405/SK

Semarang, IDN Times - Sejumlah prajurit Satgas Yonif 405 Surya Kusuma diminta untuk mengamankan obyek-obyek vital nasional terutama yang berada di PT Freeport Indonesia. 

1. Kasdam Diponegoro cek kemampuan prajurit Yonif 405/SK

Satgas Yonif 405 Dikerahkan ke Papua, Kodam Diponegoro: Amankan Obyek VitalKasdam Diponegoro Brigjen Parwito memberikan arahan langsung kepada prajurit Yonif 405/SK. (Dok Humas Kodam Diponegoro Semarang)

Secara khusus, Kasdam IV Diponegoro Brigjen TNI Parwito memantau langsung kegiatan persiapan pemberangkatan prajurit di Mako Yonif 405/Surya Kusuma Banyumas, Kamis (7/4/2022).

"Hari ini, kita melaksanakan pemeriksaan kesiapan operasi yang bertujuan mengetahui sejauh mana kemampuan satuan Yonif 405/SK untuk melaksanakan tugas operasi, mulai tingkat perorangan, regu sampai tingkat Batalyon," ujar Parwito dalam keterangan resminya. 

Baca Juga: Awas! Anggota Polisi di Jateng yang Ribut sama TNI Bakal Ditindak

2. Pengamanan obyek vital menjadi tanggung jawab TNI

Satgas Yonif 405 Dikerahkan ke Papua, Kodam Diponegoro: Amankan Obyek Vital

Ia mengatakan, setiap prajurit perlu menggelar latihan satuan untuk menunjang pelaksanaan tugas, memahami sekaligus menguasai wilayah operasi. Menurutnya, dengan cara tersebut maka bisa mendeteksi kemungkinan terjadinya ancaman dan menjaga soliditas antar satuan. 

Brigjen Parwito menekankan upaya pengamanan obyek vital nasional telah bersifat strategis sehingga menjadi tanggung jawab aparat TNI AD dalam program Operasi Militer Selain Perang (OMSP) sesuai yang tercantum dalam UU RI Nomor 34 Tahun 2004.

3. Prajurit Yonif 405 diminta jaga amunisi dan bahan peledak

Satgas Yonif 405 Dikerahkan ke Papua, Kodam Diponegoro: Amankan Obyek VitalIlustrasi TNI. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Untuk menjaga persenjataan, amunisi dan bahan peledak, ia menyarankan kepada prajurit Yonif 405 agar dilakukan inventarisasi secara periodik, dengan mengacu kepada tertib administrasi. 

Ia juga mengimbau kepada setiap prajuritnya untuk selalu mendekatkan diri kepada Tuhan YME, senantiasa menjaga kesehatan, melaksanakan komando dan pengendalian diri secara optimal. 

"Jadi setiap saat satuan siap digerakkan, tentunya dengan berpedoman pada hasil latihan sebagai bekal di daerah operasi," jelasnya. 

Adapun, rangkaian kesiapan yang telah dilaksanakan merupakan bekal yang akan dibawa ke daerah penugasan. Dengan harapan dalam mengemban tugas sebagai satgas operasi pengamanan wilayah objek vital dapat dilaksanakan penuh tanggung jawab.

"Manfaatkan waktu yang ada untuk konsolidasi sekaligus persiapan semaksimal mungkin di homebase," pungkasnya. 

Baca Juga: Puncak Mudik Bakal Terjadi H-3 Lebaran, Ini 5 Titik Kemacetan di Jateng

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya