Satu ABK yang Hilang di Perairan Pantai Sodong Cilacap Ditemukan Tim SAR

Satu ABK lagi masih dicari oleh SAR gabungan

Cilacap, IDN Times - Salah satu awak kapal (ABK) yang hilang di perairan Pantai Sodong, Kabupaten Cilacap berhasil ditemukan tim SAR gabungan. Menurut keterangan dari Basarnas Cilacap, ABK yang ditemukan tersebut bernama Juweni.

1. ABK ditemukan mengambang di perairan Pantai Sodong

Satu ABK yang Hilang di Perairan Pantai Sodong Cilacap Ditemukan Tim SARTim Basarnas Cilacap mengangkut kantong mayat berisi jenazaj Juweni ke RSUD Cilacap. (Dok Humas Basarnas Cilacap)

Kepala Basarnas Cilacap, I Nyoman Sidakarya mengatakan, Juweni ditemukan pada Minggu (16/1/2022) jam 16.05 WIB. Ia mengaku, semula personelnya mengira benda yang mengambang di perairan Pantai Sodong merupakan benda biasa. Namun, ketika didekati rupanya penampakannya seperti tubuh manusia.

"Korban ditemukan saat kita sedang melakukan penyisiran dengan menggunakan perahu karet. Di lokasi kejadian, kita melihat sesosok benda sedang mengambang. Setelah kita dekati itu korban yang kita cari. Langsung kita evakuasi ke daratan dan dibawa ke RSUD Cilacap," ujar Nyoman, Senin (17/1/2022).

Baca Juga: Tercebur ke Laut saat Menjala Ikan, 2 ABK Hilang di Pantai Sodong Cilacap

2. Tim SAR cari satu ABK lagi

Satu ABK yang Hilang di Perairan Pantai Sodong Cilacap Ditemukan Tim SARPencarian ABK di Pantai Sodong. (Dok Humas Basarnas Cilacap)

Nyoman berkata penemuan jenazah Juweni berada ke arah Selatan dengan jarak sekitar 2 kilometer dari lokasi kejadian. Juweni merupakan warga Kelurahan Kebon Baru Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap.

"Dan kita masih melanjutkan pencarian korban atas nama Toni, warga Keluarahan Tegal Kamulyan Kecamatan Cilacap Selatan," ujarnya.

3. Puluhan personel SAR dan nelayan ikut mencari keberadaan ABK yang hilang

Satu ABK yang Hilang di Perairan Pantai Sodong Cilacap Ditemukan Tim SARBasarnas Cilacap dan unsure gabungan masih mencari mahasiswi yang tenggelam di Pantai Logending. Dok Basarnas Cilacap

Humas Basarnas Cilacap, Syaiful Anwar memastikan, proses pencarian pada Senin (17/1/2022) dilakukan dengan menerjunkan sejumlah personel ke sekitar perairan Pantai Sodong. 

"Proses pencarian difokuskan sejauh 6 NM dari lokasi hilangnya ABK Kapal Kamulyan. Pagi ini kita menelusuri keberadaan satu ABK atas nama Toni," ungkapnya.

Pencarian dengan mengerahkan sekitar 70 personel SAR Gabungan dan dua Rubber Boat, satu RIB Basarnas dan dibantu para nelayan setempat. Unsur yang terlibat di antaranya Basarnas, Polairud Cilacap, Polsek Adipala, Koramil Adipala, Cilacap Rescue, Bagana, SAR Sodong, TPKL, SAR MTA, Lintas Ambulance Indonesia, Rapi, Relawan Elang Putih, MDMC, Siaga Peduli.

"Ombak perairan Pantai Sodong sekitar 2 meter. Untuk Siang nanti ombaknya diprediksi naik 3 meter. Semoga dengan pencarian ini korban secepatnya ditemukan agar dapat dimakamkan oleh keluarganya," tandasnya.

Baca Juga: Cek 3 Lapas di Nusakambangan Cilacap, Menkumham: Negara Tidak Mampu!

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya