Comscore Tracker

Semarang Tuan Rumah Healthy City Summit, Ganjar Sentil Kematian Ibu Hamil

Ganjar Pranowo minta kematian ibu hamil dapat dicegah

Semarang, IDN Times - Kota Semarang secara resmi menjadi penyelenggara ajang Konferensi Kota Sehat atau Healthy City Summit di tahun 2022.

Pelaksanaan Healthy City Summit tersebut dibuka langsung oleh Wakil Presiden, Ma'ruf Amin secara virtual, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo serta dihadiri sejumlah perwakilan kabupaten/kota seluruh Indonesia. 

1. Ganjar minta kesadaran kesehatan harus muncul secara bottom up

Semarang Tuan Rumah Healthy City Summit, Ganjar Sentil Kematian Ibu HamilWali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat membuka acara Healthy City Summit 2022 di Patra Jasa Semarang. (IDN Times/Dok Pemprov Jateng)

Ganjar mengatakan, adanya ajang Healthy City Summit setidaknya bisa membantu meringankan pekerjaan pemerintah dalam merumuskan kebijakan teknis di sektor kesehatan. 

"Karena membangun kesadaran kesehatan kita tidak lagi selalu top down perintahnya, ini muncul secara bottom up (bawah ke atas), dari ide para bupati wali kota yang menurut saya hebat-hebat. Ini meringankan beban kita, karena nanti pasca pandemik pasti ada kebijakan model baru dan data sains selama ini mesti dimunculkan. Dari hasil summit ini nanti kita harapkan punya sistem baru bagaimana pengendaliannya," kata Ganjar di Hotel Patra Jasa Semarang, Senin (28/3/2022).

Baca Juga: Minyak Goreng Langka, Ganjar Omong Soal Moral: Sebagai Gubernur Saya Malu

2. Ganjar perintahkan kabupaten/kota antisipasi kematian ibu hamil

Semarang Tuan Rumah Healthy City Summit, Ganjar Sentil Kematian Ibu HamilIlustrasi vaksinasi COVID-19 pada ibu hamil (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Selain itu, Ganjar menekankan bahwa saat ini masih ada angka kematian ibu hamil selama pandemik COVID-19. Menurutnya, ibu hamil yang meninggal selama ini terjangkit virus corona dengan varian Delta.

“Nah, kita coba antisipasi agar mereka, atau ibu-ibu yang hamil itu mendapat perhatian penuh. Ibunya sehat, anaknya lahir sehat dan kalau itu bisa disiapkan dari awal dengan data yang baik dan perhatian yang bagus,” bebernya. 

Ganjar berharap kesadaran masyarakat di bidang kesehatan semakin tumbuh, perhatian terhadap ibu hamil meningkat sampai perbaikan tata kelola sektor kesehatan di level kabupaten/kota.

3. Visi kota sehat butuh dukungan multi sektor

Semarang Tuan Rumah Healthy City Summit, Ganjar Sentil Kematian Ibu HamilWapres Ma'ruf Amin pimpin rapat penanggulangan miskin ekstrem di NTT (Dok. Setwapres)

Sementara itu, Wakil Presiden, Ma’ruf Amin menyampaikan selama masa pandemik sistem kesehatan diuji dengan beratnya beban penanganan pasien COVID-19. Maka komitmen dan peranan dari pemerintah daerah, menjadi makin strategis. Visi besar kota sehat, perlu dukungan multi sektor.

"Saya berharap ada satu gerakan bersama dapat dicapai di tingkat kabupaten kota secara mandiri dan berkesinambungan. Di sisi lain, kita mendapatkan pelajaran bagaimana sistem layanan kesehatan yang kuat dan responsif harus dibangun. Dan bagaimana berlaku hidup bersih sehat harus dibiasakan," ungkapnya. 

Baca Juga: Cara Hotel di Jateng saat Earth Hour, Kurangi Plastik hingga Wayangan

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya