Seorang Teknisi Terjepit Lift Gedung E Kantor Gubernur Jateng

Andre bisa diselamatkan dengan kondisi berlumuran darah

Semarang, IDN Times - Seorang teknisi mesin bernama Andre mengalami kecelakaan kerja di Gedung E yang letaknya di Kompleks Kantor Gubernur Jateng, Jalan Pahlawan Semarang. 

Tubuh Andre terjepit saat sedang memperbaiki lift yang rusak di lantai empat Gedung E pada Senin sore (8/5/2023) kisaran jam 15.12-16.15 WIB. 

"Korban sempat diberikan pertolongan pertama di lokasi kejadian. Tapi karena kondisi kesehatan korban semakin menurun, korban langsung dilarikan ke RS Kariadi menggunakan ambulance Pemprov," kata Koordinator Tim Rescue Pleton 4 Damkar Kota Semarang, Bayu Kusuma kepada IDN Times.

Baca Juga: Berjibaku Menyelamatkan Hewan dan Manusia Di Tengah Keterbatasan Sarpras

1. Andre awalnya berdiri dengan posisi satu kaki berada di dalam lift

Seorang Teknisi Terjepit Lift Gedung E Kantor Gubernur Jatengilustrasi lift (unsplash.com/Izhak Agency)

Semula Andre bersama rekannya bernama Harisa Rifai sedang mengerjakan perbaikan lift di lantai empat Gedung E. 

Posisi Rifai saat itu berada di dalam lift. Sedangkan Andre kebetulan berdiri di antara pintu lift dengan kondisi kaki kiri berada di luar dan kaki kanan masuk ke dalam lift. 

2. Lift mendadak bergerak naik sendiri

Seorang Teknisi Terjepit Lift Gedung E Kantor Gubernur JatengKondisi pintu lift lantai empat Gedung E di kompleks Kantor Gubernur Jateng tampak berceceran darah setelah Andre mengalami kecelakaan kerja pada Senin sore. (IDN Times/Dok Tim Rescue Damkar Kota Semarang)

Menurut Bayu, tak lama kemudian lift yang sedang diperbaiki mendadak bergerak diluar kendali. 

Tak disangka, lift yang bergerak naik ke atas langsung menjepit Andre yang sebagian tubuhnya berada di luar lift. Pihak pengelola Gedung E kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada tim Damkar Kota Semarang agar membantu evakuasi. 

3. Damkar evakuasi tubuh Andre yang terjepit lift

Seorang Teknisi Terjepit Lift Gedung E Kantor Gubernur JatengSeorang teknisi mesin bernama Andre terlihat berlumuran darah karena mengalami kecelakaan kerja saat memperbaiki lift di Gedung E kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan, Semarang. (IDN Times/Dok Tim Rescue Damkar Kota Semarang)

Oleh pengelola gedung, kegiatan perbaikan lift dialihkan kepada pihak yang lebih berwenang. 

Sementara tim Damkar mengerahkan sembilan personel untuk mengevakuasi Andre dari dalam lift. Evakuasi sempat terhambat lokasi penurunan korban dari lantai empat sampai ke parkiran tangga yang tempatnya curam.

Namun, evakuasi bisa dilakukan tim Damkar setelah dibantu beberapa orang lainnya menggunakan peralatan tandu dan alat yang memadai. "Evakuasi dari Damkar saja, pak. Total 9 personel pak," katanya. 

4. Andre mengalami luka parah

Seorang Teknisi Terjepit Lift Gedung E Kantor Gubernur Jatengilustrasi perawatan pasien di rumah sakit (247nursing.com.au)

Kondisi Andre mengalami luka parah. Bayu berkata Andre terluka pada bagian kepala sampai bagian perut. Lukanya yang parah karena ada sayatan dalam. Andre merupakan teknisi berumur 40 tahun yang tinggal di Perumahan Sinar Waluyo, Tembalang. 

"Untuk luka mengalami luka berat. Bagian kepala sampai di bagian perut luka sayatan dalam. Untuk tindak lanjut dibawa ambulans provinsi di RS Kariadi," ungkapnya. 

Baca Juga: Sampai Lepas Cincin Kesempitan di Jari, Damkar Semarang Bisa Segalanya

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya