Comscore Tracker

Tanggul Jebol di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Ada 3 Titik, Ganjar: Dipercepat Ya 

Ganjar akan audit bangunan di Tanjung Emas

Semarang, IDN Times - Tanggul yang jebol di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tersebar di tiga titik. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo setelah mengecek Kampung Tambaklorok Semarang menyebutkan seharusnya perbaikan tanggul bisa dikerjakan lebih cepat. 

1. Pekerja proyek lapor ke Ganjar ada tiga tanggul yang bocor

Tanggul Jebol di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Ada 3 Titik, Ganjar: Dipercepat Ya Foto udara tanggul di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang yang jebol dan menyebabkan banjir rob di kawasan tersebut pada Senin (23/5/2022). (dok. BPBD Kota Semarang)

Kepada Ganjar, sejumlah pekerja proyek menyebutkan saat ini masih menambal dua titik yang mengalami kebocoran. 

"Bocorannya ada tiga, yang sudah ditambal satu pak. Ini kita percepat terus untuk menambal dua titik yang lain," ujar Adek, seorang petugas berompi Kementerian PUPR, Rabu (25/5/2022). 

Baca Juga: 12 Potret Banjir Rob Kepung Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang Tenggelam

2. Ganjar Pranowo: Kerja bagus semoga segera tertangani

Tanggul Jebol di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Ada 3 Titik, Ganjar: Dipercepat Ya Kondisi tumpukan karung pasir yang dipakai untuk menutup tanggul yang jebol di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Sedangkan Ganjar Pranowo mengatakan dua hari banjir yang melanda Pelabuhan Tanjung Emas ternyata ditemukan tiga titik luberan. 

Sejak kemarin, ia mengaku penanganan sementara telah dilakukan. Untuk saat ini para petugas tengah berupaya menyelesaikan perbaikan tanggul yang jebol sepanjang 20 meter. 

"Ya sudah, kerja bagus semua. Semoga bisa segera tertangani. Temen-temen, ini (penanggulan sementara) dipercepat ya. Kalau bisa hari ini selesai. Makasih ya," kata Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar juga berkata sudah memantau ketinggian air laut sampai tadi malam sudah rendah.

“Jadi ternyata ditemukan satu tanggul lagi yang bocor. Kemarin kan kita nemu dua, satu sudah diselesaikan kemarin dua jam, saya terima kasih kawan-kawan bekerja sangat cepat," imbuhnya. 

3. Ganjar setuju untuk audit bangunan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Tanggul Jebol di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Ada 3 Titik, Ganjar: Dipercepat Ya Sejumlah pekerja pelabuhan saat mengerjakan penutupan tanggul yang jebol memakai karung pasir. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Ganjar bilang jika tiga titik tanggul bocor selesai ditangani, dirinya setuju dengan ide dari BBWS untuk mengaudit bangunan yang ada di sekitar pesisir laut. 

Ganjar akan memerintahkan untuk mengaudit seluruh bangunan-bangunan di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas. "Kalau itu nanti auditnya bagus aman ya jalan, kalau nggak ya segera kita perbaiki," ungkapnya. 

Seperti diketahui, Senin (23/5) terjadi banjir rob di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Naiknya air laut dan jebolnya sejumlah tanggul jadi memicu banjir di kawasan pelabuhan.

Baca Juga: Tanggul Jebol di Pelabuhan Tanjung Emas Ditutup dengan Karung Pasir 

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya