Tenggelam di Nusakambangan, Ini Spesifikasi KM Pengayoman Milik Kemenkumham

KM Pengayoman mengalami kebocoran dan overload

Cilacap, IDN Times - KM Pengayoman IV yang tenggelam di Laut Nusakambangan, Cilacap ternyata dibuat pada tahun 2012 silam atau baru berusia 9 tahun. Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari Basarnas Cilacap, KM Pengayoman merupakan kapal barang merek Cummins 6 GTA 8.3.

1. KM Pengayoman bisa angkut tonase 134 GT

Tenggelam di Nusakambangan, Ini Spesifikasi KM Pengayoman Milik KemenkumhamIlustrasi Kapal Feri (Kapal Penyeberangan) (IDN Times/Sukma Shakti)

Menurut I Nyoman Sidakarya, Kepala Basarnas Cilacap, KM Pengayoman memiliki ukuran 25.35 meter x 7 meter x 2.5 meter. 

KM Pengayoman juga dirancang bisa mengangkut tonase bersih 41 GT dan tonase kotor 134 GT dengan umlah glatak 1 dan berkekuatan dua mesin baling-baling. 

"Rute kapalnya dari Pelabuhan Wijayapura menuju Dermaga Sodong Nusakambangan," kata Nyoman dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Sabtu (18/9/2021).

Baca Juga: Overload Bocor, KM Pengayoman Tenggelam di Laut Nusakambangan, 2 Tewas

2. Tim SAR tuntaskan upaya evakuasi terhadap korban KM Pengayoman

Tenggelam di Nusakambangan, Ini Spesifikasi KM Pengayoman Milik KemenkumhamBasarnas Cilacap dan unsure gabungan masih mencari mahasiswi yang tenggelam di Pantai Logending. Dok Basarnas Cilacap

Pihaknya mengungkapkan regu penyelam telah menutup operasi pencarian dan memastikan tak ada lagi korban yang berada di dalam Perairan Nusakambangan.

"Upaya yang dilakukan, kita melakukan penyelaman dan penyisiran di lokasi kapal terbalik dan sudah tidak ada tanda-tanda korban yang masih di dalam kapal tersebut. Kita juga sudah menutup operasi pencarian," bebernya.

Lebih lanjut, dalam evakuasi KM Pengayoman, pihaknya mengerahkan kekuatan penuh. Termasuk mengoperasikan RIB alias perahu karet, Rubber Boat, KN 425, KLN 526, KAL Serayu, Tugboat, Kapal Survey, Kapal Rambu.

Tim gabungan yang dilibatkan yaitu Basarnas Cilacap, Lanal Cilacap, Kodim Cilacap, Polres Cilacap, Bpbd Cilacap, Kemenkumham, KSOP Cilacap, Disnav Cilacap, Possi Cilacap, Pelindo Cilacap, Rapi Cilacap, Act, Cilacap Rescue, Mdmc, PMI Cilacap, SAR MTA.

3. Lima korban dipastikan selamat dan dua meninggal dunia

Tenggelam di Nusakambangan, Ini Spesifikasi KM Pengayoman Milik KemenkumhamIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Pihaknya memastikan ada tujuh orang yang jadi korban tenggelamnya KM Pengayoman. Ada lima orang yang dipastikan berhasil diselamatkan. Sedangkan dua orang lainnya meninggal di RSUD Cilacap.

Korban selamat antara lain kapten kapal Subagyo Antoro, warga Desa Kuripan RT 02/RW 09 Kecamatan Kesugihan, Cilacap, PNS Lapas Batu Melda Subondo alamat kelurahan Mersi RT 04 RW 04 Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas selaku CPNS Lapas Batu, Diki desa Tumiyang RT 01 RW 03 kecamatan Kebasen kabupaten Banyumas, Suheris, supir truk alamat jalan damar RT  06 RW 09 Kelurahan Tritih Kulon Kecamatan Cilacap Utara kabupaten Cilacap, Yulianto selaku Teknisi Proyek.

Korban meninggal dunia bernama Wahyu Hidayat, warga Desa Karangreja RT 01 RW 03, Kecamatan Maos Cilacap yang berprofesi sebagai petugas Lapas Batu Nusakambangan dan Kardim seorang pekerja proyek warga Jalan Sengon Nomor 36 RT 02 RW 4 kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap.

Baca Juga: KM Pengayoman Tenggelam, Satu Petugas Lapas Ditemukan Meninggal

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya