Tersesat saat Cari Kayu Bakar, Toyibin Ditemukan di Curug Guci Brebes

Toyibin tersesat di hutan Gunung Singa

Brebes, IDN Times - Seorang remaja berusia 16 tahun bernama Toyibin diketahui tersesat saat mencari kayu bakar di area perkebunan milik Perhutani di Gunung Singa, Desa Ciputat, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes.

Toyibin yang hilang sejak Selasa kemarin jam 15.30 WIB berhasil ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi selamat di lokasi Curug Guci Alur Pagombongan pada hari ini. 

Baca Juga: 45 Kapal Hangus Terbakar di Cilacap, Kerugian Capai Rp130 Miliar

1. Toyibin ditemukan selamat di Curug Guci Alur Brebes

Tersesat saat Cari Kayu Bakar, Toyibin Ditemukan di Curug Guci Brebes

Adah Sudarsa, Kepala Basarnas Cilacap menyebutkan Toyibin ditemukan jam 12 siang tadi. Lokasi penemuannya sejauh satu kilometer dari titik hilangnya di area kebun Gunung Singa. 

"Pada pukul 12.00 tim SAR menemukan dan mengevakuasi korban. Jaraknya satu kilometer ke arah utara. Saat ini korban dipastikan kondisinya selamat," ungkapnya saat dikonfirmasi IDN Times, Rabu (24/8/2022).

2. Toyibin sempat dilaporkan hilang saat diajak mencari kayu bakar

Tersesat saat Cari Kayu Bakar, Toyibin Ditemukan di Curug Guci Brebesilustrasi kayu. (unsplash.com/Niklas Tidbury)

Untuk saat ini, Toyibin dibawa tim SAR ke Puskesmas Bentar Kecamatan Salem untuk diperiksa kesehatannya. Toyibin awalnya dilaporkan hilang oleh budhenya ketika diminta mencari kayu bakar di kebun Gunung Singa. 

Saat itu budhe korban melapor kepada personel Kodim Brebes. Tim SAR Cilacap yang turut mencari menyatakan Toyibin terakhir memakai kaos hitam rangkap baju hijau muda, celana pendek merah, memakai topi merah putih, sandal jepit cokelat dan membawa kantong.

3. Terakhir Toyibin pamit ambil serpihan pohon pinus

Tersesat saat Cari Kayu Bakar, Toyibin Ditemukan di Curug Guci Brebesilustrasi pohon pinus ( Pexels.com/Soumen Maity)

Jarak antara rumahnya dengan Gunung Singa sendiri sejauh 5 kilometer. Toyibin semula sedang mengambil kayu bakar tapi kemudian pamit untuk naik ke hutan pinus milik Perhutani untuk mencari serpihan pohon pinus.

Namun setelah ditunggu setengah jam, Toyibin tak kembali ke lokasi semula. Lantaran panik, budhe korban berteriak memanggil namanya akan tetapi tidak direspon. 

4. Toyibin ditemukan tanpa mengalami luka-luka

Tersesat saat Cari Kayu Bakar, Toyibin Ditemukan di Curug Guci BrebesTim Basarnas Cilacap mengangkut kantong mayat berisi jenazaj Juweni ke RSUD Cilacap. (Dok Humas Basarnas Cilacap)

Selanjutnya upaya pencarian dilakukan dari jam 19.00 sampai 02.00 malam dan hasilnya belum ditemukan. 

"Untuk saat ini korban sudah ditemukan tanpa luka apapun. Sehingga operasi SAR  dinyatakan selesai. Seluruh unsur SAR Gabungan dikembalikan kekesatuannya masing-masing," paparnya.

Baca Juga: Dramatis! Personel SAR Cilacap Evakuasi 2 Pekerja yang Tertimbun Dinding Sumur

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya