Tingkatkan Keselamatan, Lanumad TNI AD dan BMKG Ahmad Yani Perkuat Kerjasama

Data meteorologi penting untukn penerbangan

Semarang, IDN Times - Otoritas Lapangan Udara TNI AD (Lanumad) Ahmad Yani memilih meningkatkan kerjasama dengan Stasiun BMKG Meteorologi Ahmad Yani Semarang untuk mendeteksi perubahan cuaca. Penguatan kerjasama dilakukan oleh Komandan Pangkalan Udara Utama Angkatan Darat Ahmad Yani Puspenerbad Semarang, Kolonel Cpn Sundoro Agung Nugroho dengan meneken perjanjian resmi dengan Stasiun Meteorologi Ahmad Yani. 

1. Keselamatan di pangkalan udara militer prioritas utama

Tingkatkan Keselamatan, Lanumad TNI AD dan BMKG Ahmad Yani Perkuat KerjasamaKepala BMKG Meteorologi Ahmad Yani Sutikno saat meneken kerjasama dengan Komandan Lanumad TNI AD Semarang. (Dok. BMKG Meteorologi Ahmad Yani Semarang)

Kepala Stasiun BMKG Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang, Sutikno mengatakan, dirinya menitikberatkan kerjasama di sektor penyedia layanan informasi sekaligus penguatan operasional alat meteorologi penerbangan di kawasan pangkalan udara milik Lanumad Ahmad Yani Semarang

"Untuk itulah, keselamatan di area pangkalan udara utama angkatan darat Ahmad Yani merupakan prioritas utama," ujar Sutikno dalam keterangan kepada IDN Times usai meneken nota perjanjian dengan Lanumad di kantornya, Selasa (15/3/2022). 

Baca Juga: Curah Hujan Capai 76-150 Milimeter, Tebing Curam di Jateng Rawan Longsor

2. Keamanan penerbangan bisa ditingkatkan

Tingkatkan Keselamatan, Lanumad TNI AD dan BMKG Ahmad Yani Perkuat KerjasamaIDN Times/Ashari Arief

Lebih jauh lagi, Sutikno menjelaskan kebijakan untuk meningkatkan kolaborasi dengan Lanumad semata demi menjaga sinergitas yang sudah terjalin selama ini. 

Menurutnya, dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing maka diharapkan mampu menciptakan keamanan, keselamatan, dan kelancaran pelayanan operasional penerbangan di Lanumad Ahmad Yani.

3. BMKG Meteorologi Ahmad Yani memberikan info akurat dan cepat

Tingkatkan Keselamatan, Lanumad TNI AD dan BMKG Ahmad Yani Perkuat KerjasamaRuang pengamatan cuaca BMKG (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Ia juga berkomitmen memberikan layanan informasi yang akurat supaya gampang dipahami oleh para penerbang Lanumad TNI AD. 

"Harapannya memang dengan layanan informasi meteorologi yang cepat, tepat supaya mudah dipahami," urainya. 

4. Data meteorologi dibutuhkan untuk kegiatan penerbangan

Tingkatkan Keselamatan, Lanumad TNI AD dan BMKG Ahmad Yani Perkuat KerjasamaKegiatan Lanumad TNI AD dan BMKG Meteorologi Ahmad Yani Semarang. (IDN Times/BMKG Meteorologi Ahmad Yani Semarang)

Sedangkan, Komandan Pangkalan Udara Utama Angkatan Darat Ahmad Yani Puspenerbad Semarang, Kolonel Cpn Sundoro Agung Nugroho menuturkan, Lanumad Ahmad Yani Semarang merupakan tempat latihan bagi para penerbang Helikopter TNI AD. 

Pihaknya membutuhkan data-data meteorologi yang terkait kegiatan penerbangan mengingat hal itu menjadi sangat penting dan vital. 

"Dengan kerjasama ini akan ada kegiatan sharing knowledge untuk meningkatkan kemampuan SDM bagi personel kedua belah pihak yang memiliki kualifikasi meteorologi. Dan juga punya pengawasan peralatan operasional BMKG secara bersama-sama. Sehingga bisa mendukung layanan informasi meteorologi di wilayah Lanumad," pungkasnya. 

Baca Juga: Omicron Reda, Pawang Hujan Semarang Mulai Panen Orderan, Hindari Zina

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya