Tujuh SMA di 3 Daerah Jateng Dizinkan Uji Coba Belajar Tatap Muka

Disdik anggap penularan COVID-19 sudah landai

Semarang, IDN Times - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah mengizinkan tujuh sekolah di wilayahnya untuk menggelar uji coba sekolah tatap muka. Ketujuh sekolah itu tersebar di Wonosobo, Temanggung dan Kota Tegal.

1. Disdik minta siswa yang belajar tatap muka dibatasi separuh per kelas

Tujuh SMA di 3 Daerah Jateng Dizinkan Uji Coba Belajar Tatap MukaIlustrasi siswa SMA Dok. Prambors

Pelaksana tugas Kepala Disdikbud Jateng, Padmaningrum mengungkapkan uji coba belajar tatap muka di tiga daerah itu akan dimulai awal bulan depan.

Meski begitu, Padma menegaskan setiap pengelola sekolah harus membatasi jumlah siswanya terlebih dulu. "Harus dibatasi siswanya maksimal separuh per kelas," katanya, Rabu (26/8/2020).

Baca Juga: SD dan SMP Sudah Dibuka, Disdik Jateng: Mereka Gak Lapor ke Provinsi

2. Jam belajar siswa juga harus dibatasi maksimal 4 jam

Tujuh SMA di 3 Daerah Jateng Dizinkan Uji Coba Belajar Tatap MukaIlustrasi Pelajar. (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain itu, katanya jam belajar para siswa harus digelar per shift. Maksimal, kata Padma harus empat jam. Pihaknya menyebut sekolah tatap muka wajib memberlakukan protokol kesehatan yang ketat.

"Untuk transportasi, jika ada siswa yang tidak memiliki kendaraan, kami minta sekolah bekerjasama angkutan desa atau angkutan di daerah setempat, dengan membatasi jumlah siswa dan kebersihannya," bebernya.

3. Tiga daerah penularan COVID-19 sudah landai

Tujuh SMA di 3 Daerah Jateng Dizinkan Uji Coba Belajar Tatap MukaIlustrasi corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Padma beralasan bahwa tujuh sekolah di tiga daerah itu bisa menjalani belajar tatap muka karena grafik penularan COVID-19 mulai melandai.

Tujuh sekolah yang dimaksud Padma yaitu SMAN 1 Parakan dan SMKN 1 Temanggung, SMAN 2 dan SMKN 2 Wonosobo, SMAN 2 dan SMKN 2 Kota Tegal dan satu SMA swasta di Tegal yakni SMA Pius.

"Pemilihan tiga daerah itu karena grafik penularan covidnya sudah mulai melandai. Ini baru uji coba, bukan sekolah seperti biasanya. Semua sekolah yang ditunjuk sudah melakukan simulasi, menyediakan sarana prasarana sesuai protokol kesehatan, menggelar rapat dengan orang tua siswa," urainya.

4. Ganjar: Kalau uji coba berjalan sukses, akan ditambah

Tujuh SMA di 3 Daerah Jateng Dizinkan Uji Coba Belajar Tatap MukaIDN Times/Fariz Fardianto

Sedangkan menurut Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, bila uji coba berjalan sukses, maka tidak menutup kemungkinan akan dilakukan penambahan. 

Ganjar sudah melihat sendiri video tentang simulasi sekolah tatap muka di tiga daerah itu. Dari video tersebut, Ganjar yakin semuanya bisa berjalan dengan baik.

"Kita lihat nanti seperti apa, kalau lancar ya kita tambah, kalau kurang harus dievaluasi," katanya.

Baca Juga: Temui Ganjar, Rudy Katakan November 2020 Solo Siap Belajar Tatap Muka

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya