Walah! Delapan Siswa di Semarang Daftar PPDB Pakai Piagam Palsu, Ini Namanya

Warga laporkan penggunaan piagam palsu saat pelaksanaan PPDB

Semarang, IDN Times - Seorang warga Kota Semarang bernama Wirawan memutuskan mendatangi kantor Polrestabes di Jalan Dr Sutomo untuk melaporkan aksi pemalsuan piagam kejuaraan. 

Menurut pengakuannya, piagam palsu tersebut digunakan oleh delapan orang tua alumni SD HIB Semarang untuk mendaftarkan anaknya ke sejumlah SMP negeri favorit di Ibu Kota Jateng. Kedelapan siswa yang memakai piagam palsu yaitu berinisial CAP, EK, ZNA, RFK, DEF, RF, DRPR, UR. 

1. Laporkan ke Satreskrim Polrestabes Semarang

Walah! Delapan Siswa di Semarang Daftar PPDB Pakai Piagam Palsu, Ini NamanyaIlustrasi Korban melapor ke SPKT Polrestabes Palembang (IDN Times/Istimewa)

Wirawan berkata laporan adanya kasus pemalsuan piagam itu telah diterima penyidik Unit Satreskrim Polrestabes Semarang. 

"Kami telah melaporkan pengaduan ke kantor Reskrim Polrestabes Semarang dan surat pengaduan sudah diterima bagian ops kasatreskrim. Dan menurut kanit akan ditelaah dulu," ujar Wirawan, Selasa (27/6/2023). 

Baca Juga: Pemkot Semarang Hibahkan Aset untuk Bangun SMA Negeri 

2. Dipakai buat daftar ke SMP favorit di Semarang

Walah! Delapan Siswa di Semarang Daftar PPDB Pakai Piagam Palsu, Ini Namanya(Ilustrasi). Siswa dan wali murid berkonsultasi. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Ia menuturkan ada dugaan bahwa orang tua murid SD HIB yang menggunakan piagam palsu ketika memproses pendaftaran bagi anaknya melalui jalur PPDB di lima sekolah negeri. 

Yang dituju oleh si orang tua murid tersebut, katanya yaitu SMP Negeri 1 Semarang, SMP Negeri 2 Semarang, SMP Negeri 3 Semarang, SMP Negeri 5 Semarang dan SMP Negeri 9 Semarang. 

"Pendaftar SMP negeri tersebut yang diduga menggunakan piagam palsu adalah alumni SD HIB 1 tahun ajaran 2022/2023. Guna mendaftar di SMP Negeri 01, 02, 03, 05 dan 09," akunya. 

3. Undip juga akan diperiksa

Walah! Delapan Siswa di Semarang Daftar PPDB Pakai Piagam Palsu, Ini NamanyaLaboratorium Terpadu UNDIP. (undip.ac.id)

Sedangkan piagam yang diduga dipalsukan, lanjutnya untuk kejuaraan tingkat International bernama Asean Innovetive Science Environmental and Entreprenuer Fair 2022/2023, sekolah dasar, kejuaraan Asean Innovetive Science Environmental and Entreprenuer Fair 2022/2023 yang diselenggarakan Undip, penandatanganan sertifikat Deni Irawan, M.Pd (president of Indonesia Young Science Association (IYSA). 

"Rencana pemanggilan pengecekan di SMP negeri sebagai penerima piagam dan pemanggilan Undip sebagai penyelenggara kejuaraan tersebut," kata Wirawan. 

4. Polisi diminta tindak tegas pelakunya

Walah! Delapan Siswa di Semarang Daftar PPDB Pakai Piagam Palsu, Ini NamanyaRepublika

Ia berharap pihak penyidik Reskrim Polrestabes Kota Semarang segera menangkap pemalsu piagam dan segera melakukan penyelidikan atas dugaan tindak pidana pemalsuan piagam kejuaraan tersebut. 

"Kami berharap dikemudian hari tidak ada lagi kecurangan dalam pendaftaran PPDB dengan memalsukan piagam palsu atau abal-abal. Sehingga PPDB menghasilkan sistem pendaftaran jujur dan transparan," tuturnya. 

5. Kasatreskrim mulai proses laporan penggunaan piagam palsu

Walah! Delapan Siswa di Semarang Daftar PPDB Pakai Piagam Palsu, Ini NamanyaIlustrasi penandatanganan piagam. shutterstock.com/NPFire

Sementara itu, Kasatreskrim Polrestabes Semarang, AKBP Dony Lumbantoruan saat dikonfirmasi IDN Times via WhatsApp, membenarkan adanya laporan pemalsuan piagam untuk pendaftaran PPDB. Saat ini penyidiknya telah menerima laporan dari warga itu. 

"Hari ini mereka baru saja konsultasi, Mas terus masukin pengaduan. Surat masih harus tunggu disposisi dan lain-lain," ujar Dony.

Baca Juga: PPDB 2023, Ortu Siswa di Jateng Dipaksa Bayar Iuran Wisuda Kelulusan SD dan SMP

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya