Wartawan TV Jadi Kapolsek Kradenan Blora, Ini Pesan Khusus dari Seniornya

Iptu Umbaran Wibowo adalah kontri TVRI Pati

Semarang, IDN Times - Iptu Umbaran Wibowo secara resmi dilantik sebagai Kapolsek Kradenan Blora. Proses sertijab dilakukan langsung oleh Kapolres Blora, AKBP Fathurozi. 

Iptu Umbaran Wibowo dilantik sebagai Kapolsek Kradenan menggantikan AKP Lilik Eko Sukaryono yang digeser menjadi Kapolsek Cepu. Seperti diberitakan sebelumnya, Iptu Umbaran merupakan anggota Polres Blora yang selama 14 tahun lamanya menjalani profesi sebagai jurnalis TVRI. 

1. AKP Lilik Eko ngaku tak kenal dekat dengan Iptu Umbaran

Wartawan TV Jadi Kapolsek Kradenan Blora, Ini Pesan Khusus dari SeniornyaIptu Umbaran Wibowo (Dok. Polres Blora)

Sebagai sesama pejabat utama di lingkungan Polres Blora, Kapolsek Cepu AKP Lilik Eko Sukaryono mengatakan secara pribadi dirinya tak begitu mengenal sosok Iptu Umbaran. 

"Saya tidak begitu kenal pasti dengan beliaunya. Karena selama bertugas di Blora saya jarang bersinggungan dengan unit satuan yang diemban oleh beliau," kata Lilik ketika berbincang dengan IDN Times melalui sambungan telepon, Rabu (14/12/2022). 

Baca Juga: Kisah Iptu Umbaran Wibowo, Wartawan TV yang Jadi Kapolsek di Blora

2. Wilayah Kradenan Blora dikenal aman dan kondusif

Wartawan TV Jadi Kapolsek Kradenan Blora, Ini Pesan Khusus dari Seniornyagoogle maps

Meski begitu, Lilik menyambut positif terpilihnya Umbaran sebagai Kapolsek Kradenan. Pasalnya, wilayah Kradenan membutuhkan sosok yang mampu menjaga keamanan, ketertiban dan konduktivitas bagi masyarakat. 

Wilayah Kradenan, kata Lilik selama dirinya menjadi Kapolsek cenderung dikenal sebagai kawasan yang aman. Dua tahun menjadi Kapolsek Kradenan, Lilik mengaku tak pernah menemukan kejadian-kejadian yang menonjol maupun gangguan yang mengusik kenyamanan warga desa. 

3. Hanya ada dua kejadian menonjol selama dua tahun terakhir

Wartawan TV Jadi Kapolsek Kradenan Blora, Ini Pesan Khusus dari SeniornyaPetugas gabungan berada di lokasi jatuhnya pesawat T-50i Golden Eagle di Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Blora, Selasa (19/7/2022). IDN Times/Febrian Chandra

Ditanya soal kerawanan aksi pencurian dengan kekerasan maupun pencurian dengan pemberatan, Lilik menekankan tidak ada kejadian itu di wilayah Kradenan. 

"Tidak pernah ada kejadian yang krusial selama saya tugas di Kradenan. Semuanya terjaga benar-benar aman dan kondusif. Selama dua tahun jadi Kapolsek Kradenan kejadian yang menyita perhatian hanya saat pesawat latih yang jatuh di Nginggil dan kejadian bunuh diri Kepala Kemenag Grobogan. Yang lain tidak ada," tegasnya. 

4. Iptu Umbaran dapat pesan khusus dari AKP Lilik

Wartawan TV Jadi Kapolsek Kradenan Blora, Ini Pesan Khusus dari SeniornyaHumas Polres Blora/ IDN Times

Ia pun menitipkan pesan kepada Iptu Umbaran selama menjadi Kapolsek Kradenan. Yakni Iptu Umbaran diharapkan bisa meningkatkan keamanan bagi warga sekaligus mengantisipasi gangguan kamtibmas.

"Potensi kamtibmas diharapkan selalu diwaspadai sekaligus diredam. Dan juga sebagai adik junior, semoga beliau tetap amanah menjalankan tugas di tempat yang baru," ujar Lilik. 

5. Iptu Umbaran merupakan kontri TVRI Pati

Wartawan TV Jadi Kapolsek Kradenan Blora, Ini Pesan Khusus dari Seniornyakantor TVRI (dok. TVRI)

Sedangkan, menurut Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, selama menjalankan tugasnya sebagai wartawan, Iptu Umbaran menjadi kontributor TVRI untuk wilayah Kabupaten Pati. 

"Emang betul Iptu Umbaran anggota Polri. Dan pernah bekerja sebagai kontributor untuk TVRI Jateng di wilayah Pati," kata Iqbal saat dikonfirmasi secara terpisah. 

Masih dari pengakuan Iqbal, Iptu Umbaran bukanlah pegawai tetap TVRI Biro Jawa Tengah. Melainkan Iptu Umbaran berstatus korespondensi alias kontributor. 

"Bersama ini disampaikan, isu pencopotan yang bersangkutan selaku kapolsek tidak benar. Saat ini dia masih melaksanakan tugas di jabatan barunya Kapolsek Kradenan. Dia bukan pegawai tetap TVRI.
Cuman dia pernah ditugaskan melaksanakan tugas intelijen di wilayah Blora," jelas Iqbal. 

6. Pernah jadi Wakapolsek Blora bulan Juli

Wartawan TV Jadi Kapolsek Kradenan Blora, Ini Pesan Khusus dari SeniornyaGubernur Jateng Ganjar Pranowo bermunajat di pusara Pocut Meurah Intan di Blora. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Iqbal lantas membeberkan rekam jejak Iptu Umbaran Wibowo. Pekerjaan Iptu Umbaran sebagai wartawan TVRI telah kelar Januari 2021 silam. 

Kemudian Iptu Umbaran pindah tugas menjadi anggota organik Polres Blora sebagai Kanit Intel. Selanjutnya diangkat sebagai Wakapolsek Blora.

"Wakapolsek Blora Kota Kota bulan Juli 2022. Desember 2022 selaku Kapolsek. Tanggal 12 Desember 2022 dilantik menjadi Kapolsek Kradenan," ungkap Iqbal. 

Baca Juga: Spesial! Raja Mangunegara X Hadiri Kirap Pusaka Hari Jadi Blora

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya