Waspada! Daerah-daerah di Jateng ini Diterjang Cuaca Ekstrem 3 Hari

Banjir dan longsor masih berpotensi menerjang Jateng

Semarang, IDN Times - Anomali cuaca ekstrem hingga saat ini masih berpotensi menerjang sejumlah wilayah di Jawa Tengah. Pihak Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang menyebut hujan dengan intensitas lebat bakal mengguyur berbagai daerah selama tiga hari atau mulai 14 hingga 16 Februari 2021.

1. Warga Jateng diminta mewaspadai hujan lebat yang disertai angin dan petir

Waspada! Daerah-daerah di Jateng ini Diterjang Cuaca Ekstrem 3 HariIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Kepala Stasiun Ahmad Yani Semarang, Sutikno meminta kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan bila terjadi hujan yang lebat di masing-masing daerah.  Menurutnya potensi cuaca ekstrem masih terjadi dan biasanya diawali dengan hujan yang lebat, kemudian disertai kilatan petir serta diikuti angin yang kencang. 

"Masyarakat mesti hati-hati terhadap efek dari hujan ekstrem ini. Karena biasanya akan muncul jalanan yang licin, banjir, tanah longsor, angin kencang sampai pohon tumbang," jelasnya kepada IDN Times, Minggu (14/2/2021).

Baca Juga: 90 Persen Biro Travel di Jateng Bangkrut, Beralih Buka Warung Makan

2. Cuaca ekstrem di Jateng disebabkan munculnya pola sikonal dan perbedaan tekanan udara

Waspada! Daerah-daerah di Jateng ini Diterjang Cuaca Ekstrem 3 HariANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Lebih jauh lagi, Sutikno menyampaikan cuaca ekstrem yang melanda Jawa Tengah pada 14-16 Februari 2021 disebabkan adanya pola sikonal yang menyebabkan tekanan rendah di Selatan Indonesia. Tekanan udara yang rendah lalu membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau akrab disebut dengan konvergensi.

Selanjutnya, terjadi pula daerah belokan angin (shear) di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya. Perubahan cuaca ekstrem turut dipicu suhu muka laut yang cukup hangat, masa udara yang labil serta kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas atmosfer. 

Hal itu, imbuhnya, dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa kabupaten/kota.

3. Tiga hari ke depan, sejumlah daerah dilanda cuaca ekstrem

Waspada! Daerah-daerah di Jateng ini Diterjang Cuaca Ekstrem 3 HariANTARA FOTO/Hariandi Hafid

Pihaknya menyatakan selama tiga hari ke depan terdapat sejumlah daerah di jalur pantai utara, kawasan Solo Raya dan area pegunungan tengah yang dilanda cuaca ekstrem. 

Masing-masing pada 14 Februari 2021, cuaca ekstrem akan melanda Kabupaten Brebes, Tegal, Pekalongan, Pemalang, Batang, Kendal, Kota Semarang dan Kabupaten Semarang, Demak, Kudus, Pati, Rembang, Jepara, Blora, Purwodadi, Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo,Temanggung, Sukoharjo,  Kebumen, Salatiga, Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Magelang, Solo, Klaten, Boyolali. 

Lalu tanggal 15 Februari 2021 cuaca ekstrem bakal terjadi di Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Kendal, Batang, Kendal, Kab/Kota Semarang, Temanggung, Cilacap, Salatiga, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Magelang, Boyolali, Klaten, Sragen, Blora, Purwodadi, Jepara, Demak, Kudus, Kebumen, Wonogiri, Sragen, Karanganyar, Solo. 

Dan terakhir tanggal 16 Februari 2021 cuaca ekstrem menerjang Kabupaten Magelang, Boyolali, Klaten, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Kab/Kota Semarang, Salatiga, Temanggung, Banjarnegara, Wonosobo, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen, Blora, Purwodadi dan sekitarnya.

Baca Juga: Dilanda Cuaca Ekstrem, 7 Wilayah di Jateng Kebanjiran, Rumah Warga Roboh

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya