Waspada! Efek Sirkulasi Siklon, Cuaca Ekstrem Serang Jateng 3 Hari

Sebagian besar kabupaten/kota dihantam hujan lebat

Semarang, IDN Times - Kemunculan sirkulasi siklonik di kawasan perairan Selatan Pulau Jawa dan Selat Karimata diperkirakan menyebabkan kemunculan cuaca ekstrem di Jawa Tengah selama tiga hari ke depan. Pasalnya, sirkulasi siklonik yang terjadi tersebut membuat perubahan belokan angin dan peningkatan suhu muka laut di Laut Jawa. 

1. Curah hujan di Jateng masih tinggi

Waspada! Efek Sirkulasi Siklon, Cuaca Ekstrem Serang Jateng 3 HariIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Sutikno mengatakan, cuaca ekstrem akan terjadi selama tiga hari karena bersamaan datangnya pancaroba di bulan Maret 2022. 

"Kita saat ini ini sedang memasuki masa transisi dengan intensitas curah hujan yang masih tinggi. Kelembaban udara yang relatif cukup tinggi turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan," ujar Sutikno, Senin (14/3/2022). 

Baca Juga: 117 Perusahaan Tambang di Jateng Bakal Diblacklist, 6 Usaha Dikasuskan

2. BMKG Meteorologi Ahmad Yani deteksi peningkatan suhu muka laut

Waspada! Efek Sirkulasi Siklon, Cuaca Ekstrem Serang Jateng 3 HariSeorang nelayan menangkap ikan di perauran Laut Jawa di Demak, Jawa Tengah. BPJAMSOSTEK memberikan perlindungan jaminan sosial kepada pelaku usaha informal seperti nelayan ikan sebagai pekerja bukan penerima upah (BPU), melalui program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) dengan iuran bulanan yang terjangkau mulai Rp16.800. (IDN Times/Dhana Kencana)

Lebih lanjut, ia menyampaikan, curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan muncul pada tanggal 14--16 Maret 2022. Di saat bersamaan, lanjutnya, juga berpotensi terjad kilatan petir dan angin kencang. 

Sutikno menuturkan, jika pergerakan sirkulasi siklonik telah mengakibatkan peningkatan suhu muka laut di Samudera Hindia dan Laut Jawa. 

"Untuk saat ini ada potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah. Karena ada siklonik di selatan Jawa dan Selat Karimata, secara otomatis ada kenaikan suhu muka laut di Laut Jawa ditambah munculnya angin baratan yang masih kencang," terangnya. 

3. Banjarnegara hingga Wonogiri diterjang cuaca ekstrem

Waspada! Efek Sirkulasi Siklon, Cuaca Ekstrem Serang Jateng 3 HariIlustrasi cuaca ekstrem. IDN Times/Mardya Shakti

Pihaknya mengimbau supaya masyarakat tetap waspada terhadap bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung. 

Adapun, berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, cuaca ekstrem akan terjadi di sejumlah kabupaten/kota berikut ini:

  • Tanggal 14 Maret 2022

Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Karanganyar, Kendal, Klaten, Kab/Kota Magelang, Kab. Pekalongan, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Salatiga, Kab./Kota Semarang, Sragen, Sukoharjo, Surakarta, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, dan sekitarnya.

  • Tanggal 15 Maret 2022

Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Kab/Kota Magelang, Pati, Kab. Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Salatiga, Kab./Kota Semarang, Surakarta, Sukoharjo, Sragen, Kab./Kota Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, dan sekitarnya.

  • Tanggal 16 Maret 2022

Banjarnegara, Banyumas, Batang, Boyolali, Brebes, Cilacap, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Klaten, Kudus, Kab/Kota Magelang, Pati, Kab. Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Salatiga, Kab. Semarang, Sragen, Sukoharjo, Surakarta, Kab./Kota Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, dan sekitarnya.

4. Ketinggian ombak di pantai Selatan sekitar 1,5-2,5 meter

Waspada! Efek Sirkulasi Siklon, Cuaca Ekstrem Serang Jateng 3 HariIDN Times/Sukma Sakti

Seorang analis cuaca Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendi Krisnawan kepada IDN Times mengatakan, sampai empat hari ke depan, ketinggian gelombang laut di perairan selatan Jateng dan DIY kisaran 0,75--2 meter. Namun, untuk wilayah Samudera Hindia, ombak lautnya setinggi 1,5--2,5 meter. 

Sedangkan kecepatan angin dari Timur laut menuju Tenggara mencapai 2--15 knot. 

"Saat ini terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dan dapat disertai petir. Kalau dari kondisi angin yang cukup kencang, maksimum hingga mencapai 15 knot, maka harap mewaspadai kondisi cuaca tersebut. Terutama jika muncul pertumbuhan awan kumulonimbus (Cb) yang berwarna abu-abu gelap dan hitam, bergumpal dan menjulang tinggi, biasanya akan disertai kilat petir," terangnya. 

Baca Juga: Jadi Bahan Obat, Daging Ular dan Tokek Kering asal Jateng Diekspor ke Hongkong 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya