Wow! Kapal Panel Surya Karya Mahasiswa Undip Ikut Lomba di Monaco Juli 2023

Solar Boat milik Undip bisa menginspirasi dunia industri

Semarang, IDN Times - Sejumlah mahasiswa Fakultas Kelautan Universitas Diponegoro (Undip) berhasil menciptakan kapal bertenaga panel surya atau solar boat yang diberi nama Diponegoro 1.0. Para mahasiswa tersebut tergabung dalam tim Research of Marine Technology Diponegoro University (RMT Undip).

Berdasarkan keterangan dari pihak Undip diketahui bahwa anggota tim RMT Undip terdiri dari para mahasiswa berbagai jurusan yang berkolaborasi untuk memperkuat kebutuhan riset kapal bertenaga panel surya. 

1. Kapal panel surya Diponegoro 1.0 akan ikut lomba di Monaco tahun depan

Wow! Kapal Panel Surya Karya Mahasiswa Undip Ikut Lomba di Monaco Juli 2023Tim Research of Marine Technology Diponegoro University (RMT Undip) menunjukkan dimensi ukuran dan bobot kapal panel surya yang dinamai Diponegoro 1.0. (IDN Times/Dok Humas Undip).

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Undip, Prof. Faisal mengaku kapal bertenaga panel surya karya mahasiswa Kelautan akan diikutsertakan dalam ajang lomba di Monaco Juli 2023 mendatang. Nama lombanya yaitu Monaco Energy Boat Challenge. 

"Undip tentu saja sangat bangga karena mahasiswa kita memiliki kontribusi yang tidak hanya berskala universitas tapi sudah berskala dunia," kata Faisal, Rabu (28/12/2022).

2. Undip tegaskan ikut kembangkan EBT

Wow! Kapal Panel Surya Karya Mahasiswa Undip Ikut Lomba di Monaco Juli 2023Penampakan kapal panel surya karya mahasiswa Kelautan Undip yang akan unjuk gigi dalam ajang lomba bergengsi di Monaco tahun 2023. (IDN Times/Dok Humas Undip)

Secara pribadi, Faisal bangga dengan capaian yang telah dihasilkan oleh para mahasiswanya.

Menurutnya kapal panel surya yang telah diciptakan tim riset RMT Undip mampu melecutkan semangat sekaligus menginspirasi di bidang pendidikan, penelitian dan dunia industri di Indonesia. 

Apalagi, kapal panel surya karya mahasiswa Kelautan Undip bisa berperan aktif dalam membantu mengembangkan Energi Baru Terbarukan (EBT) dan mendukung Zero Emission.

"Undip selama tiga tahun berturut turut dinobatkan sebagai Perguruan Tinggi Berkelanjutan Terbaik ke-2 di Indonesia pada UI GreenMetric Rankings 2022. Undip telah melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan Energi Baru Terbarukan (EBT) yang bersumber dari tenaga surya sebagai wujud implementasi dari Sustainable Development Goals (SDGs)," paparnya. 

3. Karya yang dihasilkan RMT Undip butuh dukungan sponsor

Wow! Kapal Panel Surya Karya Mahasiswa Undip Ikut Lomba di Monaco Juli 2023Inilah kapal panel surya bernama Diponegoro 1.0 yang diciptakan mahasiswa Kelautan Undip. (IDN Times/Dok Humas Undip)

Ia juga menekankan, pihaknya perlu berkolaborasi dengan semua pihak secara optimal untuk mendukung program dari RMT Undip. Sebab, tanpa adanya sinergitas maka pengembangan produk yang dihasilkan tim peneliti RMT Undip tidak akan terwujud. 

"Peran aktif berbagai pihak, seperti sponsor, partner, maupun mitra menjadi penopang utama dalam mewujudkan visi misi RMT Undip. Terima kasih kepada pihak yang telah membantu dan berkontribusi aktif dan berharap sinergi dan kolaborasi ini terus berlanjut," sambungnya.

4. Wakil Rektor I Undip beri dukungan penuh kepada mahasiswa yang kreatif

Wow! Kapal Panel Surya Karya Mahasiswa Undip Ikut Lomba di Monaco Juli 2023Proses wisuda secara daring yang digelar di Undip Semarang. (IDN Times/Humas Undip)

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa kampusnya akan selalu berusaha mendukung para mahasiswa yang menghasilkan karya-karya inovatif lainnya.

"Kita akan terus memberikan dukungan, termasuk mengupayakan bagaimana memperkuat pendanaan sehingga mereka tidak terkendala dalam melakukan riset inovasi," kata Faisal. 

Baca Juga: M Nuh Sebut Banyak Kampus Ngantre Berikan Wakafnya, Undip Ikut Didorong

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya