4 Perilaku Buruk di Swalayan Yang Mengesalkan, Gak Pantas Ditiru!

Butuh kesadaran biar semua nyaman

Swalayan menjadi salah satu tempat berbelanja favorit bagi banyak orang. Berbagai barang kebutuhan tersedia di sini. Mulai dari kebutuhan sehari-hari seperti bahan pangan sampai barang sekunder bahkan tersier, seperti barang elektronik dan sebagainya. Tempat yang bersih dan pengaturan barang pajangan yang rapi juga menjadi daya tarik tersendiri.

Namun sebagaimana tempat publik lainnya, kenyamanan pelanggan swalayan dalam beraktivitas tidak hanya ditentukan oleh fasilitas swalayan saja. Pelayanan petugas swalayan juga sangat berpengaruh bagi kelancaran dan kenyamanan. Selain itu, perilaku dari sesama pengunjung juga merupakan faktor penting yang tak bisa diabaikan.

Karena itu ada baiknya semua pengunjung yang berbelanja mengetahui hal-hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Termasuk juga hal-hal tidak tertulis yang pantas atau tidak pantas. Berikut ini adalah empat perilaku tak pantas yang harus kamu hindari saat berbelanja di swalayan.

1. Menyerobot antrean

4 Perilaku Buruk di Swalayan Yang Mengesalkan, Gak Pantas Ditiru!ilustrasi orang mengantre di kasir (Pexels.com/Jack Sparrow)

Semua pembeli sudah semestinya antre dan menunggu dengan sabar gilirannya. Tidak etis jika ada yang meminta didahulukan dengan alasan yang tak penting. Jangan sampai kamu meminta perlakuan khusus hanya karena merasa kenal dengan petugasnya atau karena merasa hanya berbelanja sedikit barang.

Jika kamu hanya membeli sedikit barang, cobalah memperhatikan semua antrean kasir sebelum membayar. Kamu bisa memilih antrean yang pendek agar waktu antre kamu lebih singkat. Namun kamu juga perlu memperhatikan barang belanjaan pembeli di depan. Semakin banyak jumlah barang belanjaan maka akan semakin lama proses penghitungan dan pembayarannya.

Baca Juga: 5 Kesalahan Umum Pihak Hotel saat Proses Check-in, Bad Attitude?

2. Tidak mengembalikan ke tempat semula barang yang batal dibeli

4 Perilaku Buruk di Swalayan Yang Mengesalkan, Gak Pantas Ditiru!ilustrasi berbelanja di swalayan (Pexels.com/Gustavo Fring)

Karena berbagai penyebab mungkin kamu merasa tak membutuhkan barang yang sudah terlanjur kamu masukkan dalam keranjang belanja. Sebelum dilakukan scanning di kasir, kamu tentu boleh saja membatalkannya. Hanya saja,kamu semestinya mengembalikan barang tersebut di tempat semula.

Jika kamu meletakkan barang batal secara sembarangan, kamu hanya akan merugikan orang lain. Petugas swalayan harus bekerja ekstra untuk mengembalikan barang-barang sesuai tempatnya. Selain itu, barang yang tidak diletakkan sesuai lokasinya bisa membuat pembeli lain salah informasi terkait harga. Pembeli yang  tak terlalu memperhatikan detail akan mengira barang yang dibelinya memiliki harga sesuai yang tercantum dalam rak.

Apalagi jika barang tersebut berupa makanan beku yang akan mudah rusak di udara terbuka. Bayangkan kerugian yang akan dialami swalayan karena barang tersebut tak bisa dijual lagi. Jangan lupa, swalayan biasanya dilengkapi dengan CCTV yang akan memudahkan mereka mengetahui siapa pelakunya.

3. Meninggalkan kasir di tengah proses transaksi

4 Perilaku Buruk di Swalayan Yang Mengesalkan, Gak Pantas Ditiru!ilustrasi transaksi di kasir (Pexels.com/Mart Production)

Mungkin kamu pernah melihat orang yang tiba-tiba meninggalkan kasir karena merasa perlu mengambil barang lain untuk dibeli. Perilaku ini cukup mengganggu orang lain. Orang di belakangnya akan merasa tak nyaman karena harus memberi jalan  dan berisiko berdesakan.

Itu sebabnya , sebaiknya kamu mengingat-ingat barang apa saja yang kamu perlukan.  Tak ada salahnya membuat dan membawa daftar untuk kamu periksa. Pastikan semuanya sudah ada dan lengkap sebelum kamu ke kasir.

4.Berisik

4 Perilaku Buruk di Swalayan Yang Mengesalkan, Gak Pantas Ditiru!ilustrasi berbelanja di swalayan (Pexels.com/Gustavo Fring)

Swalayan memang bukan perpustakaan yang jelas-jelas memiliki larangan untuk berisik. Tetapi tetap saja volume orang berbicara yang terlalu keras akan mengganggu orang lain. Volume dan nada bicara yang tinggi berisiko menimbulkan perasaan tak nyaman bagi yang mendengarnya.

Berbicaralah dengan volume dan nada yang wajar. Yang penting lawan bicaramu cukup jelas mendengarnya. Kamu tentu juga tak ingin semua orang di swalayan tahu isi pembicaraan kamu bukan?

Memang diperlukan kerja sama dan kesadaran semua orang untuk berperilaku baik di mana pun kita berada. Berperilaku dan bersikap pantas tak hanya baik untuk diri sendiri namun juga bermanfaat untuk kenyamanan bersama. Tak terkecuali di swalayan, hindari semua perilaku buruk di atas.

Jangan lupa untuk selalu berbelanja sesuai anggaran . Kalau perlu, buat dan bawalah daftar belanjaan. Happy shopping!

Baca Juga: 5 Zodiak yang Sulit Memberi Maaf Jika Pasangannya Selingkuh

Dream Praire Photo Community Writer Dream Praire

Menulis, membaca, officer. IG :@Dream_Praire

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya