2 Desainer Wanita Hadirkan Adikarya Batik Nusantara 2023 di Solo

Digelar dalam rangka Hari Batik

Surakarta, IDN Times - Untuk pertama kalinya pergelaran Adikarya Batik Nusantara 2023 digelar di Kota Solo. Pergelaran dari Pemberdayaan Perempuan UMKM Indonesia (PPUMI) Jawa Tengah tersebut menyajikan beragam karya batik dari berbagai daerah di Indonesia.

Acara pergelar digelar dalam rangka peringatan Hari Batik 2 Oktober di Solo Square Mall, 4--8 Oktober 2023.

1. Diinisiasi oleh dua desainer ternama

2 Desainer Wanita Hadirkan Adikarya Batik Nusantara 2023 di SoloPergelaran Adikarya Batik Nusantara 2023 di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh 2T, yaitu Tuty Adib dan Tuty Cholid. Kedua desiner tersebut menghadirkan Adikarya Batik Nusantara sebagai salah satu agenda tahunan pada saat peringatan Hari Batik Nasional.

Kegiatan ini sekaligus bertujuan untuk mempromosikan dan merayakan keindahan warisan budaya Indonesia serta mendukung pertumbuhan industri batik dan perempuan UMKM Indonesia.

"Kami memilih Solo sebagai kota pertama penyelenggaraan karena Solo merupakan akar kota batik Indonesia," kata Ketua PPUMI Jawa Tengah, Tuty Adib di sela pembukaan Adikarya Batik Nusantara 2023 Kamis (4/10/2023).

Baca Juga: Jelajah Denyut Nadi Para Pelestari Warisan Budaya Kuliner Nusantara

2. Kebangkan motif batik

2 Desainer Wanita Hadirkan Adikarya Batik Nusantara 2023 di SoloLomba motif di pergelaran Adikarya Batik Nusantara 2023 di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Selain pameran, pada kegiatan itu juga digelar lomba desain motif batik yang diikuti oleh 367 peserta dari seluruh Indonesia. Lomba diadakan untuk menjaga agar motif khas batik tetap hidup lestari dan terus dikembangkan oleh generasi mendatang.

"Pada kegiatan ini kami bekerja sama dengan ISI Surakarta dengan tujuan menggali potensi dan mengembangkan motif batik Indonesia yang mengacu pada motif-motif klasik," jelasnya.

Penyelenggaraan acara ini memamerkan sejumlah komunitas UMKM batik dari berbagai daerah di Indonesia.

3. Momen peringatan Hari Batik

2 Desainer Wanita Hadirkan Adikarya Batik Nusantara 2023 di SoloPergelaran Adikarya Batik Nusantara 2023 di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Budayaan dan Pariwisata Kota Solo Aryo Widyandoko mengaku jika Kota Solo memang selama ini dikenal sebagai Kota Batik. Hadirnya Adikarya Batik Nusantara, semakin membranding Solo sebagai Kota Batik semakin kuat.

"Ini menjadi salah satu event yang berjalan sukses di Solo. Saya berharap Solo yang telah dikenal sebagai Kota Batik makin kuat citranya dengan event batik yang terselenggara dengan baik," pungkasnya.

Baca Juga: Penumpang Kereta Api di Purwokerto Dihibur Fashion Batik on The Train

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya