5 Pasar di Solo yang Bakal Jadi Jujugan Wisatawan Selama Libur Lebaran

Miliki barang khas pedagang yang berbeda-beda.

Surakarta, IDN Times - Liburan ke Solo, Jawa Tengah tak lengkap jika tidak merasakan suasana dan menjajal jajanan pasar tradisional. Dihimpun oleh IDN Times, ternyata di Solo ada lima pasar tradisional yang bisa dikunjungi.

Kelima pasar tersebut menjual barang dengan macam yang berbeda-beda, tentunya sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.

Tapi tenang aja, pasar tradisional tersebut harganya ramah di kantong, dan bisa jadi oleh-oleh juga. Berikut lima pasar di Kota Solo, yang bisa jadi referensi belanja sekaligus wisata;

Baca Juga: Cek Harga Tiket dan Jam Buka Solo Safari, Wajah Baru Jurug Solo Zoo

1. Pasar Gedhe

5 Pasar di Solo yang Bakal Jadi Jujugan Wisatawan Selama Libur LebaranPasar Gede Solo. IDN Times/Larasati Rey

Pasar Gede terletak di Jalan Urip Sumoharjo, tepatnya di seberang kantor Balaikota Solo. Pasar Gede sendiri merupakan sebuah pasar kecil yang didirikan di area seluas 10.421 hektare. Pasar ini didirikan pada zaman kolonial Belanda.

Pasar ini menjual berbagai macam bahan pangan baik mentah maupun sudah siap saji. Tak hanya makanan modern, di pasar tersebut juga menjual beragam makanan khas Kota Solo.

Bahkan, pasar tersebut menjadi jujugan para wisatawan yang ingin mencicipi kuliner khas Solo, seperti lenjongan, cabuk rambak, brambang asem, bahkan dawet telasih langganan Presiden Joko "Jokowi" Widodo lho. Pasar tersebut buka mulai pukul 04.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

2. Pasar Klewer.

5 Pasar di Solo yang Bakal Jadi Jujugan Wisatawan Selama Libur LebaranKawasaan Pasar Klewer, Solo. IDN Times / Larasati Rey

Berbeda dengan Pasar Gedhe Solo, di Pasar Klewer merupakan pasar yang menjual kain dan pakaian. Pasar ini bahkan menjadi pasar sandang terbesar di Jawa Tengah lho.

Lokasi pasar ini berada di jalan Dr. Rajiman, Gajahan, Pasar Kliwon, Solo. Pasar ini buka mulai pukul 08.30 WIB - 16.00 WIB, lokasi pasar ini sangat dengan dengan Keraton Kasunanan Surakarta.

Beragam jenis kain mulai dari batik hingg pakaian jadi dijual disana. Tentunya dengan harga yang terjangkau. Pasar ini bisa jadi referensi jika kalian ingin membeli oleh-oleh khas Solo.

3. Pasar Triwindu.

5 Pasar di Solo yang Bakal Jadi Jujugan Wisatawan Selama Libur Lebaranpasar triwindu solo (instagram.com/pasartriwindusolo)

Pasar ini menjual beragam barang antik atau kuno dan tradisional. Bisa dibilang sebagai pasar barang bekas, namun barang bekas yang dijual di Pasar Triwindu merupakan barang bekas yang memiliki nilai estetika dan sudah jarang ditemui saat ini.

Pasar ini berlokasi di dekat Pura Mangkunegaran tepatnya di jalan Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Solo. Dibuka mulai 08.30 WIB - 16.00 WIB.

4. Pasar Klitikan Notoharjo.

5 Pasar di Solo yang Bakal Jadi Jujugan Wisatawan Selama Libur LebaranPasar Klitikan Notoharjo Solo. (Dok/surakarta.go.id)

Sama seperti dengan Pasar Triwindu, Pasar Klithikan juga dikenal sebagai pasar barang-barang bekas di Solo.

Namun bedanya di pasar ini menjual segala macam barang yang yang masih diproduksi saat ini, seperti baju, onderdil kendaraan, sepatu, dan lainnya.

Tak jarang, pasar ini menjadikan pasar ini sebagai pasar primadona bagi warga, yang ingin mencari barang second layak pakai. Pasar ini dibuka sekitar pukul 04.30 WIB hingga 16.00 WIB.

5. Pasar Ikan Balekambang.

5 Pasar di Solo yang Bakal Jadi Jujugan Wisatawan Selama Libur LebaranPasar Ikan Balekambang, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Pasar Ikan Balekambang di Kota Solo, menjadi salah satu pasar ikan yang paling ditunggu-tunggu para pengemar ikan dan pedagang kecil.

Pasalnya, pasar yang dibuka setiap malam pukul 19.00 WIB hingga dini hari itu selalu dipadati pengunjung karena mempunyai beragam jenis ikan yang dijual.

Di Pasar Ikan Balekambang, pengunjung dimanjakan dengan berbagai macam jenis ikan segar dengan harga yang relatif murah.

Pasalnya, para penjual ikan di pasar tersebut mematok dengan harga grosir. Selain itu, pembeli yang ingin menikmati makan di tempat bisa langsung dimasakkan di Resto Balekambang.

Pasar ini berlokasi di Jalan Balekambang No.7, Manahan, Banjarsari Solo.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Destinasi Aesthetic Solo, Murah Pakai Bus Kota 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya