Comscore Tracker

5 Rekomendasi Destinasi Aesthetic Solo, Murah Pakai Bus Kota 

Yuk wisata ke Solo

Solo menghadirkan banyak wisata yang iconic dan pastinya menarik buat dikunjungi. Terlebih, berkembangnya angkutan umum di Solo menjadi wisatawan semakin ingin berkunjung di kota yang dijuluki Kota Batik dan Kota Budaya ini.

Untuk kamu yang berasal dari luar Solo dan berniat untuk explore Solo, salah satu transportasi yang paling murah dan ramah lingkungan untuk dijadikan sobat jalan-jalan adalah layanan teman bus atau Batik Solo Trans.

Selain ramah di kantong dan nyaman, rute dan koridor yang tersedia di Batik Solo Trans banyak menjangkau destinasi wisata yang ada di Solo. Apa saja destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi dengan teman bus? Yuk simak di bawah ini!

Sebelum memulai wisata mini-backpacker ini, kamu bisa download aplikasi Teman Bus di Playstore atau Apps Store untuk melihat rute perjalanan, koridor, dan halte yang kamu tuju.

Baca Juga: Cek Harga Tiket dan Jam Buka Solo Safari, Wajah Baru Jurug Solo Zoo

1. De Tjolomadoe  

5 Rekomendasi Destinasi Aesthetic Solo, Murah Pakai Bus Kota constructionplusasia.com

De Tjolomadoe adalah kompleks lahan pabrik gula yang kini disulap menjadi wisata edukasi mengenai pabrik gula.

Di sini kamu bisa melihat langsung stasiun dan mesin-mesin yang digunakan untuk membuat gula.

Tidak hanya itu, di De Tjolomadoe juga ada café dan corner art&craft untuk kamu membeli oleh-oleh.

Tidak hanya itu, beberapa tempat ini juga sering diadakan event dan festival yang pastinya menarik banget buat kamu kunjungi. Tiket masuk De Tjolomadoe dikenakan 35.000 per orang.

Untuk sampai ke De Tjolomadoe, kamu bisa memulai perjalanan dari Stasiun Purwosari dan langsung naik Koridor 1 dan turun di Halte Gereja Colomadu.  Kemudian, kamu cukup berjalan 300 m dan selamat kamu telah sampai di De Tjolomadoe!

2. Pasar Triwindu 

5 Rekomendasi Destinasi Aesthetic Solo, Murah Pakai Bus Kota Dokumentasi Pribadi

Jika kamu penggemar barang antik atau barang kuno dengan kualitas bagus namun harga terjangkau, Pasar Triwindu adalah surganya!

Pasar ini tidak hanya menjual perabotan rumah tapi juga aksesoris, kebaya, hingga patung antik dengan variasi harga puluhan ribu sampai puluhan juta rupiah.

Rute yang bisa ditempuh untuk sampai di Pasar Triwindu adalah dari Stasiun Solo Balapan, kamu bisa naik Koridor 6 dari Halte Balapan kemudian turun di Halte Triwindu. Selamat kamu sudah sampai di Pasar Triwindu, selamat berburu dan berbelanja!

3. Pasar Gede Solo 

5 Rekomendasi Destinasi Aesthetic Solo, Murah Pakai Bus Kota regional.kompas.com

Untuk kamu yang ingin kulineran di Solo dengan harga murah dan enak, kuliner Pasar Gede Solo cocok untukmu!

Pasar ini tidak hanya menyediakan makanan tradisional khas Jawa seperti dawet atau lupis, tapi juga makanan khas mancanegara juga bisa kamu temukan disini!

Untuk kamu pecinta makanan tradisional, jajanan pasar, atau membeli oleh-oleh, Pasar Gede lantai satu adalah surganya.

Akan tetapi, kalau kamu pecinta makanan khas western, Chinese food, Vietnam, atau hanya ingin ngopi santai bisa berkunjung di Pasar Gede lantai dua. Jangan khawatir, harga makanan yang ada di Pasar Gede relatif ramah di kantong!

Rute yang bisa kamu lalui untuk sampai di Pasar Gede sangat mudah. Pertama, adalah dengan naik Koridor 2 dari Halte Purwosari atau Halte Balapan. Kemudian turun di Halte Pasar Gede. Selamat kamu sudah sampai di tujuan!

4. Puro Mangkunegaran  

5 Rekomendasi Destinasi Aesthetic Solo, Murah Pakai Bus Kota Dokumentasi Pribadi

Puro Mangkunegaran hingga kini menjadi saksi sejarah Kota Solo yang hingga saat ini masih terawat dengan sangat baik dan menjadi kediaman keluarga keraton.

Puro Mangkunegaran menghadirkan wisata heritage khas arsitektural Jawa namun didekorasi gaya Eropa yang pastinya menjadi sensasi baru bagi kamu untuk berkunjung ke keraton.

Jangan khawatir, disini akan ada pemandu yang akan mengajakmu untuk berkeliling dan menjelajahi sejarah keluarga istana, perpustakaan, juga koleksi museum Mangkunegaran.

Untuk masuk ke Puro Mangkunegaran, kamu cukup membeli tiket masuk seharga 20.000 dan bisa berkunjung dari pukul 08.30-14.00

Mirip dengan rute Pasar Triwindu, kamu bisa memulai perjalanan dari Halte Balapan dengan menaiki Bus Koridor 6.

Kemudian, turun di Halte Triwindu dan berjalan ke arah utara 300 m. Selamat menikmati keindahan Puro Mangkunegaran.

5. Tumurun Private Museum 

5 Rekomendasi Destinasi Aesthetic Solo, Murah Pakai Bus Kota tumurunmuseum.org

Kalau kamu pecinta seni khususnya seni kontemporer wajib banget untuk berkunjung ke Tumurun Private Museum!

Di sini kamu bisa menemukan karya dari para maestro seni Indonesia dan internasional dikemas dalam bentuk pameran.

Menariknya, pameran-pameran ini diselenggarakan berkala sehingga jika kamu pernah datang ke Tumurun bisa jadi kunjunganmu yang selanjutnya akan menawarkan sensasi baru!

Tenang saja, berkunjung ke Tumurun Private Museum tidak dikenakan biaya alias gratis! Kamu cukup registrasi online di website Tumurun Private Museum.

Untuk berkunjung ke sini, kamu bisa memulai perjalanan dari Halte Solobalapan dan menaiki Bus Koridor 6 dan turun di Halte Pasar Kembang Barat atau Halte Pasar Kembang Timur. Kemudian, kamu cukup berjalan sejauh 200 m dan kamu telah sampai di tujuan!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Hotel Dekat Stasiun Balapan Solo, Murah Meriah!

NADYA SALSABILA Photo Community Writer NADYA SALSABILA

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya